HEADLINE

Begini Pesan Sesepuh IKB NTT Jakarta dalam pernikahan Tujuh Pasutri Katolik Diaspora NTT Jakarta yang dinikahkan secara massal

Kupang;Jejakhukumindonesia.com,Keluarga Besar Komunitas Perempuan Manggarai (KPM) didukung oleh Pusat Pastoral Keuskupan Agung Jakarta (PUSPAS KAJ) Wisma Samadi Klender dan Forum Komunikasi Masyarakat Flobamora (FKM FLOBAMORA) menyelenggarakan pernikahan masal  Tujuh pasangan suami-istri (Pasutri) Katolik diaspora NTT di gedung Pusat Pastoral (Puspas) Samadi, Klender,  Jakarta Timur, Minggu (22/11/2022).


Pasangan yang melaksanakan pemberkatan tersebut adalah warga yang tinggal di seputaran Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Para Peserta tersebut adalah Fabianus Indrawan dan Lesta Neng Parung, Hubertus Aur dan Yustina Majabubun, Yosef Alifandri dan Maria Oda Elisan, Agustinus Ganti dan Maria Goreti Manur, Venansius Alfianus Kase dan Maria Dhiu Bate, Antonio Alfiano Saratoga dan Visna Rivantai serta Vicky Fernando Baptista dan Wihelmina Timbu.


Perayaan Pemberkatan Nikah Secara Gereja Katolik tersebut dipimpin oleh Uskup Mgr. Paulinus Yan Ola, MSF, bersama konselebran RD Yustinus Ardianto, RD Stafanus T Rahmat, RD Frederikus Maigahoaku Djelahu, RD P Herian Ulukyana dan RD Michael Rahankey.


Prosesi Pemberkatan berjalan sangat meriah diiringi paduan suara dan tarian daerah asal Nusa Tenggara Timur dan dihadiri perwakilan para pengurus Ikatan keluarga Besar (IKB) NTT Se-Jabodetabek.


Thobias Djaji Perwakilan Tokoh NTT Diaspora menyampaikan rasa syukur dan dukungan terhadap penyelenggaraan karena telah melakukan sebuah terobosan baru dalam membangun gereja yang hidup.


“ Saya sebagai Orang tua Flobamora-NTT Diaspora Jabodetabek sangat mendukung penyelenggaraan pernikahan massal yang hari ini dilaksanakan di PUSPAS KAJ-Wisma SAMADI ini, terimakasih kepada Komunitas Perempuan Manggarai (KPM) dan Forum Komunikasi Masyarakat Flobamora (FKM FLOBAMORA) yang telah mendukung para pasutri dalam melengkapi dukungan administrasi gereja agar warisan anak dan cucu tanpa ada masalah pad amasa depan” Kata Thobias Djaji.


Para Pasutri dari Tujuh (7) Pasang merasa bahagia menteskan air mata saat pemberkatan nikah dan juga saat bersalam-salaman. Mereka mengaku bangga dengan kerja keras Panitia Penyelenggara dari KPM yang didukung oleh FKM Flobamora sehingga mulai dari kegiatan persiapan surat-menyurat sampai hari ini pemberkatan dapat berjalan dengan lancar.


Mewakili Tujuh (7) Pasang pasutri Yosef dan Maria Pasutri asal kejek, Elar Selatan, Manggarai Timur manyampaikan ucapan Terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu dalam setiap Proses.


“ Kami sangat berterima kasih dan bersyukur kepada Tuhan karena melalui Bapak-Bapak dan Ibu-ibu dari KPM, FKM Flobamora dan semua panitia yang terlibat mengurus semua dokumen sampai acara nikah massal ini berjalan dengan lancar,” Ujar kompak pasutri Yosef dan Maria.


Ketua Komunitas Perempuan Manggarai (KPM) Emiliana A.K dalam sambutannya menyampaikan bahwa Tujuan sederhana dalam penyelenggaraan pernikahan massal ini semata hanya  ingin membantu pasangan suami-istri yang selama ini mengalami kesulitan dari beberapa aspek agar segera bisa dinikahkan secara katolik yang diakui oleh agama dan negara.


“ kami terpanggil untuk melakukan kegiatan ini bukan mengambilalih peran Gereja, namun kami ingin agar anak-anak kami ini bisa tidak memiliki masalah dalam keluarga” katanya

Lanjut Emiliana menjelaskan Tahapan Pekerjaan tak hanya berhenti pada upaya menikahkan pasangan tersebut secara massal, namun juga akan terus membantu mengurus mendaftarkan administrasi hingga ke catatan sipil.


“ Sebagian besar pasangan ini sudah memiliki anak. Nanti anak-anak mereka bisa dibaptis secara gereja katolik. Kemudian setelah pemberkatan ini sah secara hukum gereja kami juga membantu pernikahan ini sah menurut hukum negara. Apa yang menjadi hak ataupun kewajiban kita sebagai warga negara itu bisa kita dapatkan,” ujarnya.(*)

Baca juga