HEADLINE

Diduga Penggunaan Dana Hibah KONI Ende Rp 1 M Tak Dapat Dipertanggungjawabkan

 

Ende;Jejakhukumindonesia.com,Diduga dana hibah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ende untuk Komite Olah Raga Nasional (KONI)  Ende sekitar Rp 1 Milyar yang diperuntukkan bagi pembinaan dan pengembangan olahraga tidak dapat dipertanggungjawabkan. Hingga tanggal 27 Desember 2022, Surat Pertanggungjawaban (SPJ) dari KONI Ende belum diterima oleh Pemkab Ende.


Berdasarkan informasi yang dihimpun dari investigasi Tim Media ini di Ende, Pemkab Ende mengucurkan bantuan dana Hibah kepada KONI Ende sekitar Rp 1 Milyar pada tahun 2022. Alokasi Dana Hibah tersebut antara lain digunakan untuk pembinaan cabang olahraga (Cabor) sekitar Rp 200 juta; dan sekitar Rp 300 juta untuk kegiatan Piala Soeratim Cup; juga diperuntukkan sekitar Rp 500 juta untuk membiayai keikutsertaan Perse Ende di Piala El Tari Memorial Cup (ETMC) di Kabupaten Lembata. 


Diduga penggunaan dana tersebut tidak sesuai peruntukannya sehingga pengurus KONI Ende kesulitan untuk mempertanggungjawabkan penggunaannya. Bahkan hingga 27 Desember 2022, penggunaan dana tersebut belum dapat dipertanggungjawabkan oleh KONI Ende.


Ketua Harian KONI Ende, Fery Taso (juga Ketua DPRD Ende, red) yang dikonfirmasi Tim Media ini pada Kamis (4/01/23) malam melalui pesan WhatsApp/WA tidak menjawab. Namun beberapa menit kemudian, Fery Taso menelpon Tim Media ini untuk memberikan klarifikasi. 


KONI Ende, katanya, telah menyampaikan pertanggungjawaban penggunaan dana tersebut. “Sudah di SPj. Kalau tidak salah tanggal 27 Desember. Semua Cabor sudah serahkan SPj dan sudah diserahkan fotocopynya ke Polres,” jelasnya.


Menurutnya politisi PDIP tersebut, dana hibah yang diterima KONI Ende langsung dialokasikan ke Cabang-Cabang Olahraga. Ia meminta agar wartawan menghubungi Bendahara KONI Ende, Yulius Cesar Nonga yang biasa disapa Yoram.


“Saya hanya sebagai pelaksana harian. Yang urus SPj dan segala macam untuk pertanggungjawaban Pak Yoram. Lalu kemarin Pak Yoram sudah serahkan SPj-nya ke Kasat Reskrim. Mohon Pak Fabi konfirmasi dengan Pak Yoram,” ujar Fery.


Tim Media ini kemudian mengkonfirmasi Yoram melalui pesan WA. Namun dibalas Yoram bahwa Ia akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Ketua Harian KONI, Fery Taso. Sekitar 15 menit kemudian Yoram mengirim pesan WA. “Dana Hibah KONI 2021 sudah dipertanggungjawabkan. Terima kasih,” tulis Yoram.


Beberapa menit kemudian, Fery Taso kembali menelpon Tim Media ini dan memberikan penjelasan lebih rinci tentang penggunaan dana hibah KONI tersebut. Menurutnya, pihaknya selaku Ketua Harian KONI Ende menerima Dana Hibah dari Pemkab Ende sekitar Rp 950 juta. 


Dana tersebut, lanjutnya, digunakan untuk Pembinaan Cabang Olahraga sebesar Rp 200 juta. “Dana hiba pertama sebesar Rp 200 juta itu untuk pembinaan cabang olahraga (Cabor). Setiap Cabor kita kasih sekitar Rp 10 – 15 juta. Setelah dana itu diterima, KONI menyerahkan ke Askab (Asosiasi Kabupaten) PSSI Ende, Ketuanya Pak Sabri Indradewa,” ujarnya.


Lalu, lanjut Fery, dicairkan lagi sebesar Rp 250 juta untuk kegiatan Piala Soeratim Cup. “Kabupaten  Ende jadi Tuan Rumah. Dana itu juga diserahkan ke Askab. Pak Sabri Indradewa yang jadi Manager Piala Soeratim,” katanya.


Pencairan berikutnya, jelas Fery, untuk kegiatan ETMC di Kabupaten Lembata sebesar Rp 500 juta. “Dana Rp 500 juta kita gunakan untuk kegiatan ETMC di Lembata. Kita berhasil membawa Perse Ende sebagai juara. Managernya Pak Yoram (yang juga Bendahara KONI Ende, red).


Ketua Askab Ende, Sabri Indradewa yang dikonfirmasi Tim Media ini Jumat (3/01/23) pagi melalui pesan WA tidak memberikan respon walaupun pesan tersebut telah dibacanya.


Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Ende, Erni Rewa yang dikonfirmasi wartawan pada Selasa (27/12/22) sekitar Pukul 14.40 Wita  mengakui bahwa hingga saat itu pihak KONI Ende belum menyerahkan laporan pertanggungjawaban dana hibah tersebut. “Sekarang katanya lagi dibuat. Saya yakin SPj-nya ada karena hari ini baru tanggal 27 Desember adik, masih ada waktu sampai tanggal 31 Desember nanti,” ujarnya. (jh/tim)

Baca juga