HEADLINE

Korem 161/WS Gelar Upacara HUT Infanteri Ke-73 di Lapangan Kompi Senapan B Yonif 743/PSY

 


 OELAMASI;Jejakhukumindonesia.com Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Legowo W. R. Jatmiko, S. I. P., M. M memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun Korps Infanteri TNI AD ke-73 Tahun 2021 dengan tema Infanteri yang solid, Visioner dan Profesional  berlangsung di Kompi Senapan B Yonif 743/PSY Naibonat, Minggu  (19/12/2021).

Dalam amanatnya, Komandan Pussenif TNI AD Letjen TNI Arif Rahman yang dibacakan Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Legowo mengatakan "peringatan Hari Ulang Tahun Korps Infanteri ke-73 ini memiliki arti satu kesatuan, satu padu, memiliki jiwa korsa yang kuat, kemampuan melihat visi yang jauh dalam menghadapi berbagai ancaman".

"Menjadi prajurit Infanteri yang Profesional tanggap, tangguh dan trengginas serta rela berkorban bagi masyarakat bangsa dan negara. Lebih jauh dikatakan nilai kemanunggalan TNI dan rakyat harus terpatri dalam hati, sesuai peran dan tanggung jawab setiap prajurit menjalankan tugas ke depan. Selaku keluarga besar Korps Infanteri mari tetap jaga kekompakan, semangat juang, tidak membuat pelanggaran dan berlomba-lomba untuk kemajuan Korps Infanteri TNI AD, Bangsa, Rakyat dan Negara," ungkapnya.

Selesai melaksanakan upacara memperingati Hari Ulang Tahun Infanteri ke-73, Komandan Korem 161/WS memberikan keterangan kepada Sfaf Penerangan Korem 161/Wira sakti bahwa, "hari ini bertepatan dengan HUT Korps Infanteri yang ke-73 dimana setiap tahun kita peringati untuk mengenang jasa-jasa para pejuang kita khususnya Tentara yang jaman dulu Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang seperti kita lihat tadi kita mengingat Pasukan Tradisional pada jaman dulu. Yang kedua untuk peringatan Hari Infanteri ini ada Ikrar, Amanat Panglima Jenderal Sudirman yang mengingatkan kita bahwa kita ini Tentara yang berjuang untuk rakyat, dari rakyat dan kembali ke rakyat, sehingga kita harus Manunggal seperti yang disampaikan oleh Almarhum Jenderal Sudirman. Kemudian kita harus kompak bersatu padu untuk mempertahankan Negara Kesatuan RI sesuai dengan tugas pokok TNI," ungkapnya.

Lebih lanjut Komandan Korem, kolaborasikan dengan hari Juang TNI AD, dimana kita melaksanakan bakti sosial seperti Donor Darah. Kenapa kita donor darah? karena Pandemi Covid-19 ini banyak yang Komorbid kemudian butuh bantuan-bantuan darah khususnya karena yang di PMI sendiri stoknya menipis sehingga kemarin kami Bakti sosial Donor Darah. Kemudian sesuai petunjuk Bapak Presiden bahwa NTT ini harus Prioritas untuk Vaksin, kenapa? karena NTT belum 70% sehingga TNI dan Polri yaitu TNI AD, TNI AL, TNI AU, Polri dan BIN juga, kita berlomba-lomba untuk menarik masyarakat untuk mau di Vaksin karena kalau sudah Vaksin kita santai.  Apalagi di Indonesia sudah masuk Varian Omicron, makanya kita mengatisipasi perintah dari Bapak Presiden kita jangan takut jangan khawatir, laksanakan Protokol kesehatan sehingga TNI dan Polri serta seluruh jajaran supaya tidak takut masyarakat kita kejar untuk Vaksin dan Vaksinnya terlalu banyak. Kemarin kegiatan ini di seluruh NTT sudah melaksanakan Vaksin sejumlah 4.672, mudah-mudahan hari ini kita do'akan bersama bisa tembus 10.000 seluruh NTT," tuturnya.


Pantauan dari Penerangan Korem 161/Wira Sakti, Peringatan Hari Ulang Tahun Korps Infanteri ke-73 Tahun 2021 juga digelar serbuan vaksinasi Covid-19 gratis dan pembagian sembako bagi warga Kabupaten Kupang yang kurang mampu.

Ditempat yang sama Dandenkesyah 04-09-01/Kupang Letkol Ckm dr. Agus Saptiady, Sp. An menambahkan "kemarin kita laksanakan Vaksinasi sebanyak 756 orang diharapkan hari ini masyarakat datang sebanyak banyaknya. Jajaran Kesehatan Korem, sudah saya perintahkan agar melaksanakan Vaksin dengan gencar lagi sehingga masyarakat yang divaksin lebih banyak dan juga di perbatasan ada Satgas-satgas kita juga yang akan mengajak masyarakat agar melaksanakan Vaksin dan di RST kita melayani Vaksinasi setiap hari, baik yang Sinovac maupun Astra Zeneka dari hari Senin sampai Jum'at," tuturnya.

Tampak hadir pada kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun Infanteri ke-73, Kabinda NTT, Kasrem 161/Wira Sakti, para Kasi Kasrem 161/Wira Sakti, Danbrigif 21/Komodo, Kadislog Lantamal VII/Kupang, Kapolres Kab. Kupang dan seluruh Prajurit Infanteri.(penrem *)


Baca juga