HEADLINE

TIM OMBUDSMAN RI PERWAKILAN NTT MENGUNJUNGI RSUP BEN MBOI

KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,Kepala OMBUDSMAN NTT dan tim  mengunjungi Rumah Sakit Umum Pusat, dr. Ben Mboi di kelurahan Manulai II Kecamatan Alak kota Kupang. NTT Jumat 24/3/23) 


Kunjungan ini adalah kunjungan pertama kali yang kami lakukan ke rumah sakit kelas A milik pemerintah pusat, dan menjadi satu-satunya rumah sakit kelas A di NTT sejak soft launching oleh Menteri Kesehatan RI pada Desember 2022 lalu. 


"Lanjutnya lagi,Tentu rumah sakit kelas A akan sangat membantu masyarakat NTT oleh karena rumah sakit ini memiliki fasilitas dan kemampuan pelayanan medik, paling sedikit 4 medik spesialis dasar, 5 spesialis penunjang medik, 12 medik spesialis lain dan 13 medik subspesialis. Dengan demikian pasien bisa menikmati pelayanan medik umum, pelayanan gawat darurat, pelayanan spesialis dasar, spesialis penunjang medik dan pelayanan medik spesialis lain. "jelas ombudsman 


,Kita berharap agar RSUP ini bisa membawa dokter spesialis dari luar NTT agar tidak mengganggu praktek dokter di rumah sakit lain. 

"Sebab  jika harus menggunakan dokter spesialis dari rumah sakit yang ada di Kota Kupang tentu akan cukup mengganggu layanan di rumah sakit lain yang juga sudah sangat terbatas. Belum lagi ketentuan adanya pembatasan praktek dokter yang tidak boleh lebih dari tiga tempat."harap beda daton.  


 Pada saat kunjungan kami berkesempatan meninjau layanan Unit Gawat Darurat (UGD) dan melihat daftar nama para dokter yang akan praktek di rumah sakit ini. Saat ini, Operasional Rawat jalan dan rawat nginap sudah bisa dilakukan sambil menunggu Grand Opening yang akan dilaksanakan pada pertengahan tahun ini." jelasnya 


" Sayangnya, pengurusan Administrasi kerja sama dengan BPJS Kesehatan masih sedang berproses sehingga pasien BPJS belum bisa dilayani kecuali pasien umum."tambah darius

 Pelayanan dilakukan oleh dokter umum sedangkan pelayanan dokter spesialis baru sebatas on call jika ada pasien. Semoga hingga grand opening nanti, pasien BPJS sudah bisa berobat di rumah sakit ini."pintanya.


 Terima kasih kepada manajemen Rumah Sakit Umum Pusat, dr. Ben Mboi atas kunjungan ini. Semoga bermanfaat bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur ." tutup  darius beda daton.(*)

Baca juga