HEADLINE

LUIS MIKAEL MANAFE ,KADES TERPILIH DESA MANULAI I ,ENAM TAHUN KEDEPAN

OELAMASI;Jejakhukumindonesia.com,Desa Manulai I Kecamatan kupang barat Kabupaten kabupaten kupang NTT Adalah salah satu Desa yang berbatasan dengan kota kupang yang mengadakan pemilihan Kepala desa PILKADES senin ,7/11/22) 


Luis Mikael Manafe kepala desa terpilih Desa Manulai I Saat dimintah keterangan sebagai pemenang pilkades Ia menyampaikan terima kasih kepada panitia, BPD desa, Plt desa dan masyarakat yang telah menyukseskan pemilihan kepala desa  Dari awal persiapan pendaftaran pencalonan hingga tahapan-tahapan sampai penetapan bahkan pemilihan  berjalan dengan baik dan kondusif.  


Menurutnya masyarakat mengharapkan pemimpin yang baik,  bersih dan  transparan menyangkut aspek apa saja. 


"Selain itu harapan masyarakat mari kita membangun desa agar lebih baik, bukan sekarang tidak baik tapi bagaimana merubah yang belum terpenuhi menjadi terpenuhi dan yang rusak menjadi baik sehingga kita masyarakat juga merasa nyaman dan harapan kita semua berjalan dengan baik.

Luis Manafe ketika ditanya terkait strategi dalam membangun desa ia Mengatakan bahwa "Strategi yang saya pakai adalah membawa diri kepada masyarakat, mengedukaskan Visi dan Misi  serta secara transparan meminta pemikiran dari semya masyarakat pada saat nanti didukung dan terpilih otomatis apa yang diprogramkan oleh pemerintah kita kerjakan bersama-sama.tidak bisa kita tutupi Karena menyangkut program  dana desa yang dititipkan oleh kementerian desa  untuk desa bukan kepada kepala desa", jelasnya

"Jadi dana desa kita kelola sesuai apa yang ditargetkan pemetintah untuk kebutuhan masyarakat dan kemakmuran jadi secara transparan  dana desa harus kita publikasikan. Tujuannya agar masyarakat tidak merasa dirahasiakan pengelolaan dana desa. 


Program apa saja mungkin enam bulan kita evaluasi dan di publikasikan program apapun  karena itu adalah uang rakyat. Sehingga masyarakat juga tidak  merasa dirahasiakan pengelolaan dana desa ini. 

Kementerian menitipkan dana desa ini kepada kepala desa untuk dikelola bersama rakyat bukan untuk kepribadian kepala desanya", ujar Luis.


Harapan kami kedepan bahwa secara transparan akuntable kita proaktif bersama masyarakat mengelola dana desa yang pemerintah telah berikan  kepada kita. 


Kondisi di Desa Manulai I yang bisa mengenjot untuk penambahan PAD  adalah kita harus mengoptomalkan Badan Usaha Mikik Desa (Bumdes). Sehingga dengan adanya bumdes kita  sama.sama kerja sama untuk bisa menambah (PAD).  Karena selama ini memang belum.berjalan secara  optimal. Memang  potensi desa  SDA kita di desa untuk mengenjot PAD masih kurang banyak. 


Bumdes adalah profit desa yang kita pakai.untuk menambah PAD sedikit demi sedikit. Manajemen kita harus kelola dengan baik sehingga penataannya berjalan dengan baik dan transparan. Harus kita pakai adik adik yang nota bene dia mempunyai inovasi yang baik, cemerlang dan latar belakang pendidikannya juga kita lihat apakah memadai atau tidak. 


Karena desa itu maju kalau kita tidak berperasaan karena itu keluarga namun nota bene tidak mempunyai kemampuan.  

Jadi kalau kita mau maju harus karyakan karena mereka mempunyai  kreasi inovassi-inovasi yang cemerlang, dia punya semangat yang tinggi. Selama ini memang yang saya lihat anak muda tidak dipakai mereka merasa dibunuh karakternya secara pendidikan

"Jadi utama itu pemuda harus diberdayakan untuk membantu kepemimpinan saya kedepan. Selain itu juga melibatkan tokoh masyarakat semua unsur yang ada didesa.namun yang terpenting mempunyai kreasi-kreasi,  mempunyai pemikiran-pemikiran yang baik untuk kemajuan desa", ujarnya. 


Pemerintahan kemarin ada program-program yang sudah jalan dan ada yang belum, jadi harapan saya nanti profit program desa yang lama kita lihat,

"kita samakan secara kebutuhan bukan karena kemauan. Jadi program itu harus menyentuh dan tetap melanjutkan program pemerintahan yang lama tetapi secara kebutuhan bukan kemauan."harap luis.(jh)

Baca juga