HEADLINE

KaDinSos Belu : Kami sudah menyerahkan Bantuan untuk korban kebakaran di Desa Manleten

 

BELU NTT;Jejakhukumindonesia.com,Dinas Sosial Kabupaten Belu teleh memberikan bantuan bagi korban kebakaran rumah milik Yasinta Lawa di Desa Manleten, Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu.

Demikian disampaikan Kapala Dinas Sosial Kabupaten Belu Dra. Maria M. K. Eda Fahik, MM, ketika ditemui media ini di ruang kerjanya, Rabu, (08/12/2021).

Eda Fahik menjelaskan mengenai korban kebakaran rumah di RT.04/RW.02, Dusun Halifunan, Desa Manleten telah diantarkan bantuan permakanan non beras pada hari Selasa, 07/12/2021.

Bantuan yang diserahkan kepada korban bencana sosial (Kebakaran) berupa, tenda gulung (Terpal) 2 lembar, Matras 4 lembar, Makanan siap saji 5 paket, selimut merah 4 lembar, kasur 2 buah, makanan anak 4 paket, family kid 1 paket, peralatan dapur keluarga 1 paket, kids ware 1 paket dan seragam SD perempuan 2 pasang.

Dijelaskan Eda Fahik bahwa dari sisi Dinas Sosial sesuai dengan aturan bantuan yang bisa dapat diberikan dari Dinas Sosial berupa bantuan darurat, dengan demikian sehingga bantuan darurat tersebut bisa tiba di rumah korban perlu adanya surat pemberitahuan atau laporan resmi ke Dinas Sosial sebagai bukti pertanggungjawaban ke KemenSos. Ia melanjutkan bahwa persoalan untuk membedah kembali rumah Yasinta Lawa (Korban, red) adalah bagiannya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Belu. 

"Bantuan dari kami (Dinsos Belu) hanya bersifat bantuan darurat berupa peralatan rumah tangga serta dokumen-dokumen penting milik korban, kami (Dinsos Belu) akan melakukan koordinasi bersama Kapala Desa untuk berupaya lebih intes dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk menangani masalah tersebut," ungkap Eda Fahik. 

Dirinya berharap agar mulai dari tingkat RT/RW hingga tingkat Desa apabila terjadi kejadian yang bersifat bencana harus dengan secepatnya melaporkan kepada Dinas Sosial agar bisa di tangani dengan baik."harapnya.

Lanjut Eda "mengapa sudah 2 bulan baru kemarin kami serahkan bantuan ini? Karena memang tidaka ada surat yang masuk ke Kami DinSos sehingga setelah ada pemberitaan ini bari kamu tahu kalau selain dua rumah yang juga kebakaran disana ada juga satu yang di Dusun Halifunan.suratnyapun kemarin staf saya antar bantuan barusan kapala Desa pun menanyakan surat ternyata belum sampai pada kami."tutup kadis.(ew*)

Baca juga