HEADLINE

SMSI NTT Rayakan Hari Pers Nasional 2024, Robi Fahik Jadi Ketua Panitia, Berikut Profilnya

 

KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,Dalam rangka memaknai Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Serikat Media Siber (SMSI) Provinsi Nusa Tenggara Timur menyelenggarakan kegiatan gelar wicara bertajuk “Peningkatan Kompetensi Wartawan dan Penguatan Peran Pers sebagai Pilar Demokrasi”.


Kegiatan ini dilakukan di Aula Universitas Muhammadiyah Kupang, pada Rabu (07/02/2024) Pukul 09.00 Wita-Pukul 13.00 Wita.


Ketua Panitia kegiatan, Robertus Fahik, S.Fil., M.Si., mengatakan bahwa, tema ini mengacu pada tema HPN tahun 2024 yakni “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Keutuhan Bangsa”.


Robertus Fahik atau Robi Fahik yang merupakan Alumnus Fakultas Filsafat Universitas Widya Mandira Kupang ini menyampaikan tujuan digelarnya acara itu.

Tujuan kegiatan tersebut adalah memaknai momentum HPN tahun 2024, menyosialisasikan kedudukan dan peran pers nasional, mempererat tali silaturahmi antar pemerintah, tokoh agama, akademisi, masyarakat, dan jurnalis di Provinsi NTT, membangun kesadaran berbangsa dan bernegara serta membangun tekad, juga menjaga keutuhan NKRI serta mendukung Pemilu Damai 2024 di Provinsi NTT.


Ada pun narasumber yang hadir memberikan materi dalam kegiatan ini adalah:

1. Perwakilan Kantor Bahasa Provinsi NTT, Christine Weking, S.S., M.Hum.

2. Perwakilan Akademisi, Dr. Marsel Robot, M.Si., dari Undana.

3. Perwakilan Pers (SMSI NTT).


Robertus mengungkapkan jikalau para peserta yang hadir terdiri dari pimpinan media dan para jurnalis dari berbagai media baik cetak, elektronik, maupun daring (online), perwakilan TNI/POLRI (Kepala Penerangan KOREM 161/WS Kupang) dan lembaga negara (KPU NTT/Kota, Bawaslu NTT/Kota), serta perwakilan mahasiswa (Universitas Muhammadiyah Kupang).

Robertus Fahik, kepada wartawan usai kegiatan, mengucapkan terima kasih untuk Dewan Pengurus wilayah (DPW) SMSI NTT yang memberikan kepercayaan kepada dirinya dan rekan-rekan lain menghandle ataupun mengatur kegiatan ini. 


Robertus Fahik yang merupakan Pemimpin Redaksi Sekolahtimur.com, menjelaskan bahwa kompetensi itu harus menjadi harga mati bagi setiap insan pers. 


“Jadi tanpa meningkatkan kompetensi, maka dia tidak bisa bekerja secara professional. Oleh karena itu, kompetensi sangat penting, makanya kita angkat,” tegasnya. 


Ia menambahkan, peran pers sebagai pilar demokrasi ini juga perlu diangkat karena itu salah satu elemen penting dalam negara demokrasi seperti Indonesia yang menjadi fungsi kontrol. 


Untuk gelar wicara ini, sambung Robertus, dilakukan juga memaknai hari pers yang jatuh pada tanggal 9 Februari. 


Namun, SMSI NTT memajukan ke tanggal 7 Februari dengan mempertimbangkan jika dilakukan pada tanggal 9 Februari sudah dekat dengan waktu pemilu dan juga Imlek. 


“Jadi kita sengaja tarik ke depan tanpa mengurangi makna ataupun esensi dari hari pers itu sendiri,” tandasnya.



Pantauan wartawan, hadir dalam perayaan Hari Pers Nasional ini adalah Danrem 161 Wira Sakti Kupang yang diwakili oleh Kapenrem Mayor Inf. Arwan Minarta, Rektor Universitas Muhammadiyah Kupang Prof. DR. Zainul Wula, S.Pd., M.Si., Kepala TVRI NTT Asmeth Takalumang, para pimpinan organisasi media konstituen Dewan Pers seperti AJI, JMSI, AMSI, dan PWI.

Hadir pula perwakilan Kopdit Swasti Sari, para wartawan, para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kupang, Widyabasa Ahli Muda, Christina T. Weking, S.S., M.Hum., dari Kantor Bahasa NTT dan Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Nusa Cendana Kupang sekaligus penulis DR. Marsel Robot.


Usai seremoni pembukaan, Robertus Fahik didaulat menjadi moderator diskusi. Sosok yang murah senyum ini memimpin diskusi dengan apik dan luar biasa. Para peserta tampak semangat dan terjadi diskusi yang komprehensif.


Berikut sosok Robertus Fahik, yang memiliki sertifikasi wartawan muda dan anggota SMSI


Robertus Fahik, S.Fil. M.Si., lahir di Betun (Malaka), 5 Juni 1985. Menyelesaikan S1 Filsafat di Unwira Kupang dan S2 Psikologi di Universitas Mercu Buana Yogyakarta.


Saat ini sebagai pemimpin redaksi SEKOLAHTIMUR.COM sekaligus Ketua Bidang Literasi Media SMSI NTT.


Selain aktif sebagai jurnalis, ia juga menulis beberapa buku di antaranya 4 novel, 2 buku puisi, 1 buku esai, 7 cerita anak, dan lebih dari 40 buku antologi bersama penulis dari seluruh Indonesia.


Tahun 2023 ia menjadi satu-satunya peserta yang mewakili NTT dalam Kongres Bahasa Indonesia ke-12 di Jakarta melalui jalur seleksi. Tahun yang sama ia meraih Juara 1 Lomba Feature yang digelar Kantor Bahasa NTT.(*)

Baca juga