HEADLINE

KADIS NAKERTRANS KABUPATEN KUPANG RESMIKAN GEDUNG BLKK SEKOLAH LANJUTAN ADVENT NUSRA KUPANG NTT

 OELAMASI;Jejakhukumindonesia.com,Kepala Dinas(Kadis) Nakertrans Kabupaten Kupang, Kristian Koro Menghadiri acara peresmian gedung balai latihan kerja komunitas(BLKK) Sekolah Lanjutan Advent Nusra di Desa  Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, NTT.


Dalam sambutan, Kadis Nakentrans Kabupaten Kupang, Kristian Koro yang mewakili Bupati Kupang, menyampaikan bahwa lewat momentum hari sumpah pemuda yang selalu di peringati pada tanggal 28 Oktober, menjadi salah satu semangat yang sangat luar biasa bagi para generasi Bangsa Indonesia khususnya generasi-generasi yang ada di Sekolah Lanjutan  Advent Nusra.


"hari ini saya diminta oleh Bapak Bupati Kupang untuk mewakili pemerintah kabupaten kupang dalam peresmian gedung di Sekolah Lanjutan Advent Nusra ini, pertama-tama saya sampaikan bahwa kita masih dalam semangat hari sumpah pemuda, yang dimana, kita selalu memperingati di tanggal 28 Oktober" Katanya 


Disampaikan, atas nama pemerintah Kabupaten Kupang dan Masyarakat Kabupaten Kupang menyampaikan apresiasi dan rasa terimakasih  kepada yayasan Gereja Advent yang sudah memperjuangkan kehadiran gedung Balai Latihan Kerja Komunitas( BLKK) di  Sekolah Lanjutan advent Nusra.


Dikatakan, Lanjut Kristian, dalam catatan pemerintah Kabupaten Kupang, BLKK adalah Komunitas bagian ketiga. 


tetapi, Jelasnya, sebagai Kadis Nakentrans Kabupaten Kupang, turut berbangga atas capaian yang dilakukan oleh komunitas BLKK.


"yang pertama bisa pelatiahan peresmian gedung dan ini pertama kali, memang ada satu yayasan yang dapat pembangunan atau gedung dan sekarang ada satu lagi dari gereja yang dapat fasilitas pelatihan yang di sebut Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) dan barangnya sudah ada" Sebutnya 


Ia berharapa agar kedepanya, Gedung Sekolah Lanjutan  Advent Nusra  mampu berkarya dan terampil sesuai dengan kemajuan tekhnologi. 


"Saat ini kita ada dalam posisi masa sulit, selama 3(tiga) ini, kita dalam posisi covid-19 dan dampaknya masih terasa sampai sekarang" Bebernya


Ia mengatakan bahwa dengan kehadiran Komunitas BLKK mampu mendeskripsikan dan membangun jenis-jenis ITE sebagai tempat untuk membangun jaringan pemasaran. 


"jadi kalau ada kelompok-kelompok produksi yang ada, setiap desa mampu bekerja sama dengan BLKK ini" Timpalny

Sementara itu, Direktur BLKK, Christin Yustianti Serang. S.si ,dalam keterangannya kepada media ini ia  menjelaskan bahwa, BLKK ini dibentuk untuk melatih atau membina para pencari pekerjaan untuk mencapai komotensi sehingga menjadi modal dasar untuk para alumni dari Sekolah Lanjutan Advent Nusra.


"Tujuan dibentuk BLKK ini adalah untuk melatih para pencari kerja agar mencapai tujuan yang kita inginkan" Ungkapnya


Dijelaskan, sebelum memasuki uji kompetensi dalam mengoperasikan komputer, mereka harus dibekali dengan pengenalan alat-alat pada komputer itu sendiri

"salah satu yang kami selenggarakan sekarang yaitu bagaimana mereka menguasi office,world, power Point yang sering dipakai" Jelasnya


Disebutkan, sebelum diterima di BLKK, para peserta harus mendaftarkan diri terlebih dahulu di Sisnaker."sebut christin yang juga kepsek SMK Advent Noelbaki kupang. 


"sementara ini baru 16 peserta, tapi sebelum diterima di BLKK, peserta terlebih dahulu mendaftarkan di sisnaker" Pintanya


Ia menjelaskan bahwa, peserta yang akan mengikuti pelatihan tersebut diharapkan agar kedepan mampu  membuka lapangan pekerjaan.


"jadi ini angkatan pertama dan Pelatihannya selama satu bulan, sehingga peserta diminta untuk mampu membuka lapangan pekerjaan" Harapnya


"jadi ini terbuka untuk umum, bahkan ada yang dari Noelbaki dan Kota Kupang" Tambahnya

Ia berharap, dengan adanya gedung BLKK di Sekolah Lanjutan  Advent Nusra tersebut dapat membantu masyarakat dan para alumnus dari Sekolah Lanjutan Advent Nusra sehingga meningkatkan kompetensi khususnya dibidang ITE. 


"harapanya, alumnus ini mendapatkan pekerjaan, itu pointnya, sehingga mengurangi tingkat pengangguran Sesuai dengan misi kabupaten kupang, Mewujudkan Masyarakat maju dan mandiri Serta Sejahtera,untuk itu semua proses pelatihan ini dapat berjalan dengan baik dan parah peserta pelatihan dapat menjadi kebanggaan kabupaten kupang bersama bisa mengelola Negara kita dengan baik dan merai cita cita yang berguna bagi bangsa dan diri sendiri.


 Mewakili Ketua Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Daerah Nusa tenggara  Pdt. Ishak Mese Mnahonin. S.FIL, Menyampaikan hadirnya BLKK kami merasa bangga dan terimakasih kepada Pemerintah pusat,provinsi dan kabupaten yang telah memberikan kepada kami satu  BLKK di kampus ini Sekolah Lanjutan Advent Nusa Tenggara, dan ini adalah satu kebanggaan dan perhatian pemerintah terhadap pendidikan masa depan anak bangsa. " Ungkap pdt.ishak

 Turut hadir dalam acara tersebut adalah, Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten kupang, Direktur BLKK Sekolah Lanjutan Advent Nusra, Kades Noelbaki, Babinkamtikmas desa Noelbaki, pdt. Ishak Mese Mnahonin S.FIL. Insan pers, Serta undangan lainnya.(*jh)

Baca juga