HEADLINE

GURÙ DAN PESERTA DIDIK SMAN I LEWA IKUTI BIMTEK MENULIS YASPENSI

 


wàingapu;Jejakhukumindonesia.com,Sebanyak 45 guru dan 25 peserta didik SMAN 1 Lewa Kabupaten Sumba Timur mengikuti Bimbingan Teknis Penulisan Kreatif dan Karya Tulis Ilmiah yang digelar oleh Yayasan Pustaka Pensi Indonesia (Yaspensi) dalam kerja sama dengan MKKS SMA Kabupaten Sumba Timur dan sekolah setempat.

Kegiatan tersebut berlangsung secara tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, juga secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Kamis – Sabtu, 14 – 16 Oktober 2021.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua MKKS SMA Kabupaten Sumba Timur, Nimrot Ndjukambani, S.Pd., didampingi Plt. Kepala SMAN 1 Lewa, Asri Mbangi Bangar, S.Pd.

Hadir dalam pembukaan ini, Ketua Yaspensi, Marianus Seong Ndewi, S.Pd., M.M., para guru, peserta didik, dan tim narasumber Yaspensi.
Dalam arahannya ketika membuka kegiatan, Ketua MKKS SMA Kabupaten Sumba Timur, Nimrot Ndjukambani, S.Pd., mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksakanan sebagai implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan Gerakan Literasi Nasional (GLN), serta Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

“Kita mempersiapkan peserta didik sebagai generasi emas 2045, dimana ketika itu mereka ini yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan. Persiapan seperti ini sangat penting mengingat di tahun itu akan ada banyak tantangan,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan akan peran penting guru sebagai penggerak utama literasi dan pendidikan karakter di lingkungan sekolah. Guru, tegasnya, perlu meningkatkan kualitas dirinya agar bisa tampil sebagai penggerak bagi peserta didik.

Sementara itu Plt. Kepala SMAN 1 Lewa, Asri Mbangi Bangar, S.Pd., menyampaikan terima kasih kepada tim Yaspensi yang telah bekerja sama dengan MKKS SMA Kabupaten Sumba Timur untuk membekali para guru dan peserta didik dengan berbagai materi dan pengalaman di bidang menulis.

Dirinya berharap dari kegiatan ini para guru dan peserta didik dapat memperoleh banyak ilmu dan dapat menerapkannya dalam proses belajar.

Kegiatan berlangsung tertib dan lancar. Selama tiga hari peserta dibekali dengan berbagai materi dan pengalaman serta praktik menulis dari tim narasumber Yaspensi yakni, Dr. I Wayan Artika, S.Pd., M.Hum., Robertus Fahik, S.Fil., M.Si., Robertus Elyakim Lahok Bau, S.Fil., dan Saverinus Suhardin, M.Kes.(jh*)

Baca juga