HEADLINE

Gubernur VBL Meresmikan Gedung Pasar Rakyat Kadelang di Teluk Mutiara Kabupaten Alor NTT

 

ALOR;Jejakhukumindonesia.com,Dihari kedua kunjungan kerja di Kabupaten Alor, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) melaksanakan peresmian  Gedung Pasar Rakyat Kadelang yang terletak di Kecamatan Teluk Mutiara, Kabupaten Alor pada Selasa, 23 Mei 2023 kemarin


Peresmian Gedung Pasar Kadelang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Laiskodat dan pengguntingan pita oleh Bupati Alor Amon Djobo, serta pembukaan selubung tulisan Pasar Rakyat Kadelang Surga di Timur Matahari,  juga serta penekanan tombol sirine secara bersama oleh Gubernur VBL, Bupati Alor, Amon Djobo, Dandim 1622 Alor Letkol. TNI Amir Syarifuddin, dan Kapolres Alor AKBP. Rahman Supriadi. 


Gubernur dan rombongan kemudian melaksanakan peninjauan loket pembayaran retribusi online, meninjau secara langsung sarana dan prasarana pasar mulai dari lapak - lapak penjualan hingga toilet umum. 


Dalam sambutannya Gubernur VBL menyampaikan kekagumannya pada keindahan Gedung Pasar Rakyat yang terletak dipesisir pantai Kadelang. 


"Pasar rakyat Kadelang ini sangat indah dari segi bangunan dan pemandangannya, oleh karena itu pasar ini tidak boleh salah dikelola, jika salah dikelola dampaknya bisa mencemari lingkungan. Kelola dengan benar dan jaga kebersihan agar dapat bermanfaat bagi kita semua," ujar Gubernur VBL

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi terkait penyelenggaraan KTT ASEAN di Labuan Bajo pada beberapa minggu yang lalu. "Kita patut berterima kasih kepada Presiden Jokowi atas penyelengaraan KTT ASEAN ke - 42 di Labuan Bajo, penyelengaraan ini berdampak pada seluruh Kabupaten di NTT, maka wajib menetapkan standar pelayanan yang berkelas internasional, menyediakan pangganan lokal, menetapkan standar pengelolaan sampah, pengelolaan drainase," paparnya.


"Saya harapkan Pemerintah Kabupaten Alor dan masyarakat mampu menerapkan standar ketertiban dan kebersihan yang baik,  jika tidak diterapkan dengan baik, kedepan hal ini dapat merusak ekosistem disekitarnya.  Masyarakat harus mampu meminimalisir  penggunaan kantong plastik dengan cara membawa tas belanja sendiri dan memanfaatkan  penggunaan anyaman keranjang dari daun pandan  lontar dan bambu yang lebih ramah lingkungan, menarik dan bernilai eksotik dibandingkan kantong plastik," kata beliau.


"Pelatihan dan edukasi perlu dilakukan terus menerus untuk mencapai perubahan, masyarakat perlu terus di dilatih, diawasi dan diteribkan untuk mencapai perubahan yang baik sehingga kedepan pasar ini dapat menjadi salah satu destinasi pariwisata di Kabupaten Alor," lanjut Gubernur VBL

Pada kesempatan yang sama Bupati Alor, Amon Djobo dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi NTT atas dukungan dalam pembangunan pasar rakyat ini. 


"Mewakili masyarakat kabupaten Alor, Kami menyampaikan  penghargaan dan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi NTT atas segala dukungannya hingga hari kita dapat resmikan Gedung Pasar ini," ujar Bupati Amon.


Untuk diketahui Pasar Rakyat Kadelang dibangun dalam kurun waktu dua tahun sejak tahun 2021 melalui dana APBD II Tahun Anggaran 2021/2022 dengan total anggaran Rp 25 Miliyar. Adapun Pasar ini terdiri atas 304 Lapak, 60 Kios rolling door, 20 Kios tanpa pintu, 8 Toilet, 1 Mushola, 1 ruang lapak ikan dan 1 ruang tunggu.(*)



Baca juga