HEADLINE

PERINGATI HUT KE-78 RI, PJ WALIKOTA KUPANG SAMPAIKAN TERIMA KASIH UNTUK KOLABORASI SEMUA ELEMEN

 

kupang;Jejakhukumindonesia.com,Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh, SH, menyampaikan terima kasih kepada semua elemen yang telah berkolaborasi mendukung Pemerintah Kota Kupang mewujudkan pembangunan dan meraih sejumlah prestasi. Ungkapan terima kasih tersebut disampaikan dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kota Kupang di Lapangan Upacara Kantor Wali Kota Kupang, Kamis (17/8/23) 


Terima kasih disampaikan kepada para RT, RW, LPM Kelurahan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga, aparat di tingkat kelurahan dan kecamatan, TNI-Polri, lembaga keuangan, instansi vertikal, organisasi para pengusaha dan kamar dagang, lembaga legislatif, para wakil rakyat, organisasi keagamaan, pemuka agama, pelajar, mahasiswa, pers, pedagang, tenaga kesehatan, petugas kebersihan, nelayan, petani, peternak dan semua pihak yang telah turut serta memberikan pikiran juga tenaganya demi Kota Kupang selama satu tahun masa jabatannya.    


“Momentum ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang ke 78 ini, saya mengajak seluruh masyarakat untuk terus bersama-sama membangun Kota Kupang yang lebih maju dan sejahtera. Selalu mensyukuri nikmat kemerdekaan yang telah dianugerahi oleh Tuhan, terus memiliki gelora semangat melanjutkan pembangunan dengan kerja-kerja kolaborasi demi satu tujuan, terus melaju untuk Indonesia maju,” ungkapnya.

Hadir dalam upacara tersebut Ketua DPRD Kota Kupang bersama para Wakil Ketua dan sejumlah Anggota DPRD Kota Kupang, Forkopimda Tingkat Kota Kupang, Perwakilan dari Danlanud El Tari Kupang, Perwakilan Danlantamal Kupang, Perwakilan Danlanudal, Perwakilan Komandan Satuan Brimobda Polda NTT, Kepala Bapelitbangda Provinsi NTT, Wakil Wali Kota Kupang Periode 2007-2012, Drs. Daniel Hurek, Sekretaris Daerah,Pj Ketua TP PKK Kota Kupang, Ketua Dharma Wanita Kota Kupang, Ketua FKUB Kota Kupang, Ketua KPUD dan Bawaslu Kota Kupang, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan Perbankan, Perwakilan dari Unicef, Pimpinan PLAN di Kupang, para Staf Ahli Wali Kota Kupang, Asisten Sekda dan para pimpinan perangkat daerah lingkup Kota Kupang, para camat dan lurah serta orang tua Paskibra Kota Kupang. Turut hadir para mahasiswa UGM yang baru saja menyelesaikan KKN di Kota Kupang beserta dosen pendamping. Hadir sebagai peserta upacara pasukan dari TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara, Anggota Polresta Kupang Kota, ASN dan PTT perwakilan dari masing-masing perangkat daerah Lingkup Kota Kupang serta perwakilan siswi-siswi SD dan SMP Kota Kupang. 


Selain ungkapan terima kasih yang disampaikan dalam upacara, sehari sebelumnya Penjabat Wali Kota telah menyampaikan sambutannya dalam rangka peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI yang disiarkan melalui chanel youtube resmi Pemkot Kupang. Dalam sambutan tersebut, George memaparkan sejumlah capaian yang diraih oleh Pemkot Kupang selama kurang lebih 1 tahun terakhir. 


Salah satu pencapaian yang diungkapkannya adalah tentang pengendalian inflasi. Menurutnya pemerintah kota kupang telah berhasil membangun semangat kerja kolaborasi dengan semua pihak dan berupaya melakukan berbagai upaya dalam rangka menekan laju inflasi hingga mencapai angka yang cukup moderat yaitu 3,94% dari rata-rata nasional sebesar 3,08% year on year dari Juli 2022 hingga juli 2023. Diakuinya walaupun angka tersebut terhitung masih di atas rata-rata nasional namun patut disyukuri sebab trend inflasi Kota Kupang telah menunjukkan adanya penurunan. 


Lebih lanjut dikatakan, berkat dinamisnya kemitraan dengan semua pihak, khususnya di bidang kesehatan, terkait dengan program orang tua asuh dibarengi dengan upaya masif dari perangkat daerah yang menjalin kolaborasi bersama Forkopimda, BUMN, lembaga keagamaan, organisasi lainnya prevalensi stunting di Kota Kupang bisa diturunkan menjadi 19%, menurun 2,5% dibandingkan tahun 2022 yang masih di angka 21,52%.


Selain itu George juga menyampaikan bahwa urusan kebersihan adalah salah satu prioritas yang menjadi perhatian pemerintah Kota Kupang. Oleh karenanya untuk mengurangi dampak lingkungan seperti sampah, pemerintah terus meningkatkan upayanya dengan melibatkan aparatur sipil negara sebagai local champion dan inspirasi bagi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Tanpa disadari, upaya tersebut menurutnya telah membuahkan hasil yang cukup signifikan, di mana angka kesakitan DBD dapat dikurangi dibandingkan dengan keadaan pada tahun-tahun sebelumnya

Menurutnya kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat juga digalang melalui pelaksanaan event-event budaya yang melibatkan seluruh unsur masyarakat di tingkat kelurahan dan kecamatan. Selain untuk melestarikan budaya juga dimaksudkan agar terjadi perputaran ekonomi dan memberikan kontribusi bagi kemajuan usaha kecil, mikro dan menengah (umkm) di Kota Kupang. Dia berharap dalam tahun ini juga serta tahun-tahun mendatang, event budaya akan dibuat dalam kalender event tetap serta menjadi branding Kota Kupang yang menarik wisatawan untuk berkunjung.


Mengakhiri sambutannya, Penjabat Wali Kota berpesan mengimbau semua elemen masyarakat memasuki tahun politik untuk terus menjaga suasana yang kondusif di wilayah masing-masing demi keharmonisan dan kedamaian hidup bersama yang sudah terpelihara selama ini. “Janganlah perbedaan politik membuat kita gampang terhasut isu-isu yang dihembuskan oleh oknum maupun kelompok-kelompok yang ingin memecah belah persatuan. Tingkatkan kewaspadaan agar ketenteraman dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara terus terjaga,” pesannya. (PKP)

Baca juga