HEADLINE

Pos TNI di Motain Sambangi Warga Yang Sakit, Ini Yang Dilakukannnya

 


Belu NTT;Jejakhukumindonesia.com,Satgas Pengamanan Perbatasan RI – RDTL Sektor Timur senantiasa memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat binaannya seperti yang dilakukan anggota kesehatan Pos Motain Kipur I di Dusun Motaain Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur, Rabu (29/9/2021).

Dua orang anggota kesehatan Pos Motain mendatangi rumah salah seorang warga Ny. Wagira (44 tahun) yang sedang sakit demam disertai batuk. Setelah dilakukan pengecekan, Ny. Wagira kemudian diberikan obat dan diminta untuk istirahat.

Menurut Danpos Motaain Sertu Suwandi, sebelum anggota kesehatan datang kerumahnya, anak dari Ny. Wagira datang ke pos karena memang sering main ke pos dan menceritakan kalau ibunya sedang sakit di rumahnya.

Mendapat informasi tersebut, kata Suwandi, anggota kesehatan langsung mendatangi rumah Ny. Wagira untuk memberikan pengobatan seperti yang diberikan kepada warga lainnya.

“Ny. Wagira ini merupakan pemilik warung didepan Pos Motaain dan setiap hari anggota juga sering belanja di warungnya, jadi sudah kenal baik,” terangnya.

Terpisa, Komandan Yonif 742/SWY Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro disela-sela kesibukannya di Mako Satgas Kelurahan Umanen Kecamatan Atambua Barat memberikan apresiasi atas kesigapan personelnya dalam membantu masyarakat terutama warga yang sedang membutuhkan pertolongan.

Terkait dengan pelayanan kesehatan, sambungnya, tidak hanya dilakukan oleh Pos Motaain, namun juga dilakukan oleh seluruh pos jajaran Satgas Pamtas Sektor Timur termasuk Mako Satgas.

“Apabila ada warga yang sakit silahkan menghubungi pos atau langsung datang ke Mako Satgas, in syaa Allah pasti dibantu. Namun jika memang harus mendapat perawatan khusus, maka akan diarahkan ke Puskesmas terdekat atau rumah sakit sehingga segera bisa sembuh dari penyakit yang diderita,” papar Bayu Sigit.

Selain memberikan pelayan kesehatan, personel Satgas Pamtas Yonif 742/SWY juga memberikan pelayanan sunatan gratis baik di pos maupun di Mako Satgas. 

“Ini sengaja dilakukan sebagai wujud pengabdian Prajurit Wira Yudha Sejati kepada keluarga kita yang kurang mampu ataupun membutuhkan dengan harapan terciptanya hubungan emosional dan keharmonisan antara masyarakat dengan personel pos,” harapnya.

Orang nomor satu di jajaran Yonif 742/SWY itu juga mengimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan mengingat masih adanya ancaman virus corona (Covid-19) dan pergantian musim dengan menjaga imunitas tubuh melalui olahraga, konsumsi makanan bergizi, menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta istirahat yang cukup.

“Jangan lupa terapkan protokol kesehatan Covid-19 dan tetap berdoa,” tutup pria yang hobby fitness tersebut.(ew)

Baca juga