HEADLINE

Penjabat Walikota Hadiri Halal Bi halal 1444 H Mui Kota kupang

 

KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh, S.H., menghadiri Halal Bi Halal 1444 Hijriyah Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Kupang bersama Ormas dan OKP Islam, Majelis Ta’lim serta Paguyuban yang ada di Kota Kupang. Acara yang diusung dengan tema “Silahturahmi Memperkukuh Solidaritas Keumatan Dalam Merajut Kebersamaan Membangun Kota Kasih Yang Sejahtera dan Bermartabat” diselenggarakan pada Masjid Darul Hijrah BTN Kolhua, Sabtu (13/5).


Acara yang berlangsung penuh hikmah tersebut diisi petuah-petuah oleh penceramah sekaligus pimpinan Pondok Pesantren Izzatul Islam Parung Bogor, Drs. K. H., Ishaq Dapubeang. 


Turut hadir Tokoh Masyarakat, Bpk. Esthon Foenay , Wakil Ketua Umum MUI NTT, K. H. Jamaludin Ahmad, Ketua Umum MUI Kota Kupang, H. Muhammad MS., Ketua Dewan Masjid Kota Kupang, H. Alimudin, Staf Khusus Gubernur NTT, Anwar Pua Geno, Anggota DPRD Provinsi NTT, H. Mohammad Ansor, Kepala Kantor Kemenag Kota Kupang, Drs. Yakobus Beda Kleden, MM., para pimpinan lembaga agama dan tokoh lintas agama serta Lurah Kolhua, Silvester Hello.


Penjabat Wali Kota pada awal sambutannya menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H kepada semua umat muslim yang ada di Kota Kupang, terkhusus bagi umat yang hadir pada acara Halal Bi Halal tersebut. Selanjutnya Ia mengucapkan terima kasih karena umat muslim di Kota Kupang ikut berpartisipasi dan menyukseskan program lingkungan bersih yang tengah digalakkan oleh pemerintah, di mana Masjid Darul Hijrah juga meraih juara pertama lomba kebersihan.


 “Terima kasih bagi seluruh umat Muslim di Kota Kupang yang ikut berperan membangun Kota Kupang dari berbagai aspek untuk menjadi kota yang lebih hebat, sebab tanpa kita bergandengan tangan, tidak mungkin pemerintah sanggup untuk melakukan segala pekerjaan. Oleh karena itu saya menyampaikan limpah terima kasih dan penghargaan yang tinggi bagi semua yang telah berkontribusi bagi pembangunan Kota Kupang,” ungkapnya


Lebih lanjut George menjelaskan saat ini telah hadir balai latihan kerja yang menjadi salah satu upaya bersama-sama pemerintah untuk mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu ia mengajak semua tokoh-tokoh agama dalam hal ini pimpinan dan Imam Masjid untuk mendata secara baik pemuda dan remaja Masjid yang belum bekerja untuk menciptakan pekerjaan. Sebab menurutnya saat ini bukan waktunya mengatasi kemiskinan tapi yang menjadi pokok utama adalah mengatasi pengangguran, karena pengangguran yang menjadi penyebab utama kemiskinan.


“Pemuda dan orang tua yang masih memiliki kemampuan bekerja agar bersama-sama menghimpun pemuda dan remaja yang belum memiliki pekerjaan untuk menciptakan pekerjaan. Banyak cara pemberdayaan ekonomi yang dapat dilakukan untuk membantu pertumbuhan ekonomi melalui UMKM-UMKM yang ada,” tambah George

Mengakhiri sambutannya, tak lupa Penjabat Wali Kota terus menggelorakan peningkatan sumber daya manusia di Kota Kupang. Hal ini telah dan sementara digalakkan pemerintah di lingkungan sekolah baik dari tingkat PAUD hingga Sekolah Menengah Pertama. Sejumlah penekanan terus dilakukan pada siswa sekolah terutama terkait kejujuran, disiplin dan kebersihan, karena hal-hal tersebut yang mampu membentuk karakter hebat anak di masa depan. Kemudian terkait kecerdasan siswa, dijelaskannya saat ini pemerintah terus berfokus kepada siswa untuk mampu menguasai mata pelajaran MIPA dengan mendatangkan pakar matematika untuk memberikan pelatihan berhitung dengan mudah. Selain itu Bahasa Inggris dan Sains juga menjadi prioritas utama dalam pembelajaran siswa di Kota Kupang.


Ketua Panitia, Saiful, S.KM, M.Kes., menyampaikan acara Halal Bi Halal ini merupakan momentum yang sangat baik, mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan rasa kebersamaan antar sesama. Pada kesempatan ini juga menjadi saat yang baik untuk saling memaafkan dan memperbaiki hubungan yang mungkin sempat renggang akibat perbedaan pendapat atau kesalahpahaman.


Lebih lanjut Saiful mengatakan momen ini juga menjadi ajang untuk saling memperkuat ukhuwah, menumbuhkan rasa kebersamaan yang kokoh, mendekatkan diri kepada Allah SWT, menjalin hubungan yang harmonis serta saling mendukung sehingga tercipta rasa kedamaian dan kebersamaan dalam membangun Kota Kupang Kota Kasih yang sejahtera dan bermartabat.(chr)

Baca juga