HEADLINE

Gerakan Pramuka Kota kupang Adakan Pelantikan Badan Pengurus Majelis Pembimbing dan Pembina di SMAN 9 Kupang

 

KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,Kwartir cabang gerakan Pramuka kota Kupang (kwarcab) menggelar Pelantikan majelis pembimbing dan juga pembina sekaligus angota dewasa gerakan Pramuka di SMA NEGERI 9 kota Kupang (8/03/2023).


Kegiatan ini di buka secara langsung oleh ketua kwartir cabang gerakan Pramuka kota Kupang(KWARCAB)  Ir.Elvianus Wairata, M.SI dan Sekretaris kwarcab Pramuka kota Kupang, Jemi Oktovianus Ndun, S.H.


Ir. Elvianus Wairata menjelaskan terkait dengan pelantikan ini merupakan sebuah struktur formal yang tentu ada di dalam sekolah ini dalam rangka untuk bagaimana mereka bisa membina seluruh anak sekolah yang ada dalam sekolah ini agar bisa menjadi anak Pramuka sesuai dengan jenjang yang sudah ada di sini. 


terkait dengan itu dasarnya adalah bagaimana para pembina ini juga membekali diri dengan kursus kursus agar bisa membina mereka untuk menjadi lebih baik, tapi di dalam SMA NEGERI 9 ibu kepala sekolah sendiri sudah memiliki kecakapan yang luar biasa didalam kepramukaan yang ada di kota Kupang termaksud di sekolah ini sehingga mudah untuk mengontrol untuk bagaimana mengevaluasi seluruh pelaksanaan kepramukaan yang ada di sini."Ungkap wairata.


Harapan saya adalah ketika kita sudah melantik  sekarang jadi sebuah struktur yang sudah berfungsi ,tentu kita ingin mendapatkan hasilnya, dan mungkin 2 atau 3 bulan saya akan datang dan kita bicara tentang pramukaan disini sudah seperti apa. "harap elvianus.


 Sekretaris kwarcab Pramuka kota Kupang Jemi O Ndun S.H. Menambahkan  apa yang dilakukan oleh kwartir cabang adalah sebagai suatu program prioritas dimana kwarcab harus menyiapkan gugus depan untuk benar-benar melaksanaan pendidikan Pramuka sesuai dengan kurikulum, karena itu maka mulai tahun 2023 kwarcab akan turun ke sekolah-sekolah seperti contoh sore ini kami turun langsung ke SMA negeri 9 untuk melaksanakan pelantikan. 

dan ini sebagai suatu bentuk dukungan moril pada kwarcab ,untuk itu kwarcab cabang memiliki peran fungsi tugas adalah memberikan rigulasi, memberikan jaminan hukum kepada gugus depan bahwa mereka melaksanakan pendidikan tentunya harus sesuai dengan regulasi sehingga kehadiran kwarcab itu selain sebagai proaktif tetapi juga sebagai lembaga pendidikan kepramukaan itu ada di kwartir cabang yang namanya pusat pendidikan, karena itu maka melalui pelantikan-pelantikan  kami tentunya turun tetapi sehari-hari kami berkalborasi untuk membangun komunikasi yang baik

Lanjutnya lagi kami melaksanakan pertemuan intes secara teknis antara pembinaan Pramuka dengan (pusdik) pusat pendidikan untuk membicarakan hal-hal teknis yang berkaitan dengan kekurangan-kekurangan tersebut yang berkaitan dengan empat standar yaitu standar atministrasi gugus depan, standar pengelolaan gugus depan, standar kegiatan gugus depan yang harus sesuai dengan kurikulum Pramuka yang merupakan dari kwarcab kota Kupang 


Selanjutnya  tentang Pramuka Garuda yang masih minim sekali di kwarcab kota Kupang, karena itu sekarang hal-hal ini yang kami dorong untuk kami pastikan bahwa gugus depan berjalan sehingga capaian tentang pramuka Garuda itu,

 di harapkan di kota Kupang akan bertahan kemudian standar yang berikut adalah sarana prasarana, tentunya kami turun hadir langsung gugus depan dan kami bangun komunikasi yang baik dengan pembina sehingga mereka menyusun program yang baik maka disitu tentunya mereka akan mendapat dukungan dari gugus depan dalam hal ini kepalah sekola selaku MABIGUS, 

karena kwarcab menyadari bahwa memang anggaran ada di sekolah , tetapi harus ada program dari Pramuka ,dan Program dari Pramuka itu ada melalui pengurus gugus depan ,kalau tanpa program tentunya kepala sekolah akan mengalami kesulitan dalam hal merealisasikan anggaran oleh karena itu ,maka tugas kwarcab bagaimana supaya memastikan bahwa gugus depan itu ada struktur kepengurusannya dan ada yang bertanggung jawab dan kemudian ada yang bertanggung jawab terhadap program 

"Lanjutnya tentu termaksud dalam hal ini program latihan yang sasaran pendidikan sukses, sasaran pendidikan Pramuka adalah kurikulum penerapan dan pencapaian syarat kecakapan umum, syarat kecakapan kusus dan syarat Pramuka Garuda. "sebut jemi Ndun.

Kepala sekolah SMA NEGERI 9 ADELGINA N. LIU, S.Pd menyampaikan dengan adanya kegiatan hari ini menjadikan pembelajaran bagi bapak/ibu guru yang awam tentang Pramuka karena dari kegiatan pelantikan hari ini mengajarkan tentang berpakaian Pramuka dengan baik, sebenarnya pencenangan dari pemerintah Nusa tenggara timur (NTT)  tentang berseragam Pramuka di setiap hari Rabu tapi  belum tersosialisasi dengan baik artinya dengan lewat pendidikan Pramuka itu di dalamnya kita bisa menghadapi pendidikan karakter."jelasnya 


Saya juga mau berterimakasih kepada kwarcab kota Kupang yang mengadakan kegiatan ini sesuai dengan surat permohonan kami dan bisa melaksanakan pengukuhan di gubuk ini. 


Terimakasih yang tulus karena mempercayai gubuk ini untuk menjadi tempat pengukuhan badan pengurus MABIGUS para pembina dan juga tempat untuk belajar bahwa inilah orang Pramuka."Ungkap kepsek. (ram)

Baca juga