HEADLINE

Ketum JMSI Teguh Santosa: Media Punya Peran Strategis di Pemilu 2024

JAKARTA;Jejakhukumindonesia.com,Media Punya Peran Strategis di Pemilu 2024,  untuk  menghasilkan  pemilu yang berkualitas. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Teguh Santosa dalam diskusi santai. 


"Tentunya peran media massa bukan pada sudut tim pemenangan akan tetapi berada di tengah untuk memberikan perspektif atau cara pandang untuk membawa masyarakat pada hal yang rasional", ujar Ketua Umum JMSI.


"Sebentar lagi kita akan masuk tahun politik. Media memiliki peran penting, tapi bukan jadi tim pemenangan, bukan dari sudut itu,” kata Ketua Umum JMSI, Teguh Santosa saat berbincang pada momen silaturahmi PP JMSI dengan aktivis media, pengurus organisasi wartawan, akademisi, pengamat politik dan kalangan lainnya di Kantor Citra Sarana Komunikasi (Ciskom), Jalan Laksana, Setia Budi Medan, Kamis (27/4/2023).


Teguh yang juga dosen Hubungan Internasional UIN Syarif Hidayatullah ini menjelaskan, para jurnalis yang bekerja pada media massa harus memahami bahwa mereka bukanlah pencipta sebuah kebenaran maupun fakta. Kebenaran dan fakta adalah sebuah hal yang berlangsung secara natural.


“Akan tetapi jurnalis maupun media massa harus mampu memberikan perspektif terhadap sebuah kebenaran dan fakta tersebut. Disitulah media massa harus memberikan perspektif untuk menjadikan masyarakat menjadi rasional dalam menyikapi dunia politik. Sehingga tidak mudah dipermainkan dengan berbagai instrumen-instrumen yang diciptakan untuk mecapai tujuan politik kelompok tertentu,” pungkasnya.(*)

Baca juga