HEADLINE

Bank Indonesia Bekerjasama dengan Korem 161/WS ; Adakan Pelatihan GenBI NTT

 

KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,Kepala Staf Korem 161/Wira Sakti Kolonel Inf Harzeni Paine, S.H., M.A., memimpin upacara pembukaan Pelatihan Generasi Baru Indonesia (GENBI) dalam rangka pembinaan kepemimpinan mahasiswa beasiswa Bank Indonesia yang bekerjasama dengan Korem 161/Wira Sakti Pada hari Kamis tanggal 16 Juni 2022 pukul 09.00 Wita bertempat di lapangan hitam Makorem 161/WS Jln. W.J. Lalamentik Oebufu, Kota Kupang.


Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) dibentuk pada tanggal 11 November 2011 adalah komunitas bagi mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia. GenBI hadir sebagai wadah untuk mengembangkan kemampuan intelektual, bakat dan jiwa kepemimpinan serta kemampuan presentasi dan penulisan hingga kesempatan internship baik di BI maupun berbagai perusahaan dan multinasional sekaligus menjadi wadah pengabdian masyarakat baik yang terkait dengan pengabdian sosial maupun yang berkaitan langsung dengan Bank Indonesia.


Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Iman Budiman, S. E., dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kepala Staf Korem 161/Wira Sakti Kolonel Inf Harzeni Paine, S.H., M.A., menyampaikan bahwa, "kegiatan pembinaan mahasiswa GenBI (Generasi Baru Indonesia) NTT di Wilayah Korem 161/Wira Sakti tahun 2022 ini bertujuan mendukung Bank Indonesia Perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT) guna menyiapkan generasi muda sebagai sumber daya manusia yang berkarakter, berdisiplin tinggi, memiliki kemampuan fisik dan mental yang prima, memiliki wawasan kebangsaan, semangat bela Negara, berdaya saing tinggi dalam meraih peluang pekerjaan di era globalisasi, mampu menghadapi dan menjawab tantangan tugas di masa depan dan senantiasa siap mengabdi baik dalam lingkup pemerintahan sipil maupun swasta. Dengan demikian maka, kegiatan pembinaan mahasiswa GenBI NTT di Wilayah Korem 161/Wira Sakti tahun 2022 ini memiliki arti sangat penting untuk dilaksanakan", ungkap Brigjen Budiman.


"Pembaharuan pada Era Manusia Moderen dapat menghasilkan nilai baru dengan elaborasi dan kerjasama pada sistem informasi dan teknologi yang menuntut adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia sehingga mampu beradaptasi sesuai yang dibutuhkan dalam dinamika perkembangan teknologi yang ada.Tiga kemampuan utama yang dibutuhkan dalam menghadapi Era Manusia Moderen diantaranya ; "Pertama,kemampuan memecahkan masalah-masalah kompleks yang dihadapi dirinya sendiri dan juga mampu memberikan solusi dalam menyelesaikan 

permasalahan yang dihadapi banyak 

orang atau masyarakat pada umumnya. "Kedua,Kemampuan untuk berpikir secara kritis, serta memiliki kepekaan sosial yang tinggi, baik dalam ruang lingkup kehidupan yang kecil maupun dalam bersosialisasi di tengah masyarakat. "Ketiga,adalah kemampuan untuk berkreasi dan berinovasi", pungkasnya.

Pelaksanaan kegiatan pelatihan dilaksanakan mulai tanggal 16- 19 Juni 2022 di Korem 161/Wira Sakti yang diawali dengan penyematan peserta pelatihan oleh Irup kepada perwakilan Mahasiswa. Kegiatan tersebut diikuti oleh 78 peserta dari 2 Universitas, yakni Universitas Nusa Cendana 47 orang dan Universitas Nusa Nipa Maumere 31 orang.


Tampak Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT), para Kasi Kasrem 161/Wira Sakti, Ka Balak Aju Kodam IX/Udayana, para Pendukung dan Pelatih dari Korem 161/Wira Sakti.(penrem)


Baca juga