Redaksi
Jumat, 25 Agustus 2023, Agustus 25, 2023 WIB
Last Updated 2023-08-25T02:15:43Z
Daerah

PLH. SEKDA KOTA KUPANG YANG BARU DI LANTIK LAKUKAN SIDAK DI SEKRETARIAT DAERAH

Advertisement

 

Kupang;Jejakhukumindonesia.com,Dalam rangka menegakkan disiplin pegawai Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Kota Kupang, Frengki Amalo, S.Sos, MM, melakukan inspeksi mendadak mengecek kehadiran pegawai di lingkup Sekretariat Daerah Kota Kupang, Kamis (24/8). Turut mendampingi dalam sidak tersebut Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja Kota Kupang, Alan Girsang, SH, M.Si, Kepala Bidang Pengadaan Disiplin dan Informasi pada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Kupang, Arma Frida Novita, S.Kom serta Analis Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Muda, Vanol Thom Sine, SH,.M.Hum. 


Kepada para pegawai yang ditemui, Plh. Sekda menjelaskan sidak pagi ini dilakukan berdasarkan arahan Penjabat Wali Kota, dalam rangka menegakkan disiplin aturan yang sudah ada dan bukan merupakan hal yang baru. Menurutnya bersama Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy P. Funay, SE, M.Si, dia berkomitmen untuk memperbaiki disiplin pegawai yang sudah mulai lemah. Diakuinya absen pagi saja tidak menjadi jaminan bahwa seorang pegawai sudah bekerja dengan baik. “Masih ada oknum pegawai yang hanya datang absen pagi lalu putar-putar, kemudian kembali jam 4 sore untuk absen pulang,” ungkapnya. Namun dengan penegakan disiplin seperti ini dia berharap kebiasaan yang keliru seperti itu bisa diperbaiki. Para pegawai didorong untuk lebih disiplin dan bertanggung jawab dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing, mulai dari Sekretariat Daerah sebagai dapur dari Pemerintah Kota Kupang. 


Dalam sidak tersebut, Plh. Sekda yang juga adalah Inspektur pada Inspektorat Kota Kupang itu menemukan masih banyak pegawai yang belum disiplin. Bahkan di beberapa perangkat daerah jumlah pegawai yang hadir masih di bawah 50 persen dari keseluruhan pegawainya. Frengki menambahkan, para pegawai yang terlambat hari ini tidak diberi sanksi, tapi hasil sidak akan menjadi catatan yang akan diteruskan kepada Penjabat Wali Kota Kupang sebagai laporan. 


Sidak dimulai dari ruangan Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) di lantai 3 Kantor Wali Kota Kupang, kemudian berlanjut ke Kantor Badan Kesbangpol Kota Kupang dan Bagian Organisasi yang menempati  lantai yang sama. Selanjutnya Plh. Sekda bersama rombongan turun melakukan sidak di lantai 2, dimulai dari ruangan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, lalu Bagian Perencanaan dan Keuangan serta Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Kupang. Sidak berlanjut ke lantai 1, dimulai dari ruangan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Bagian Ekonomi, Bagian Pemerintahan, Bagian Hukum, Bagian Sumber Daya Alam, Bagian Kerja Sama lalu Bagian Umum. Sidak berakhir di ruangan Bagian Administrasi Pembangunan yang letaknya terpisah dari gedung utama Sekretariat Daerah.  Selain mengecek kehadiran pegawai, Plh. Sekda juga berkesempatan memberikan motivasi kepada para pegawai untuk bekerja lebih baik lagi. (*PKP)