HEADLINE

OMBUDSMAN RI PERWAKILAN NTT MENERIMA KUNJUNGAN RSUD SK LERRIK KOTA KUPANG

KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,Kepala OMBUDSMAN NTT Darius Beda Daton SH menerima kunjungan tim RSUD SK Lerrik Kota Kupang di ruang kerjanya.Jum'at 12/5/23)


Adapun hal-hal yang kami diskusikan dalam pertemuan tersebut antara lain, 


pertama; keinginan RSUD SK Lerrik Kota Kupang khususnya  bagian penanganan pengaduan untuk menggelar pelatihan internal terkait pengelolaan pengaduan pasien di rumah sakit. 


Saat ini RS telah memiliki bagian penanganan pengaduan dan telah pula memiliki mekanisme dan tata cara penanganan pengaduan. Meski demikian untuk melengkapi mekanisme dan tata cara penanganan pengaduan yang telah dibuat, RS berencana mengundang Ombudsman NTT dalam pelatihan internal pengelolaan pengaduan di RS SK Lerrik. 


Pengalaman Ombudsman mengelola pengaduan dapat disharing bersama tim penanganan pengaduan rumah sakit dalam pelatihan tersebut. 


Kedua; Survei Kepuasan Masyarakat (IKM). Selama ini rumah sakit telah melakukan survei kepuasan pasien selama menggunakan jasa rumah sakit dengan berpedoman pada peraturan Menteri PAN RB. 


Meski demikian dibutuhkan diskusi lebih lanjut terkait pengolahan hasil survei, tindak lanjut dan penyampaian informasi hasil survei kepada publik. 


Saya menyambut gembira keinginan RSUD SK Lerrik Kota Kupang untuk menggelar pelatihan internal tersebut dan tim ombudsman siap membantu memberikan informasi jika diperlukan."imbuh ombudsman 


 Sebagai institusi publik yang menjual pelayanan jasa, sudah semestinya rumah sakit menempatkan keinginan pasien yang disampaikan melalui pengaduan maupun hasil survei sebagai pintu masuk untuk terus-menerus melakukan perbaikan pelayanan. "jelas Darius. 


Rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan cepat, mudah, transparan dan akuntabel akan menjadi pilihan utama pasien dan keluarganya. Karena itu jangan alergi dan resisten terhadap pengaduan pasien dan keluarganya, sebab pengelolaan pengaduan yang baik adalah kesempatan kita memperbaiki layanan agar menjadi lebih baik lagi. "tegasnya 


Tetap semangat, RSUD SK Lerrik Kota Kupang untuk bisa melakukan pelayanan kepada masyarakat dengan senyuman. " tutup darius beda daton. (*)



Baca juga