HEADLINE

SEMIN R POLIN KADES TERPILIH PIMPIN DESA KUANHEUN PERIODE KETIGA 2O22- 2O28

OELAMASI;Jejakhukumindonesia.com,Desa Kuanheun adalah salah satu Desa Pinggiran yang berada di kecamatan kupang barat Kabupaten kupang NTT, dari 12 desa/ kelurahan ada 5 desa yang mengadakan pemilihan Kepala desa ,salah satunya adalah Desa Kuanheun. 


Pemilihan kepala desa di Desa Kuanheun  Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang ProVinsi Nusa Temggara Timur (NTT) berjalan sangat ketat, Dalam pemikihan tersebut kandidat dengan nomor urut 2 memenangkan pertarungan Pilkades di Lima dusun dengan perolehan suara 639 dan kandidat nomor urut I dengan perolehan suara 387 dari jumlah pemilihan dari dusun I sampai dusun V dengan total suara 1037, dan dengan jumlah suarah sah 1026 dan suara tidak sah 11.

 "Pemilihan berlangsung di halaman kantor Desa Kuanheun pada, Senin (7/11/2022) tepat pukul 8.00 WITA sampai selesai pukul 20.00 WITA malam. 


Ketua panitia yang ditemui media ini   menyampaikan terima kasih atas partisipasi masyrakat yang telah mengikuti dan menyuseskan pesta demokrasi pemilihan kepala desa dari awal sampai dengan akhir dan semuanya berjalan lancar dan aman menjaga keamanan dan ketertiban,Kepada Babinsa dan Kamtibmas Polri serta Polisi Pamong Praja serta peran hansip di Desa Kuanheun turut partisipasi menjaga keamanan sehingga semua tahapan berjalan dengan baik sesuai dengan harapan."jelas ketua panitia.

Hasil perhutungan suara akan ditandatangani oleh ketua panitai, Plt desa Kuanheun dan Kedua kandidat selanjutnya akan diserahkan kepada  Pemerintah Kecamatan dan akan diteruskan ke pemerintah Kabupaten dalam hal ini dinas terkait."sebutnya.


Sementara itu pejabat kepala Desa Kuanheun menyampaikan terima kasih kepad panitia , BPD  dan anggota , Babinsa, Babinkamtibmas dan Pol PP serta masyarakat yang menjaga keamanan dan ketertiban sampai acara ini selesai dengan baik dan aman."ungkapnya. 


"Kita percaya proses demokrasi tertinggi di desa adalah pemilihan kepala Desa dan hari ini masyarakat desa Kuanheun dengan antusiasnya telah menentukan pilihan kades untuk Enam tahun kedepan,Untuk masyarakat desa yang sudah kita ketahui hasilnya  bersama,dan Secara Politik Masyarakat Sudah dewasa. "ujarnya.

Untuk itu Semuanya berjalan dengan baik dan  transparan serta tidak mengecewakan, mari kita satu hati satu tekad untuk  kemajuan Desa Kuanheun", tegasnya.

Sementara itu kandidat pemenang dengan nomor urut 2 saat ditemui media ini Ia mengatakan, bahwa secara pribadi saya mengapresiasi panitia pemilihan kepala desa Kuanheun tahun 2022-2028 dimana teman teman panitia bekerja luar biasa.

"walupan dengan Anggaran yang sangat terbatas bahkan mereka juga harus berlelah lelah tanpa didukung dengan anggaran yang cukup tetapi dengan semangat juang  karena cinta desa ini walaupun upahnya kecil pemilihan kepala Desa Kuanheun tetap diadakan." sebut kades terpilih. 


Tahapan demi tahapan mulai dari  pengumuman samapi dengan hari ini bagi sya secara pribadi sudah sangat transparan,bahkan yang sangat rumit mulai dari DPS sampai DPT sangat terbuka. 


Kami dua calon yang bertarung di hari ini dan saya menyampaikan terimakasih kepada  masyarakat yang telah berpartisipasi  dalam pemilihan ini. Saya yang masih dipercayakan untuk memimpin desa ini, diperiode yang ketiga ini dan saya akan bekerja secara maksimal bagi kepentingan masyarakat kedepannya." ungkapnya. 


Secara pribadi saya sangat mengapresiasi teman-teman panitia yang telah bekerja secra maksimal dan juga Anggota BPD bersama jajarannya yang telah memberikan kepercayaan penuh kepanitia untuk bekerja dengan tranparan dan terbuka."ujar kades terpilih. 

"Saya dalam kampanya kurang lebih tiga bulan telah merencanakan Tujuh  kebijakan dan 38 program yaitu di bidang Pemberdayaan, pertanian ,peternakan, perikanan dan pariwisata serta beberapa program lainnya

"yang akan menjadi icon atau menjadi pasar Desa Kuanheun karena tanpa pasar  mungkin sektor perikanan, partanian dan peternakan serta pariwisata tidak jalan,Karena itu saya sudah sampaikan lewat visi misi dan salah satu moto saya yaitu program "maka meting (menuju kuanheun mandiri dan sejahtera)", tegasnya. 


"Jadi selama Enam tahun pertanian lebih intensif kepada tanaman holtikultura yang selana ini kita tanam di musim hujan dari bulan Desember  sampai bulan April sementara bulan Mei sampai Desember masyarakat Sangat tidak menghasilkan apa-apa.


Kita punya potensi lahan yang luas tetapi kekurang air, karena itu langkah strategis yang akan dilakukan adalah membangun sumur bor. Kita sudah uji coba pada periode kemarin namun terhenti karena adanya Covid-19 sehingga semua anggaran dialihkan untuk refokusing  guna pencegahan virus tersebut dan bantuan langsung tunai (BLT)."urainya. 


Kalau tahun ini dana tidak alihkan lagi kita lebih intensif ke pertanian khusunya holtikultura sehingga mulai dari bulan Mei sampai Desember masyarakat tetap beraktifitas. Jadi target kita mulai dari Bulan Desember  sampai kembali ke Desember siklus pertanian tidak putus. Saya yakin ke depan kita akan lebih mandiri dan sejahtera."harapnya.


Bidang peternakan ada program yang sudah kita rencanakan,Tahun kemarin sudah kita coba mengadopsi program bapak Bupati Kupang yaitu revolusi 5P salah satunya peternakan.

" Saat ini kita telah menanam lantoro 20 Ha dan itu sudah berhasil, Tahun ini walaupun covid-19 tetapi karena kita dapat bonus kinerja karena penggunaan Dana desa tepat waktu, perencanan dana pelaporan tepat waktu kita diberi bonus sebesar Rp 250 juta.

Dana tersebut kita mengadakan pengadaan sapi  kurang lebih 13 ekor dengan harapan kita akan memgambil keuntungan dari penjualan tersebut untuk PAD desa kuanheun dan menambah kebutuhan perekonomian masyarakat di desa kuanheun. 


Selanjutnya kades terpilih menambahkan wujudkan desa kuanheun tanpa kemiskinan,tanpa kelaparan, layak air bersih, dan sanitasi, berenergi bersihterbarukan, dan Infrastruktur serta Inovasi sesuai dengan kebutuhan. "tutup Semin Polin S.Pd kades terpilih untuk ketiga kalinya. (jh)


Baca juga