HEADLINE

Pangdam IX/Udayana Irup Upacara Penutupan TMMD KE-120 TA 2024 Wilayah Kodam IX/Udayana di Kupang

 

Oelamasi;Jejakhukumindonesia.com,Pada TMMD ke-120 TA. 2024, jajaran Kodam IX/UDY, telah menyelesaikan 15 sasaran fisik, oleh 4 Satgas TMMD, yang tersebar di Kab. Kupang, Rote Ndao, Dompu dan Kab. Bangli. Sasaran fisik yang dikerjakan meliputi ; pembangunan fasilitas jalan, perbaikan sarana irigasi, rehab rumah ibadah, rehab rumah   tidak layak huni, pembuatan sumur bor, dan pembangunan sarana umum lainnya, sesuai dengan kebutuhan masyarakat di wilayah.


Demikian Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Bambang Trisnohadi dalam amanatnya pada Upacara Penutupan TMMD ke 120 Wilayah Kodam IX/Udayana khususnya Kodim 1604/Kupang TA 2024, di Lapangan SMP 2 Kupang Barat, Desa Tesabela, Kec.Kupang Barat, Kab. Kupang, NTT, Jum'at (7/06/2024)


Selain melaksanakan sasaran fisik, tidak kalah pentingnya adalah penyelenggaraan kegiatan sasaran non fisik, berupa penyuluhan dan sosialisasi pengetahuan.


" Sasaran non fisik yaitu Materi Bela Negara, Ketahanan Nasional, Kamtibmas, bahaya narkoba, radikalisme, Posyandu, Posbindu, KB kesehatan, dan berbagai materi lainnya, dalam rangka membangun dan meningkatkan, SDM masyarakat,"jelas Pangdam IX/Udayana.


Pangdam IX/Udayana mengatakan bahwa tujuan program ini untuk membantu percepatan pembangunan di daerah 3T (yaitu; Tertinggal, Terisolir dan Terluar), sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat.


Lebih lanjut dikatakan bahwa pada kegiatan TMMD ke-120 TA 2024, setiap Satgas TMMD juga diwajibkan untuk melaksanakan program unggulan Kasad, berupa TNI Manunggal Air, penanganan Stunting, ketahanan pangan, dan pemeliharaan kelestarian alam, yang kesemuanya bertujuan untuk mendukung program pemerintah.


Atas pelaksanaan TMMD ini, Pangdam IX/Udayana, selaku Pengendali Kegiatan Operasi, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, dan   apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, yang telah menganggarkan APBD, untuk mendukung program TMMD ke-120 TA 2024. Ucapan terima kasih, juga disampaikan kepada seluruh prajurit TNI dan Polri, beserta segenap komponen masyarakat, yang telah bersinergi, bergotong royong dan bahu membahu, sehingga kegiatan TMMD, dapat terselenggara dengan aman, tertib, lancar, dan tepat waktu, selama 30 hari, sesuai target yang telah direncanakan.


Pangdam IX/Udayana menyampaikan juga bahwa hasil TMMD akan diserahkan kepada Pemerintah Daerah setempat, untuk digunakan dan dipelihara bersama-sama, sehingga manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka Panjang, dan berkelanjutan.


Adapun Tema Kegiatan TMMD ke-120 TA 2024 ini adalah : Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan   Pembangunan  di  Wilayah.


Sementara itu Pj Bupati Kupang Alexon Lumba,S.H.,M.Hum menyampaikan terima kasih kepada TNI yang telah melaksanakan kegiatan TMMD di wilayahnya.


"Atas nama pemerintah Kab Kupang dan masyarakat Kab Kupang, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada TNI atas dilaksanakannya kegiatan ini. Pemerintah Kab Kupang akan selalu menganggarkan TMMD setiap tahunnya, karena kegiatan ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,"ungkap Pj Bupati Kupang.


Sebelum upacara dimulai, Pangdam IX/Udayana menerima Paparan TMMD ke 120 Kodim 1604/Kupang dari Dandim 1604/Kupang.


Usai upacara penutupan TMMD dilanjutkan dengan kegiatan penyerahan paket sembako kepada masyarakat dan sesi foto bersama, kemudian tinjau sasaran 1 Pembangunan Rumah Pastori Gereja GMIT Lidamanu, kegiatan penanaman pohon Gereja GMIT Lidamanu dan peninjauan RTLH di Desa Sumlili Kec Kupang Barat Kab Kupang.


Untuk kita ketahui bahwa Sasaran Fisik TMMD ke 120 Kodim 1604/Kupang TA 2024 di Desa Tesabela dan Desa Lifuleo Kec Kupang Barat,Kab Kupang adalah Pembangunan Rumah Pastori Gereja GMIT Udamanu di Desa Tesabela ,Rehab Perpustakaan SD GMIT Tesabela, Pembangunan MCK SD GMIT Tesabela, Lantainisasi Gereja GMIT Viadolorosa Nefu Desa Lifuleo dan Rehab Rumah Pastori Gereja GMIT Viadolorosa Nefu Desa Lifuleo.


Hadir pada kegiatan ini Ketua Persit KCK PD IX/Udayana Ny.Dian Bambang Trisnohadi, Danrem 161/WS  Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes, S.E., M.M, didampingi Ketua Persit KCK Koorcab Rem 161 PD IX/Udayana ,Pj Gubernur NTT diwakili Sekban Kesbangpol Regina Maria Manbait,S.Sos., Kapolda NTT Irjen Pol Daniel Tahi Monang, S.H.,M.H, Danlantamal VII Laksma TNI  I Putu Darjatna, Danlanud :

Marsma TNI Djoko Hadipurwanto, S.E., M.M, Ketua Pengadilan Tinggi diwakili Hakim Tinggi 

I Putu Pasek, S.H., M.H, Plt. Kajati NTT diwakili Aspidmil :

Kolonel Laut (H) Sutarto Wilson., S.H.,M.H, Kabinda NTT diwakili Staf Khusus Binda NTT :

Nur Alim,


Tampak hadir juga Pj Bupati Kupang Alexon Lumba, S.H.,M.Hum beserta unsur Forkopimda Kab Kupang, Para Kepala Dinas Badan dan Kantor Kab Kupang, Camat Kec Kupang Barat, unsur pemerintahan desa di kec Kupang Barat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan sejumlah undangan lainnya.(Penrem)

Baca juga