HEADLINE

Dukungan Penuh KADIN NTT sukseskan Friendship Kupang- Darwin

 

 KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,melalui daring (zoom meeting) Konsulat RI di Darwin bersama Kadin NTT dan juga kabag bidang kerjasama pemerintah kota Kupang melakukan rapat koordinasi dan persiapan tentang rencana penandatanganan MoU Friendship City antara Kota Kupang dengan Kota Darwin yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2023 mendatang.


Konsulat RI di Darwin yang dipimpin dan dihadiri langsung oleh Konsulat Jenderal YTH Bpk. Gulfan Afero, yang juga dihadiri oleh beberapa konsul bidang pensosbud KRI Darwin ibu Mardiana, Konsul Ekonomi  ibu Gina Fadilla dan Konsul Bapak Didi. Sedangkan dari Kadin NTT dipimpin langsung oleh ketua umum Kadin NTT, Bpk. Bobby Lianto, dihadiri oleh juga koordinator WKU bidang SDM Dr. Semuel Litik , Bid. Investasi Yusak Benu,  WKU Kadin NTT bid. internasional, Bpk Tony Pitoby serta Dr. James Adam sebagai Liason Officer

Dalam pertemuan tersebut juga hadir Kabag kerjasama Pemerintah Kota Kupang, Bpk. Toto Assan bersama Tim


Di dalam rapat satu setengah jam tersebut, membahas tentang persiapan penandatanganan MoU yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 Juni 2023, di mana rencananya akan dihadiri oleh PLT walikota kupang. Kadin NTT mendukung bentuk kerjasama ini  yang adalah inisiasi dari Kadin yang mana Bobby Lianto dan Dr. James Adam sebagai Liaison Officer dari pemerintah Kota Kupang yang membuka kerjasama Sister/friendship city.


Bobby Lianto menjelaskan bahwa kerjasama ini telah disetujui dan tinggal tahap penandatanganan, setelah diusulkan oleh kadin NTT maka pihak Darwin menyetujui mendahului dengan kerjasama friendship city selama 2 tahun baru setelah itu dinaikkan statusnya menjadi sister city. Hal ini untuk melihat peluang-peluang kerjasama dalam 2 tahun yang dapat dimaksimalkan. 


Seperti yang kita ketahui bahwa sebelumnya Kota Kupang pernah melakukan kerjasama sister city dengan Kota Palmerston di masa kepemimpinan Walikota Kupang Alm. Bpk. S.K Lerrick. Namun kerjasama tersebut sudah lama tidak berlanjut sehingga kali ini kerjasama yang diusung oleh Kadin NTT adalah dengan Kota Darwin karena Kota Kupang sebagai ibukota Provinsi NTT dan Darwin City adalah ibukota dari Northern Territory. 


Rencana penandatanganan dilaksanakan dalam satu rangkaian yang rencananya rombongan akan tiba di hari Sabtu 3 Juni 2023 dan di tanggal 4 Juni bersamaan dengan acara dragon boat race (acara perlombaan perahu naga) dan juga malam harinya akan dilaksanakan Darwin sister and friendship cities Gala Dinner dan di mana di acara tersebut akan dilakukan penandatanganan kerja sama antara Kota Kupang dengan Darwin. Dan dilanjutkan tanggal 5 Juni berlokasi di Double Tree by Hilton Esplanade akan dilakukan International Trade Show, dimana NTT juga mendapatkan stand untuk mempromosikan produk-produk NTT di Australia. 


Kali ini Bobby Lianto menjelaskan bahwa Kadin siap mendukung kerjasama ini dan seperti konsep yang diusungkan, kerjasama ini akan masuk dalam 5 bidang selain daripada Government to Government, ada juga Private /Swasta di bidang pendidikan, dengan adanya kerja sama sister school pertukaran pelajar antara sekolah di Darwin dan Kota Kupang, yang kedua di bidang kesehatan meliputi dokter-dokter dari Australia datang ke Indonesia atau perawat dari Kupang yang bisa bekerja atau mengikuti pelatihan di Australia, juga pasien-pasian dari Kupang dirujukkan ke International Hospital di Darwin serta kerjasama antara rumah sakit. yang ketiga kerjasama di bidang olahraga, ada beberapa bidang olahraga yang memiliki potensi dan sudah pernah dilakukan kerjasama yaitu di bidang sepakbola, billiard/snoker, motocross/dirt bike, tinju, dan olahraga lainnya. yang keempat di bidang sosial budaya serta pariwisata. 

Melalui kerjasama ini juga akan mendorong penerbangan langsung dari Darwin ke Kota Kupang dilanjutkan ke Labuan Bajo

Di dalam rapat tersebut Konsulat Jenderal RI di Darwin YTH Bapak. Gulfan Afero juga menyampaikan KRI terus mengupdate dan mem-follow up kerjasama antara Darwin dan Kota Kupang, di dalam pertemuan pembahasan itu memang ada beberapa catatan khusus yaitu Pemerintah Darwin melihat bahwa adanya kerjasama Palmerston sebelumnya yang tidak berjalan, sehingga dalam kerjasama dengan Darwin ini mereka mengharapkan agar dapat berjalan dengan baik dan berkesinambungan

Maka dari itu Bapak Konsulat Jenderal meminta dukungan penuh dari Kadin NTT sehingga hubungan ini bukan hanya Government to Government tapi antara Kadin NTT dan Chamber of Commerce and Industry Darwin juga dapat terus melakukan hubungan kerjasama antara private school, private hospital, private university, olahraga, dan lain-lain.


Oleh karena itu Kadin NTT siap memfasilitasi agar kerjasama ini akan menjadi efektif dan berguna bagi seluruh masyarakat Kota Kupang dan Darwin.(*)

Baca juga