HEADLINE

Kementerian Perhubungan RI; Sebanyak 1.600 Ton Beras Akan Meluncur Ke NTT

 

Kupang;Jejakhukumindonesia.com Kementerian Perhubungan RI melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut bekerjasama melakukan pengangkutan bantuan beras 1.600 ton untuk Provinsi NTT.


Dalam pantauan media ini Ribuan ton beras ini didistribusikan untuk mengatasi krisis beras yang saat ini terjadi di Provinsi NTT, Hal tersebut disampaikan Direktur Lalu lintas dan Angkutan Laut Captain Hendri Ginting dalam situs resmi dephub.go.id, Senin (27/3/2023) malam.


Hendri Ginting menjelaskan pengangkutan bantuan beras untuk masyarakat di Provinsi NTT tersebut dilakukan menggunakan dua unit kapal Tol Laut melalui dua tahapan. 


"Tahap pertama menggunakan KM. Kendaga Nusantara 5 yang saat ini telah selesai melakukan pemuatan beras di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan diberangkatkan pada hari ini Minggu, 26 Maret 2023," jelasnya.


Kapal Kendaga Nusantara, kata Captain Hendri, dilakukan pemuatan sebanyak 600 ton atau 30 Teus dengan rincian 2 Teus didistribusikan ke Maumere dan distribusi ke Ende sebanyak 28 Teus.


Sementara, tahapan kedua akan menggunakan KM. Kendhaga Nusantara 11 yang rencana akan diberangkatkan pada hari Rabu, 29 Maret 2023.


"Kapal ini rencana pemuatan sebanyak 1.000 ton atau 50 Teus, untuk didistribusikan ke Ende sebanyak 12 Teus dan Atambua serta Atapupu sebanyak 38 Teus," jelasnya.


Ia menyebut distribusi dilakukan menggunakan kapal Tol Laut dan pada kesempatan ini, Ditjen Perhubungan Laut memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan pengangkutan bantuan beras dari perum bulog tersebut.


"Dengan adanya kegiatan ini sebagai bentuk kehadiran Pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya pemenuhan pasokan beras di Provinsi NTT khususnya menjelang hari raya Idul Fitri 1444H sehingga harga beras dapat stabil," tutup Captain Hendri.(aa)

 

 

Baca juga