HEADLINE

TIM OMBUDSMA NTT MONITOR LAYANAN PEMERIKSAAN KESEHATAN CALON LEGISLATIF (CALEG) DI RSJ NAIMATA KUPANG

KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,Kepala OMBUDSMAN NTT Darius Beda Daton SH Beserta tim  mengunjungi RSJ Naimata guna memonitor pelayanan pemeriksaan kesehatan rohani/jiwa para calon legislatif (Caleg). kamis, 27/4/23).

 

Pasalnya, sejak tanggal 26 sampai 30 April 2023 akan dilakukan pemeriksaan kesehatan rohani terhadap 13.121 caleg dari seluruh NTT di 4 RSUD yang ditunjuk Komisi Pemilihan Umum yaitu RSUD WZ Johannes Kupang, RSJ Naimata Kupang, RSUD Hillers Maumere dan RSUD Nagekeo.


 Nampak di loket, sarana yang disiapkan RS berupa kursi dan tenda tidak mampu menampung para pengguna layanan sehingga sebagian besar berdiri menunggu kapan dipanggil petugas. 


Kami ingin memastikan kesiapan loket, petugas kesehatan dan sarana-prasrana penunjang lainnya agar pelayanan pemeriksaan kesehatan berjalan mudah dan lancar."ungkap darius.


 Selanjutnya Selain monitor di loket, kami berkesempatan mengunjungi UGD dan ruang rawat inap guna berbincang-bincang dengan pasien dan keluarga serta dokter untuk memastikan bahwa pelayanan terhadap pasien umum tidak terganggu oleh karena lonjakan pemeriksaan para caleg ini.

Tim kami juga menemui Kepala RSJ Naimata, dr. Aleta Pian di ruang kerjanya guna memperoleh informasi terkait kesiapan RS menerima lonjakan pemeriksaan kesehatan. "jelasnya 


Lanjutnya lagi kami diinformasikan bahwa pendaftaran pemeriksaan kesehatan rohani/jiwa para caleg berlangsung hingga hari Jumat tgl 28 April sore hari,hari Sabtu dan minggu tutup. 


Sebanyak 20-30 petugas disiapkan untuk melayani pendaftaran pemeriksaan kesehatan caleg dan melayani pendaftaran mulai pagi hingga pukul 17.00 wita.  Semua caleg dilayani pendaftaran dan diatur jadwal tes dan pemeriksaan lain berdasarkan kemampuan petugas dan ruangan yang tersedia."beber ombudsman.

Beban petugas dan RS bertambah karena dalam waktu bersamaan, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan rohani/jiwa terhadap 1400 tenaga P3K dari Kabupaten TTS. Meski demikan RS memastikan bahwa semua caleg yang telah mendaftar dilayani dan bisa mengikuti tes dan pemeriksaan kesehatan lain. Hasil pemeriksaan akan diperoleh paling lama 2 hari. "sebut darius


Terima kasih kepada Direktur RSJ Naimata, para dokter dan perawat atas kunjungan ini. Semoga bermanfaat bagi para calon legislatif. "tutup ombudsman. (*)



Baca juga