HEADLINE

PABRIK RUMPUT LAUT SEGERA DI BANGUN DI NUSA TENGGARA TIMUR

 

KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,Pergub 39 Tahun 2022 Mendatangkan Hasil, PABRIK RUMPUT LAUT segera dibangun, Bobby Lianto Ketua Umum KADIN NTT, bersama Yusak Benu Koordinator Wakil Ketua Umum KADIN NTT yang juga adalah Ketum HIPMI kota Kupang  pada hari Rabu tgl. 7 Desember 2022  melaporkan perkembangan Investasi dan Pembangunan Pabrik Rumput Laut  di Batakte Kabupaten Kupang.


Kali ini  investor nya datang dari Hongkong & RRT berkolaborasi dengan Investor Lokal NTT membentuk Perusahaan PT. Bumi Biru Sejahtera yang akan membangun Pabrik Rumput Laut di NTT  tepatnya di Batakte Kabupaten Kupang.


Saat ini PT. Bumi Biru Sejahtera telah membeli Lahan seluas 2.2 Ha dan sudah melakukan Cut & Fill serta pematangan Lahan, dan sedang mengurus segala Administrasi dan perijinan terkait untuk Pabrik Rumput Laut.  

PT. BBS juga telah menyewa Gudang Besar seluas 800 m2  di Pergudangan PITOBY  Jl. Yos Sudarso - Alak

Untuk menjadi Gudang pembelian Bahan Baku Rumput Laut Kotoni , 

Bobby Lianto juga menjelaskan bahwa PT.BSS telah menyetorkan sejumlah dana sebagai Komitmen dalam Pembangunan Pabrik Rumput Laut dan saat ini PT.BBS juga mengantongi ijin untuk dapat membeli dan mengirim bahan baku rumput laut selama pembangunan pabrik. Untuk itu PT. BBS akan membeli akan membeli Semua Rumput Laut di seluruh NTT. 


Michael Wang , President Direktur PT. Bumi Biru sejahtera mengatakan *" Kami Siap Membeli semua Rumput Laut yang berada di seluruh NTT berapapun jumlahya "*


Ini menjadi jawaban bagi para petani rumput laut yang sebelumnya mengeluhkan tidak dapat menjual rumput lautnya akibat Pergub tersebut


Bobby Lianto Juga menyampaikan bahwa KADIN NTT  menyambut baik dengan adanya Pergub tersebut maka Industri Industri rumput Laut akan Tumbuh di NTT ,  sudah ada beberapa Investor yang masuk dan berminat membangun pabrik rumput laut di ntt.


Kita masih punya banyak komoditi komoditi unggulan di NTT yang harus nya bisa di bangun industri di NTT, supaya kita tidak hanya mengirim bahan baku ke luar NTT, contohnya: Mente, Kopi, kakao, kelapa, dll


Dengan semakin banyak  dibangunnya Industri/pabrik  di NTT maka akan membuka semakin banyak lapangan kerja dan menambah added value ( Nilai Tambah) dari komoditi dari NTT.(*)

Baca juga