HEADLINE

PJ. Walikota Kupang Resmikan Wisata kuliner Palapa Kota kupang

KUPANG;Jejakhukumindonesia.com, Penjabat Walikota Kupang, George M Hadjoh, membuka dengan resmi Wisata Kuliner Palapa Kupang, Sabtu (1/4/2023).


Dalam acara grand opening, George menerangkan bahwa Wisata Kuliner Palapa merupakan inisiasi Forkompinda Kota yang berkolaborasi dengan Organisasi Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPPPOLRI) Kota Kupang dan para pelaku UMKM.


George menjelaskan bahwa  fondasi ekonomi daerah adalah UMKM, sehingga apabila UMKM tumbuh maka akan menjadikan kota kupang semakin maju.

“Kita memiliki sekitar 2000-an UMKM dan banyak tempat untuk bisa berkembang,” ungkap George.


Menurut George, untuk membuat Kota Kupang lebih maju, harus ada kerja-kerja kolaboratif.

“Jadikan tempat ini pusat perkembangan ekonomi kuliner di Kota Kupang. Jika sudah ada aktivitas ekonomi 24 jam, maka dipastikan ekonomi kita akan lebih maju,” imbuhnya


George menambahkan, wisata Kuliner Palapa tidak hanya menjadi tempat kuliner semata tetapi ada event ikutan yang melibatkan seluruh masyarakat Kota Kupang.


Penjabat Walikota juga mengatakan bahwa Tahun 2023 merupakan Tahun Kebangkitan bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Pendidikan.

“Tahun 2023 merupakan tahun Kebangkitan bagi dunia Pendidikan dan UMKM. Kita akan tunjukkan kepada Indonesia dan kepada dunia bahwa Kota Kupang ini luar biasa,” ujar George.


Pantauan media ini, ribuan masyarakat Kota Kupang memadati lokasi pembukaan Wisata Kuliner Palapa. Selain berbelanja, masyarakat juga menikmati live musik yang diselingi dengan acara fashion show berbagai busana motif daerah.


Ina Djara selaku Ketua Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPPPOLRI) Kota Kupang, dalam sambutannya mengatakan bahwa sudah ada 201 UMKM yang mendaftar, namun lapak yang tersedia hanya 125; dimana 1 lapak menggunakan area seluas 3 meter.

“Ini adalah bentuk kontribusi kami dalam mendukung pemerintah. Sebagai pengelola Wisata Kuliner Palapa, kami tidak berjalan sendiri tetapi ada Karang Taruna dan Lurah Oebobo,” terang Ina Djara.


Lebih lanjut, Ina menyampaikan bahwa konsep wisata ini adalah kerapihan, kebersihan dan keindahan. Sehingga diharapkan dukungan dari semua pengunjung dan penjual agar tetap menjaga kebersihan lokasi tersebut.

“Konsepnya lesehan menggunakan trotoar jalan, kita juga buka live musik, dan dibuka dari pukul 18.00-24.00 Wita,” pungkasnya.


Hadir pada kegiatan grand opening wisata Kuliner Palapa, Kapolres Kupang Kota, Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto, Dandim 1604 Kupang, Letkol Inf. Wiwid Jalu Wibowo, Ketua DPRD Kota Kupang, Yeskial Loudoe dan Forkompimda Kota Kupang. Insan Pers. (*sb)

Baca juga