HEADLINE

PERINGATI HUT PT. JASA RAHARJA KE 63 DIRUT RIVAN A. PURWANTONO BEBERKAN SEJUMLAH CAPAIAN DI TAHUN 2023

Kupang;Jejakhukumindonesia.com,Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun(HUT) PT. Jasa Raharja ke 63, Rivan A. Purwantono Selaku Direktur utama membeberkan Sejumlah capaian selama ini dalam amanatnya yang di bacakan. 


Amanat Direktur Utama PT. Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono menyebut penguatan tim Pembina samsat dalam melaksanakan program relaksasi pajak kendaraan bermotor di 29 Cabang, serta Upaya penegakkan hukum yang lahir dari komitmen bersama Tim Pembina Samsat melalui :

- ST Kapolri No. ST/1528/VII/YAN.1.2/2023 tanggal 13 Juli 2023 tentang Jukrah Komitmen Tim Pembina Samsat dan;

- ST Kapolri No. ST/1789/VIII/YAN.1.2/2023 tanggal 10 Agustus 2023 tentang Jukrah Pengawasan dan Penertiban terhadap Pengesahan STNK Tahunan /Pembayaran PKB.


Kolaborasi dengan 916 merchant

adalah simbol apresiasi kepada para wajib pajak yang taat dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor.

Pelaksanaan operasi gabungan di 29 Cabang Dimana 75.681 kendaraan terjaring dan sebesar 3,87 Miliar jumlah penerimaan SW yang di peroleh karena adanya Operasi Gabungan.


Penguatan database kendaraan yang terlibat laka, dimana sejumlah 20.464 kendaraan laka yang didata oleh cabang, 75,90% dari jumlah tersebut atau sebesar

15.532 kendaraan laka yang telah lunas PKB/SW.

Kolaborasi dengan BUMN dan instansi lainnya dalam Upaya optimalisasi penerimaan Sumbangan Wajib. Tercatat 272 cabang BUMN yang telah dilakukan kolaborasi.


Selain itu, di sisi lain dalam Bidang Pelayanan, PT Jasa Raharja telah berkolaborasi, bersatu dengan para stakeholder untuk menyuguhkan pelayanan santunan dan pencegahan kecelakaan dengan focus socio engineering. Diantaranya adalah :

Penguatan Hukum melalui surat Dewan Jaminan Sosial Nasional No. 883/DJSN/XI/2023 tentang Kesimpulan Rapat Pembahasan Penjaminan Korban Kecelakaan Lalu Lintas atas terbitnya Kepdir PT Jasa Raharja No. KEP/132/2023.


Forum Komunikasi Lalu Lintas yang senantiasa melakukan analisis dan evaluasi bersama 5 pilar keselamatan dan stakeholder terkait di 29 Cabang dan 63 Perwakilan.


Upaya melibatkan tenaga pengajar/dosen dalam memberikan pesan keselamatan secara berkala dan berkesinambungan untuk membentuk budaya masyarakat yang berkeselamatan di lingkungan pelajar dan mahasiswa, serta konten-konten safety campaign di WA/SMS Blast dan media sosial.


Serta peluncuran buku Diagnosis Cedera, Formularium dan Kompendium Medis Nasional Jasa Raharja (DC-FKMN-JR) yang dibentuk oleh tim Medical Advisory Board (MAB) sebagai petunjuk teknis terhadap implementasi biaya perawatan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang menangani korban kecelakaan lalu lintas.

Insan Jasa raharja yang saya cintai,transformasi komunikasi merupakan sebuah mahakarya yang membawa dampak positif yang cukup signifikan. Seluruh kegiatan korporasi bersama stakeholder dan seluruh konten safety campaign disajikan secara massif melalui berbagai media. Dampak positif tersebut dapat dilihat dari : Capaian skor agenda setting sebesar

17.066.224 dan berada pada peringkat ke 6 dari seluruh BUMN.

Peningkatan kepatuhan masyarakat

dari 39% menjadi 54,91% di tahun 2023.


Tidak hanya itu, dampak transformasi komunikasi juga terlihat pada penurunan fatalitas laka di Indonesia. Jumlah santunan MD dan korban MD menurun selama tahun 2023. Hal ini mencerminkan efektivitas dari setiap informasi publik yang telah disampaikan.

Melihat dari kacamata pendapatan, data sementara per 31 Desember pukul 14.35, tercatat :

Jasa Raharja mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 2,73% (unaudited). Dengan pertumbuhan sektor Iuran Wajib yang signifikan sebesar 19,88% ( Unaudited)


Meskipun di sektor Sumbangan Wajib, mengalami pertumbuhan negatif sebesar 0,19% (Unaudited).


PT Jasa Raharja telah merangkul era inovasi dengan mengembangkan solusi Big Data yang revolusioner melalui berbagai dashboard. Dengan kearifan ini, perusahaan tidak hanya menyimpan data, tetapi juga mengartikulasikan setiap aspek operasionalnya dalam visualisasi yang mendalam dan terukur. Melalui dashboard tersebut, PT Jasa Raharja berhasil membawa transparansi dan keterbukaan dalam berbagai keputusan strategis. Informasi yang tersaji secara real-time melalui platform ini memberikan pemahaman yang mendalam kepada pengambil keputusan, mempercepat analisis data, dan mengidentifikasi tren untuk memberikan pandangan yang jelas dan cepat. Dengan pendekatan ini, PT Jasa Raharja bukan hanya memasuki era Big Data, tetapi juga mengepakkan sayap ke arah masa depan yang terdigitalisasi.(*)

Baca juga