HEADLINE

WaliKota Kupang Minta Gereja Terus Perkokoh TaliKasih Kerukunan Umat Beragama di Kota Kupang

 

KOTA KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH, membuka Musyawarah Kerja Daerah Gereja Anugerah Bethesda Provinsi NTT  Tahun 2022, Selasa (21/6). Mukerda berlangsung  di Gereja Anugerah Betheseda (GAB) Jemaat Zaitun, Kelurahan Maulafa, Kota Kupang. Hadir dalam pembukaan Mukerda  tersebut Ketua Majelis Daerah GPDI NTT, Ketua Majelis Daerah GPPS NTT, Ketua Majelis Daerah GBIS NTT, Ketua PGPI Provinsi NTT, Ketua PGPI Kota Kupang serta Hamba-hamba Tuhan Gereja Anugerah Bethesda NTT. Turut mendampingi Wali Kota, Camat Maulafa Matheus A.B.H. Da Costa  S.Sos.,M.Si , Lurah Maulafa Yanto E. Sapay, SE,  serta Kasubag Protokol Setda Kota Kupang, Andi  A. Akbar, S.IP.,MM.

 

Wali Kota Kupang dalam sambutannya menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya  kepada gereja-gereja atas dukungan dan kontribusi yang luar biasa bagi Pemerintah Kota Kupang selama ini. Menurutnya, banyak bukti bahwa Gereja menjadi lembaga yang selalu setia berada bersama dengan pemerintah. Ketika Kota Kupang dilanda covid-19, Gereja menunjukkan perannya terutama dalam melaksanakan protokol kesehatan termasuk membantu mendorong partisipasi masyarakat dalam vaksinasi serta sigap dalam penanggulangan bencana hingga memberikan bantuan kepada jemaat yang terdampak bencana. “Keberhasilan pelaksanaan vaksinasi di Kota Kupang adalah bukti bahwa gereja sukses menjadi salah satu garda terdepan bersama Pemerintah dan stakeholder lainnya dalam membangun kemitraan. Gereja juga ikut membantu dalam penanggulangan bencana Seroja yang melanda April 2021 lalu”, ungkapnya. 

"Menurutnya, kesamaan gerak dalam pelayanan untuk bagaimana melayani warga masyarakat Kota Kupang yang juga adalah umat inilah yang menurutnya membuat pemerintah merasa didukung penuh oleh Gereja. 


Selain itu, ditambahkan Wali Kota, gereja turut terlibat langsung dalam program Pemerintah Kota Kupang baik dalam peningkatan infrastruktur maupun dalam aksi tanam pohon yang menjadi salah 1 misi pembangunan Pemkot, Kupang Hijau.

 Gereja-gereja di Kota Kupang aktif memberikan masukan terkait data calon penerima manfaat program bedah rumah dan juga ikut dalam aksi tanam pohon yang diselenggarakan pemkot. Menurutnya tanpa dukungan dari lembaga-lembaga keagamaan seperti yang ditunjukkan gereja, Pemerintah tentunya mengalami kendala dalam menyukseskan berbagai kebijakan dan program prioritas yang sudah dicanangkan.

Menutup sambutannya Wali Kota Kupang, yang akrab disapa Jeriko itu sekali lagi menyampaikan apresiasi kepada Gereja atas semua dukungannya bagi pemerintah Kota Kupang. “Kami memaknai undangan ini sebagai penghargaan yang penting bagi Pemerintah Kota Kupang,  karena dengan keterlibatan kedua belah pihak di berbagai kesempatan telah memberi arti terhadap hubungan yang sudah terjalin antara gereja dengan pemerintah yang semakin erat dan saling mendukung”, tambahnya. Dia berharap selain menghasilkan program-program kerja untuk memperkuat visi - misi gereja, musyawarah kerja Daerah juga diharapkan mampu menghasilkan program-program yang mendorong dan memperkukuh kerukunan umat beragama di Kota Kupang. Wali Kota Kupang juga mengajak Gereja sebagai salah satu komponen yang strategis di tengah-tengah masyarakat untuk terus mengembangkan kerja sama dengan pemerintah. 

Ketua Panitia Penyelenggara Mukerda GAB Tahun 2022,  Pendeta Helmy Ndun, S.Th.,M.Pd.,M.Th,  dalam laporannya menjelaskan Mukerda tersebut akan  berlangsung pada tanggal 21 Juni 2022 mulai jam 08.00 WITA sampai dengan pukul 18.00 WITA dan diikuti oleh para pendeta, pendeta muda dan pendeta pendamping yang berjumlah 30 orang peserta. (PKP)

Baca juga