Redaksi
Senin, 20 Februari 2023, Februari 20, 2023 WIB
Last Updated 2023-02-19T17:45:06Z

Gelar RAT, KSP CU Serviam Target Rp 1 Triliun Aset Tahun 2025

Advertisement

 

 KUPANG ;Jejakhukumindonesia.com,Koperasi Simpan Pinjam Credit Union (KSP CU) Serviam  menggelar Rapat Tahunan Anggota (RAT) untuk Tahun Buku 2022 yang berlangsung di Hotel Cahaya Bapa  pada 18 - 19 Februari 2023.


Rapat Tahunan itu dihadiri 389 anggota dari 400 anggota yang diundang. 


Hadir pula Badan Pengurus, Pengawas, Penasehat serta  Tim Pengendali internal.


Dalam RAT Tahun Buku 2022 kali ini KSP CU Serviam menargetkan Rp 1 triliun aset pada tahun 2025 dengan jumlah anggota  sebanyak 150 ribu.


Target itu menjadi   bagian Roadmap KSP CU Serviam yang disusun untuk tahun 2021 sampai 2025.


Demikian dikatakanan Ketua KSP CU Servian  Dr.Wara Sabon Domikus  saat Rapat Anggota Khusus (RAK) dalam rangka pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan KSP CU Serviam Tahun Buku 2022 di Hotel Cahaya Bapa, Sabtu 18 Februari 2023.


“Kami optimis target  itu akan tercapai. Karena bagian Roadmap KSP CU Serviam yang disusun untuk tahun 2021 sampai 2025," ungkap Dr.Wara Sabon Diminikus


Dijelaskan dalam Roadmap itu tertuang target yang dicapai tahun 2025. Hal itu bisa tercapai jika jumlah anggota bertambah. Kekuatan Koperasi Servian terletak pada jumlah  anggota. 

Dari data yang ada, tercatat tiap tahun anggota KSP CU Serviam bertambah. 


"Dan paling kurang pada tahun 2025 jumlah amggota 150 ribu. Sehingga target kalau total dengan asset itu sekitar Rp1 triliun.  

Jadi kekuatan kita disitu, baik dari simpanan anggota maupun asset dalam bentuk piutang,” ungkap Wara Sabon Dominikus. 


Optimisme seluruh menejemen KSP CU Servian tentu bukan tanpa alasan. Sebab Pada Tahun Buku 2022, total asetnya sudah mencapai 423,717 miliar atau naik 14, 28 persen dari tahun sebelumnya (2021)sebesar Rp 370, 775 miliar. 


Hal itu berdampak dari penambahan jumlah anggota sebanyak 66,275 tahun 2022 atau naik sebesar  22,58 persen dari tahun sebelumnya sebanyak 54,067  anggota.


“Tahun ini dari sisi anggota kita berusaha  sehinggamenambah anggota sebanyak 22 ribu  mencapai 90 ribu anggota. Tahun depan kita target penambahan 30 ribu, sehingga dua tahun ke depan, kita sudah bisa mencapai 150 anggota,” ungkap Dosen FKIP Undana itu.


“Jadi  penambahan jumlah anggota, itu yang prioritas kita dalam program kerja yang ada dalam roadmap. Jadi bisa dilihat tiap tahun berapa anggota, berapa simpanan dan perkembangan asetnya bertambah seperti apa, sehingga nanti pada tahun 2025, kita bisa estimasi target kita,” jelasnya

Selain itu  secara menejemen, KCP CU Serviam masuk dalam koperasi sehat secara nasional. 


Buktinya, dua tahun berturut turut dan yang terakhir hasil audit pada 4 sampai 9 Januari,  opini publik dan akuntan publik tahun buku 2022  KCP Kredit Union Serviam memperoleh WTP dengan tingkat kesehatan sangat  Sehat, dengan  skors 81.


”Mimpi kita, bahwa Serviam tetap sehat, sebagai KSP CU yang sehat, baik secara organisasi, secara menejemen(perusahaan), sehat dalam  pengelolaan, Sehat SDMnya, baik anggota maupun pihak menejem. 

Sehingga dari situ, maka mimpi kita  Koperasi Serviam menjadi unggul dan terpercaya bisa tercapai,” jelas Wara Sabon Dominikus.


Sidara, Terinspirasi dari Seroja 


Pada tahun 2023, KSPCU Servian akan meluncurkan salah satu prodak yaitu SIDARA (Simpanan Dana Darurat)

Prodak itu menurut Wara Sabon Dominikus terinspirasi dari kejadian badai Seroja bersamaan dengan covid yang berkepanjangan.


Dampak dari dua bencana itu maka terjadi penarikan dana simpana untuk ansuran pinjaman. 


“Artinya  kita belum menyiapkan para anggota untuk mengantisipasi situasi tidak terduga yang memaksa dia harus mengeluarkan biaya baru. Sehingga disitu paling tidak ada bugenting simpanan anggota sehingga ketika menghadapi situasi yang tidak diinginkan, mereka masih punya sumber lain sehingga tidak menggagu simpanan itu,” 


Unggulan Dalam Pelayanan


Ketika disinggung soal beberapa keunggula KSP CU Serviam, Wara Sabon Dominikus juga menjelaskan

“Kita masih di seputaran Pulau Timor dan Pulau Semau, sehingga rentan kendali, pengendalian kita masih bisa terjangkau”.

Kedua, prodak prodak KOperasi Serviam  baik simpanan, maupun prodak lainya  masih kompetitif, tingkat suku bunga sangat bersaing. 


“Kalau kita tidak mau katakana bahwa suku bunga cukup tinggi jika dibandingakn dengan suku bunga pihak bank. Bisa dilihat dari delapan prodak simpanan itu sangat bagus tingkat suku bunganya. Dari segi pinjaman juga, tingakt suku Bungan pinjaman itu sangat variatif dan untuk  jenis pinjaman itu sangat terjangkau,:”

Selain itu prestasi lainda  karena ada subangsih besar dari menejemen. 


“Ini tahun kita bisa mendapatkan  27 menejemen tersertifikasi tingakat kompetensi level menejer, jadi itu yang menjadi kekuatan kita.  Itu asset, menejem yang adalah penggerak operasional dari serviam"


"Kita berharap semakin bertambah jumlah menejemen yang terserifikasi untuk berbagai level dan jabatan, akan memperkuat tata kelola untuk pengembangan serviam ke depan"


“Serviam tidak akan mundur, servian tetap akan maju, servian tidak pernah tua, akan tetap bertumbuh bertumbuh berkembang dan berkembang dalam kebersamaan dengan anggota,.

Untuk itu dia berharap para anggota untuk sama sama mengambil bagian dalam pengembangan serviam. 


Paling pertama adalah bagaimana pengembangan penambahan jumlah anggota. Mari kita bergabung di Serviam.


Ajaklah tetangga, ajaklah keluarga, ajaklah kenalan  mari bergabung di serviam untuk sama sama rasakan manfaat bersama di servian. 


Jadi silakan membagikan ke orang lain dan ajak mereka bergabung di Serviam. 


Berikutnya marilah kita melihat pengembangan pendidikan. Dengan pendidikan kita semakin pahan bagaimana tata kelola pendidikan

Satu selamanya untuk serviam, jangan meduakan hatimu kepada yang lain.(*)