HEADLINE

DONNY HEATUBUN:JURNALIS ITU SOBAT BANK INDONESIA

Kupang;Jejakhukumindonesia.com,Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada tanggal 17 januari 2023, melaksanakan press release kondisi ekonomi NTT terkini sekaligus juga berkenalan temu media jurnalis dan pers dengan Kepala Perwakilan BI NTT yang baru yaitu Bapak Stevanus Donny Handoko Heatubun, yang menggantikan Bapak I Nyoman Ariawan Atmaja pindah tugas menjadi Direktur pada Departemen Pengelolaan Logistik dan Fasilitas Bank Indonesia Jakarta.


 Bapak Donny Heatubun , sebagai Kepala Kpw BI NTT mengungkapkan media jurnalis sebagai sobat dan mitra Bank Indonesia di dalam menyampaikan informasi dan kondisi ekonomi dan stabilitas moneter kepada masyarakat, dan BI akan terus berkolaborasi, bersinergi untuk memberikan informasi terkini kepada insan pers di NTT. Beliau sebelum menjabat di Kepala Kpw BI NTT yaitu menjabat sebagai Deputi Direktur Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Provinsi Bali, dan juga pernah juga menjabat sebagai Kepala Kpw. BI Provinsi Papua Barat.


Pengalaman Bapak Donny H. Heatubun , di bidang kebijakan moneter BI Pusat Jakarta pun tak diragukan karena menjabat hampir 16 tahun, serta dipercaya sebagai ekonom ahli Bank Indonesia.


Acara yang berlangsung di lantai 3 , rooftop outdoor Kantor Bank Indonesia NTT ini dimulai dengan perkenalan, dan pemaparan singkat mengenai kondisi pertumbuhan ekonomi NTT 2022. Di Triwulan ke IV tahun 2022 pertumbuhan ekonomi di angka 3,1% dan perkembangan inflasi NTT di Triwulan IV tahun 2022 tercatat di angka 6,65% yoy, ini berarti daya beli masyarakat pun menjadi menurun, pungkas Donny Heatubun.


Terkait inflasi sesuai data rilis dari BPS NTT, per tanggal 2 Januari 2023, Deflasi bulan ke bulan (Des 2022) provinsi Nusa Tenggara Timur di angka 0,81% mtm, dan Inflasi tahun ke tahun (Des 2022) Provinsi NTT di angka 6,65% yoy.


Deflasi adalah penurunan harga barang secara umum dan terus menerus. Inflasi dapat diartikan sebagai kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Inflasi menurut kelompok Pengeluaran bisa dilihat pada gambar dibawah ini (Sumber BPS NTT : No. 01/01/5300/Th. XXVI, 2 Januari 2023

Bank Indonesia NTT akan terus melakukan berbagai kebijakan makroprudensial dengan menjaga stabilitas sistem keuangan, selain itu BI NTT juga mendukung Gerakan Nasional Pengendalian inflasi Pangan (GNPIP) bersama Pemerintah Daerah, seperti Urban Farming, guna menjaga komoditi barang yang terkait inflasi bisa terkendali.


Selama lebih 2 jam acara berlangsung dengan keakraban, dan diselingi tanya jawab dari media jurnalis baik cetak maupun elektronik dan media online bersama Bapak Donny Heatubun Kepala Perwakilan Bank Indonesia NTT, yang dipandu oleh Bapak Daniel Agus Prasetyo, Deputi Kepala BI NTT. 


Usai tanya jawab, acara berlanjut dengan ramah tamah bersama insan pers. Daniel juga memberikan ucapan selamat Natal dan tahun baru kepada semua yang hadir dalam acara tersebut. " tutup Daniel. 

Baca juga