HEADLINE

OMBUDSMAN RI PERWAKILAN NTT MENERIMA KUNJUNGAN KABID PROPAM POLDA NTT

KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,Kepala OMBUDSMAN NTT Darius Beda Daton SH menerima kunjungan Kabid Propam Polda NTT, Kombes Pol Dominicus Savio Yempormase di ruang kerja pada selasa 21/02/23) 


Pertemuan tersebut berlangsung pada pukul 08.00-09.00 wita. Dalam pertemuan tersebut saya menerima informasi perkembangan penanganan dumas yang berkaitan dengan dugaan pelanggaran disiplin anggota Polri di NTT. 


Saya memang kerap meneruskan komplain masyarakat yang berkaitan dengan dugaan pelanggaran displin polri kepada Kabid Propam sebagai penegak hukum pelanggaran displin internal Polri dengan harapan agar dilakukan penegakan semata-mata demi meningkatkan kepercayaan publik kepada institusi Polri. "jelasnya 


Saya antusias mendengar semua upaya penegakan displin yang sudah dilakukan Kabid Propam Polda NTT bagi anggota yang terbukti bersalah. 


Lebih dari 200 anggota diproses disiplin Polri tahun 2022 dan lebih dari 30 anggota disidang etik. Bahkan beberapa diantaranya tertangkap tangan oleh tim Propam Polda NTT. Ini menjadi bukti keseriusan bidang Propam membersihkan anggota yang nakal. "tegas Darius.


Saya yakin penegakan displin yang keras tersebut akan berdampak pada perbaikan layanan institusi Polri dan bermuara pada peningkatan kepercayaan publik pada Polri.  


Macam-macam dugaan pelanggaran disiplin anggota yang kerap saya terima dari masyarakat mulai dari permintaan uang dalam rekrutmen anggota Polri, jatah pekerjaan proyek di daerah-daerah, menerima uang dalam proses penanganan perkara, pungutan liar, danlain lain ,Tentu tidak semua laporan ini benar adanya, karena itu diperlukan pendalaman dan bila terbukti benar agar diberikan sanksi tegas kepada yang bersangkutan. Saya selalu berpesan; perubahan belum tentu membawa perbaikan, tetapi dapat dipastikan bahwa untuk menjadi lebih baik, segala sesuatu harus berubah. Mari kita sama-sama berubah. "pesan ombudsman. 


Tetap semangat dan teruslah melayani NTT dengan lebih sungguh. Terima kasih banyak komandan Dominicus atas kunjungan dan diskusi ini. Semoga bermanfaat bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur ." tutup beda Daton.(*)

Baca juga