HEADLINE

Pj. Gubernur NTT menjadi Pembina pada Apel Kesadaran ASN Lingkup Pemprov NTT

 

Kupang;Jejakhukumindonesia.com,Apel Kesadaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemerintah Provinsi NTT kembali dilaksanakan pada Selasa (17/10/2023), di Halaman Kantor Gubernur NTT.


Bertindak sebagai pembina apel, Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia G. L. Kalake, SH., MDC sedangkan sebagai pemimpin apel yakni Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Provinsi NTT drg. Lien Adriany, M.Kes. Hadir pula pada apel bersama ini, jajaran Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Pemprov NTT.


Pj. Gubernur dalam arahannya menyampaikan, pelaksanaan Apel Kesadaran bagi ASN Lingkup Pemerintah Provinsi NTT merupakan agenda bulanan yang bertujuan menggugah kesadaran akan tanggung jawab sebagai ASN.


“Kita telah mengetahui bahwa DPR RI bersama Pemerintah telah mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Revisi atau Perubahan UU ASN Tahun 2014 dalam sidang Paripurna DPR pada 3 Oktober lalu. Tujuan perubahan tersebut tentunya untuk mempercepat proses transformasi perwujudan birokrasi berkelas dunia yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat,” Jelas Ayodhia mengawali arahannya.


Lebih lanjut beliau mengungkapkan, sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan publik, ASN harus mampu menunjukan dan meningkatkan kinerja  dalam menyelesaikan persoalan  publik.


“Hal ini perlu dimulai dengan memupuk peningkatan  disiplin baik  waktu masuk atau keluar kantor dan terutama dalam menyelesaikan target kinerja yang telah ditetapkan.  Integritas diri hendaknya tetap dipegang teguh dalam menjalankan tugas sebagai seorang ASN,” Jelasnya.


Ayodhia mengungkapkan bahwa, ASN juga dituntut untuk kreatif dan berinovasi seturut dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dewasa ini.


“Kita harus terus meningkatkan kompetensi agar tercipta birokrasi yang transformatif, efektif dan efisien demi akselarasi pelayanan kepada masyarakat secara cepat dan mudah, dengan tetap menjunjung tinggi integritas dan akuntabilitas dalam bekerja.”


Selain itu, diperlukan Perencanaan yang terukur untuk mensukseskan semua program dan kegiatan yang telah kita susun perlu dibangun sinergitas dan kerja sama baik antar-ASN  dan  antar-OPD.


“Untuk itu pada momentum yang baik ini saya mengajak kita semua untuk mari kita, membangun kolaborasi, bekerja secara kreatif dan inovatif, serta menjaga kekompakan dan kesolidan dalam bekerja.”


“Saya juga kembali menghimbau kepada semua ASN untuk tetap menjaga netralitas, toleransi, dan keterbukaan pikiran kita, terutama saat memasuki tahun politik. Sebagai ASN, kita memang memiliki hak politik namun tetap dalam koridor ketentuan peraturan yang telah digariskan. Mari bekerja keras, cerdas dan tuntas sebagai bentuk pengabdian kepada Bumi Flobamorata untuk mewujudkan NTT Maju dan Sejahtera,” Ungkap Ayodhia.(*)



Baca juga