HEADLINE

Penilaian dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi, Capaian, Koordinasi, Supervisi dan Pencegahan KPK RI.

 

Kupang;Jejakhukumindonesia.com, Itda  Provinsi NTT, Di hadapan puluhan wartawan yang hadir dalam acara temu media, kamis 31 maret 2022 di Aula Otan Kepala Inspektorat daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur 'RUT D LAISKODAT mengatakan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi (PMPRB) yaitu model penilaian yang berprinsip Total Quality Management dan digunakan sebagai metode umtuk melakukan penelitian serta analisis menyeluruh terhadap kinerja instansi pemerintah.

''Melalui model tersebut dapat diuraikan bahwa program-program dalam Toad Map Reformasi Birokrasi 2020-2024 merupakan proses yang menjadi pengungkit yang dihatapkan dapat menghasilkan sasaran pemerintah yang bersih dan akuntabel, pemerintah yang kabapel serta pelayanan publik yang prima,''sebut Rut.


"Rut menjelaskan Penilaian Mandiri Reformasi Birokrasi merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sisteem penyelengaraan pemerintah terutama aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan dan sumberdaya aparatur.

''Hasil PMRB Tahun 2021 dari 39 Perangkat Daerah Lingkup Provinsi NTT terdapat 3 Perangkat Daerah dengan predikat sangat baik atau kategori A, 17 perangkat daerah dengan predikat BB dan 3 perangkat daerah dengan cukup baik atau BB,'' jelasnya. 


Capaian korsupgah MCP untuk 7 area intervensi yaitu perencanaan dan penganggaran APBD , pengadaan barang dan jasa , perizinan, pengawasan APIP, Manajemen ASN, Optimalisasi Pajak Daerah, dan manajemen aset daerah selama tahun 2019-2021 mengalami kenaikan.


1. Survei Penilaian Integritas.

Lanjutnya' Rut menjelaskan bahwa Tujuan survei penilaian integritas untuk memetakan risiko korupsi dan capaian upaya pencegahan korupsi yang dlakukan untuk dijadikan dasar menyusun rekomendasi peningkatan upaya pencegahan korupsi dengan rencana aksi yang sesuai karakteristik masing-masing K/L/PD dan berdasarkan Hasil Pemetaan Empiris. Semakin tinggi angka Indeks menunjukan tingkat integritas K/L/PD yang semakin baik.

Capaian SPI PemProv NTT tahun 2021 sebesar 72,64, capaian ini berada pada 0,2% dibawah rata-rata capaian nasional sbsar 74, namun capaian pemerintah NTT diatas rata-rata yaitu sebesar 693 dan rata-rata capaian di wilayah Bali, NTB, dan NTT sebesar 71,6."sebutnya.(jh)

Baca juga