HEADLINE

HUT GEREJA ELIM BOLOK YANG KE SERATUS TAHUN DAN PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN GEREJA OLEH GUBERNUR

 

BOLOK;Jejakhukumindonesia.com,Gereja GMIT Elim Bolok merayakan hari jadinya yang ke-100  dengan ibadah syukur bersama Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Ketua DPRD NTT Emilia Nomleni, Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe.


Ketua Panitia Pelaksana HUT Gereja Elim Bolok, Alberto Tauk kepada media ini, menjelaskan bahwa dirinya sangat bersyukur karena semua kebutuhan dari sisi anggaran telah terpenuhi selama 4 bulan panitia bekerja. 


" baru sekitar empat (4) bulan  kami bekerja dan puji Tuhan semua yang kami butuhkan baik dari sisi anggaran maupun semua kegiatan-kegiatan dapat dipersiapkan dengan baik" Ungkap ketua panitia hut.


"Ia juga menyampaikan terimakasih kepada para pemimpin daerah dan tamu undangan yang turut hadir dalam HUT Gereja Elim Bolok yang ke-100. 

"Saya selaku ketua panitia beserta seluruh teman-teman dan juga seluruh jemaat mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, yang telah meluangkan waktu untuk hadir dan memberikan semangat kepada kami "Ucapnya


Adapun kegiatan-kegitan yang disediakan panitia, seperti lounching buku sejarah Gereja Elim Bolok yang ke-100,  peletakan batu pertama  untuk pembangunan gedung, penyerahan diakonia  bagi anak yatim, Lanjut Usia(Lansia) dan juga tenaga operator di sekolah Gmit Elim Bolok.


" Kami merasa bahwa sekolah gmit itu awal darimana gereja hadir karena awal gereja hadir direkrut dari sekolah SD GMIT sehingga kami fokus dengan kegiatan yang sudah kami susun" Pungkasnya.


" Lanjut Alberto, Adapun kendala- kendala yang dialami panitia selama melaksanakan tugas untuk pembangunan. 

"Kami panitia sangat bekerja keras, karena kami panitia kali ini perempuan yang lebih banyak dari  laki-laki seperti yang dijelaskan bapak Gubernur bahwa kedepan pemimpin itu perempuan mungkin kami jemaat Elim bolok kedepan perempuan bisa lebih bersemangat dari kita laki-laki" Harap ketua panitia HUT sambil mengulang perkataan Gubernur.

Lebih lanjut, ketua panitia pembangunan Gereja Elim bolok, Semi Christian Lasi, menambahkan bahwa pada prinsipnya sebagai panitia pembangunan gereja ini, maka semua berjalan Sesuai dengan target, 100 tahun  adalah peletakan batu pertama, tetapi para panitia melakukan penyelesaian dalam kurung waktu delapan bulan sudah selesai.


" yang mana dengan cara bagaimana mengambil dana dari masyarakat sekitarnya dan berusaha mencari alternatif lain untuk menyelesaikan pembangunan gereja ini" Jelasnya


Disampaikan, kedepan agar supaya jemaat beribadah dengan nyaman, jemaat tetap bersatu dan tidak bisa dipisahkan oleh apapun Sampai   maut yang  memisahkan kami.


LanjutSemi Jemaat yang  paling banyak yang sekitaran ini adalah wilayah Bolok dan wilayah nitneo , sedangkan jemaat pendatang  hanya sebagian kecil saja. Selama melakukan liturgi di gereja  banyak  menggunakan bahasa daerah  dan pada hari raya besar di dalam gereja semua etnis dipakai. Dan peraturan  tata ibadat dalam gereja tetap dari sinode, tetapi adapun yang menggunakan bahasa adat yakni Bolok" Jelasnya


"Oleh karena itu, Lanjut Sem Lasi, sejauh ini semua kegiatan berjalan dengan baik, namun, adapun gejolak  sedikit yang terjadi tetapi itu merupakan suatu hal yang sudah menjadi kebiasaan. 


"Yang biasa yang terjadi di dalam suatu organisasi pemerintah maupun organisasi  gereja hal tersebut merupakan suatu hal yang biasa terjadi" Ujar Sem. 

 

Suara gembala pdt. Dr,Merry Kolimon mengatakan Sehubungan dengan perayaan hari ulang tahun gereja elim bolok ke 100 tahun tidak lepas dari Sekolah Dasar Gmit Bolok karena itu sebelumnya dia meminta agar Guru dan siswa SD Gmit Bolok harus hadir dalam acara ini karena perayaan sesungguhnya yang di rayakan adalah tentang merayakan 100 tahun peradaban masuk ke bolok melalui pendidikan." sebut pdt. Kolimon.


" pada kesempatan yang sama Gubernur NTT Victor Bungtilu Laiskodat menyampaikan sebagai pemerintah pihaknya ikut dalam semangat kolaborasi untuk membangun SUMBER DAYA MANUSIA oleh karena itu Gubernur mengharapkan kolaborasi ini dapat di lakukan tahapan tahapan mengaplikasikan untuk dapat dilakukan dengan baik dan gereja merupakan salah satu lembaga yang menghasilkan sekolah dan dapat menghasilkan SDM yang sangat luar biasa. " sebut VBL.

" Lanjut Gubernur gereja injil di timor( GMIT) berperan penting dalam dalam mendorong SDM yang luar biasa dan terbukti dirinya menjadi hebat karena itu adalah  OUTPUT dari  pendeta gereja masehi injil di timor (GMIT) ."jelasnya.  

"turut hadir dalam acara ini: Gubernur NTT, Ketua DPRD provinsi NTT, Wakil Bupati kupang,  Ketua Gmit Sinode, Unsur TNI dan polri , Camat kupang barat, serta tamu undangan lainnya.(jh)

Baca juga