HEADLINE

KADIN NTT Kerjasama Dengan BI Perwakilan NTT Sepakat Membangun SDM Unggul di Nusa Tenggara Timur

 

KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,KADIN NTT dan Bank Indonesia (BI) NTT sepakat untuk membangun SDM unggul di NTT melalui kerjasama yang erat. Hal tersebut disepakati dalam pertemuan yang digelar di Kantor Bank Indonesia NTT pada tanggal 30 Maret 2023.


Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur, S. Donny H. Heatubun, Ketua Umum KADIN NTT Bobby Lianto, MBA, MM, Koordinator WKU Bidang SDM, Pendidikan, Riset dan Inovasi KADIN NTT Dr. Samuel Littik, Direktur Executive KADIN NTT Mercy Seubelan, SE, Direktur KADIN Institute NTT Johny Kilapong, M.Pd, CBC, CLS, serta dua deputi BI NTT, Daniel Agus Prasetyo Deputi Kepala Perwakilan dan Pratyaksa Candraditya Deputi Kepala Perwakilan BI Provinisi NTT.


Dalam suasana pertemuan yang akrab dan santai, Ketua Umum KADIN NTT Bobby Lianto menyampaikan bahwa KADIN NTT menawarkan kegiatan bersama BI NTT di perbatasan Indonesia dan Timor Leste tepatnya di Motaain Kabupaten Belu-Atambua yang disertai dengan serangkaian kegiatan untuk membangkitkan perekonomian NTT sesuai motto KADIN NTT Kebangkitan Ekonomi NTT.

Bobby Lianto juga menyampaikan bahwa KADIN adalah Asosiasi yang dibentuk pemerintah dan Asosiasi yang mendapatkan Amanah dari Pemerintah untuk mewujudkan Perpres 68 yang berfokus kepada mempersiapkan SDM Unggul Indonesia melalui Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi baik SMA/SMK dan Perguruan Tinggi."jelas ketum kadin NTT 


Berdasarkan Perpres nomor 68 tahun 2022 tersebut maka KADIN Nusa Tenggara Timur telah membentuk KADIN Institute untuk menjadi wadah bagi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan vokasi di NTT yang dikomandani Johny Kilapong sebagai Direktur KADIN Institute NTT, Pada kesempatan tersebut juga Bobby Lianto mengajak kerjasama antara KADIN Institute dan BI NTT untuk membangun SDM Unggul NTT. "ungkap bobby lianto. 


Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia NTT memberikan respon positif terhadap tawaran kerjasama tersebut. BI NTT berencana merayakan HUT Bank Indonesia pada tanggal 1 Juli 2023 dengan tema "Rupiah Berdaulat" yang diadakan di Perbatasan Indonesia dan Timor Leste tepatnya di Motaain Kabupaten Belu - Atambua. Serangkaian kegiatan akan dilakukan, seperti exhibition, capacity building, business matching, serta sosialisasi UMKM. Selain itu, juga akan dilakukan sosialisasi aturan Money Changer, yang merupakan kegiatan usaha penukaran valuta yang harus mendapatkan ijin dari Bank Indonesia."Sebut Heatubun. 


Direktur KADIN Institute NTT, Johny Kilapong menyampaikan bahwa KADIN Institute hadir untuk memberikan solusi dan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas SDM di NTT. Berdasarkan Perpres 68 Tahun 2022 tentang Revitalitasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi, KADIN Institute NTT bertanggung jawab untuk menyelenggarakan revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi di Indonesia. 


Pada kesempatan tersebut, Johny Kilapong menjelaskan visi dan misi dari KADIN Institute adalah terwujudnya Sumber Daya Manusia Unggul dan Berdaya Saing Tinggi pada Tahun 2040. Untuk mencapai visi tersebut, kami memiliki misi yaitu membangun kerjasama dengan stakeholder untuk memperkuat jaringan dan meningkatkan kualitas pelatihan dan sertifikasi, menfasilitasi pengembangan kompetensi untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan peserta pelatihan, meningkatkan sumber daya manusia dengan memberikan pelatihan dan sertifikasi yang berkualitas, dan melakukan kajian strategis terkait peran KADIN NTT dalam pembangunan NTT."sebut johny kilapong.


KADIN Institute NTT juga berkomitmen mendukung ketersediaan pendidik dan instruktur yang memenuhi Standar Kompetensi Kerja. KADIN Institute NTT menawarkan berbagai program pelatihan dan sertifikasi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) saat ini. Program tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM di NTT. KADIN Institute juga menawarkan berbagai program pelatihan dan sertifikasi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha dan dunia industri saat ini."harapnya 


Lebih lanjut, Johny Kilapong menjelaskan, "Kami menawarkan berbagai program pelatihan dan sertifikasi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) saat ini. Beberapa program pelatihan dan sertifikasi yang disiapkan KADIN Institute NTT antara lain administrasi perkantoran, akuntansi, broker properti, cleaning service, ekspor impor, elektronika, informatika, kecantikan, K3 (Keilmuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja), kewirausahaan, konstruksi, lingkungan hidup, manajemen sumber daya manusia, metodologi instruktur, migas, pariwisata, dan public relations. Program-program tersebut dirancang dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia di NTT agar lebih siap menghadapi tantangan global di masa depan."jelas johny

Koordinator WKU Bidang SDM, Pendidikan, Riset dan Inovasi KADIN NTT, Dr. Samuel Littik, menambahkan bahwa kerjasama antara KADIN Institute dan Bank Indonesia NTT untuk pertama kalinya dilakukan melalui kegiatan Webinar Cerdas di Kampus Citra Bangsa, STAK Kupang, Sekolah Citra Bangsa, Sekolah Generasi Unggul Kupang, dan kampus-kampus lainnya. 


"Tujuan dari kegiatan tersebut adalah memberikan pemahaman tentang Konsep Keuangan Cerdas dan Peran Bank Indonesia dalam membangun Ekonomi Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa KADIN Institute dan Bank Indonesia NTT mempunyai komitmen yang sama dalam memberikan edukasi yang bermanfaat bagi masyarakat dalam bidang keuangan dan ekonomi."tambah samuel. 


Dalam pertemuan tersebut, terdapat banyak ide dan rencana yang dihasilkan untuk membangun SDM unggul di NTT. Kedua pihak sepakat untuk menjalin kerjasama yang erat demi mencapai tujuan tersebut. KADIN NTT dan BI NTT akan terus berdiskusi dan bekerja sama untuk merealisasikan program-program yang telah direncanakan."ungkapnya 


Pertemuan ini diharapkan dapat memperkuat kerjasama antara KADIN NTT dan BI NTT dalam membangun SDM unggul di NTT, serta meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan vokasi di Indonesia. Dengan kerjasama yang baik antara kedua belah pihak, diharapkan NTT dapat memiliki SDM yang berkualitas dan siap bersaing di era Revolusi Industri 4.0."tutup samuel litik.(*jh)

Baca juga