Redaksi
Jumat, 05 Mei 2023, Mei 05, 2023 WIB
Last Updated 2023-05-05T07:08:00Z
BISNIS

Konjen RRT Siap Dukung Pendidikan Mandarin di kota kupang

Advertisement

KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,Penjabat walikota Kupang, Bapak George M. Hadjoh, didampingi Ketua Umum KADIN NTT, Bapak Bobby Lianto, M.M., MBA, beserta ketua HIPMI Kota Kupang, Bapak Yusak Benu, dan juga PLT KADIS PUPR kota kupang, Bapak Maxi Dethan, dan Kabid Pengairan, Bapak Micky Natun beserta tim, berangkat menuju Denpasar untuk melakukan pertemuan dengan Konsulat Jenderal RRT di Denpasar, Mr. Zhu Xinglong dan diterima di kantor Konsulat jenderal RRT di Denpasar didampingi oleh Mrs. Xiang Yingling Konsul & Mrs. Tang Lingyi Konsul Muda. 


Dalam pertemuan bilateral tersebut, bapak walikota kupang mengucapkan terima kasih atas hubungan dan dukungan selama ini terhadap Kota Kupang. Bulan Februari yang lalu, Bapak Konjen Mr. Zhu Xinglong melakukan kunjungan ke Kota Kupang dan memberikan bantuan berupa mesin pembuat air dari udara dan ini merupakan kunjungan balasan dari bapak walikota.


Di dalam pertemuan tersebut, bapak walikota juga menyampaikan tentang beberapa hal, atas kerjasama dan dukungan dengan pemerintah RRT, yaitu di bidang pendidikan, di mana konjen RRT akan mensupport beberapa alat pendidikan untuk  laboratorium Bahasa Mandari Universitas Citra Bangsa, dan juga akan memberikan dukungan bantuan guru bahasa mandarin kepada UCB, UNDANA dan salah satu sekolah kurikulum internastional yaitu ESCS (Excellent Spirit Christian School).


Bapak penjabat walikota menyampaikan betapa melihat potensi hubungan ekonomi China dan Indonesia maka sangat dibutuhkan bahasa Mandarin bagi generasi di NTT. "jelas walikota

Berikutnya juga kerjasama di bidang kesehatan antar rumah sakit, dimana kita tahu bahwa chinese medicine sebagai salah satu pengobatan alternatif yang sangat diminati di Indonesia dan dimana obatnya murah dan berasal dari alam (herbal) sehingga tidak memberikan dampak buruk."imbuhnya. 


Yang ketiga di bidang konstruksi, dimana bapak walikota menyampaikan mimpi NTT adalah membangun kereta api dari Kota Kupang dan sepanjang pulau Timor sampai ke Timot Leste dan juga Kota Kupang sebagai waterfront city, bapak walikota meminta investor China dapat berinvestasi di Kota Kupang dalam bidang industri dan juga bidang konstruksi, maka dari itu bapak walikota juga menyampaikan usul hubungan sister city dengan kota di China yang dapat dilakukan hubungan yg lebih intens antar kota maupun antar provinsi.


Demikian pada kesempatan ini bapak walikota kupang membawa serta Ketum KADIN NTT dan HIPMI Kota Kupang untuk dapat melakukan kerjasama di bidang bisnis, perdagangan dimana KADIN NTT akan menjadwalkan kunjungan ke China menghadiri Canton Fair, pameran di Guangzhou, serta melakukan perjalanan ke beberapa kota di China bersama rombongan pengusaha dari NTT serta membangun hubungan bilateral dengan pemerintah China."jelas ketum kadin NTT.

Pada kesempatan tersebut, Ketum KADIN NTT juga melakukan video call langsung dengan duta besar RI di Beijing,  Bapak Djauhari Oratmangun, dan menyampaikan keinginan pemerintah Kota Kupang untuk hubungan dengan NTT, dan bapak duta besar sangat mendukung hubungan bilateral antara dua negara dalam bidang pendidikan, kesehatan dan konstruksi. Bahkan dubes menyampaikan bahwa akan segera menyampaikan kepada China Construction untuk datang ke Kota Kupang untuk mensurvey potensi-potensi yang dapat dilakukan."ungkap bobby lianto. (*)