HEADLINE

350 Orang TNI-Polri Bersama Masyarakat Ikut Donor Darah Dalam Rangka Hari Juang TNI-AD di Makorem 161/WS

Kupang;Jejakhukumindonesia.com, 161/Wira Sakti menggelar Bhakti Sosial Donor Darah dalam rangka Hari Juang TNI AD ke-78 Tahun 2023, bertempat di Aula Sudirman Makorem 161/Wira Sakti, Jl. W.Z. Lalamentik Oebufu Kota Kupang, Rabu (13/12/2023.)


Kegiatan ini melibatkan tenaga kesehatan dari Denkesyah 09-04-01/Kupang yang di pimpin langsung oleh Dandenkesya Letkol Ckm.Purna Luberto, S.K.M, yang bekerjasama dengan PMI Provinsi NTT dan diikuti oleh seluruh Prajurit TNI-Polri PNS dan Persit KCK Koorcab Rem 161 PD IX/Udayana, Kodim 1604/Kupang, Brigif 21/Komodo, Satuan Brimob Polda NTT, Yonarhanud, Yonarmed, dan Balak Korem 161/WS serta Balak Aju Kodam IX/ Udayana.


Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H., M.M., yang di wakili oleh Kepala Staf Korem 161/Wira Sakti Kolonel Cpl. Simon Petrus Kamlasi pada saat membacakan amanat pada pembukaan kegiatan donor darah mengatakan, kegiatan donor darah yang diselenggarakan ini sebagai rangkaian dalam kegiatan Bhakti Sosial Donor Darah ini Memperingati Hari Juang TNI AD Tahun 2023, dengan penuh ketulusan dan keikhlasan.


"Pada kesempatan ini, saya atas nama Komando dan pribadi menyampaikan apresisasi dan ucapan terima kasih kepada PMI NTT dan seluruh komponen atas dukungan dan kerjasamanya, dalam penyelenggaraan kegiatan donor darah kali ini", katanya.


Kegiatan donor darah dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD tahun ini, dengan mengusung tema “TNI AD Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam untuk NKRI”, merupakan kegiatan kemanusiaan dan wujud kepedulian kita semua kepada masyarakat yang membutuhkan darah, serta membantu PMI NTT dalam menjaga ketersediaan darah.


Untuk itu, kepada para pendonor yang dengan suka rela dan tulus ikhlas menyumbangkan darahnya, saya ucapkan terima kasih. Ingat, setetes darah yang disumbangkan sangat berarti bagi keselamatan jiwa sesama kita yang membutuhkan. "Dan kepada para petugas medis  yang melayani kegiatan donor darah ini, agar melaksanakan tugas dengan penuh kesungguhan dan rasa tanggungjawab yang tinggi", ujarnya.


Disaat kegiatan berlangsung Dandenkesyah 09-04-01/Kupang Letkol Ckm. Purna Luberto, S.K.M, selaku koordinator Donor Darah menuturkan, pada pagi hari ini kita dapat melaksanakan kegiatan donor darah dalam rangka Hari Juang TNI-AD ini sasaran dari pengelengara tersebut kurang lebih ada 350 kantong dimana untuk peserta doror dari berbagai elemen baik dari TNI, Polri, dan masyarakat. 


“Kegiatan ini adalah wujud nyata TNI yang ikut berkontribusi banyak terhadap ketersediaan darah di Nusa Tenggara Timur (NTT) khususnya di Kota Kupang,” ujarnya.


Kemudian manfaat dari donor darah ini jelas sangat bermanfaat yaitu khususnya bagi masyarakat atau anggota dari TNI yang Membutuhkan darah karena informasi dari PMI kota Kupang bahwasanya stok darah saat ini sudah sangat berkurang sehingga sangat tepat untuk kegiatan. "Pada pagi hari ini kita melaksanakan donor darah dalam rangka untuk menambah stok darah yang ada di PMI kota kupang.” tutupnya.


Donor darah dalam rangka Hari Juang Kartika ke-78, jumlah peserta donor sebanyak 350 orang dan kantong darah yang berhasil dikumpulkan sebanyak 146 kantong diantaranya Golongan darah A 33 kantong, Golongan darah B 37 kantong, Golongan darah O 69 kantong dan Golongan darah AB 7 kantong.


Hadir dalam kegiatan ini, Kasrem 161/Wira Sakti Kolonel Cpl. Simon Petrus Kamlasi, Para Kasi Kasrem 161/Wira Sakti, Danbrigif 21/Komodo, Kasdim 1604/Kupang, para Dan/Ka Balak Aju Korem 161/WS, Persit KCK Koorcab Rem 161/Wira Sakti, serta Anggota TNI-Polri dan Masyrakat 350 orang ikut hadir.( *Penrem*)

Baca juga