HEADLINE

SMAN I RAIMANUK SEKOLAH GEMPUR STUNTING DENGAN KELOR HADIRKAN PRODUK ASLI DI AJANG PAMERAN SMA/SMK PROVINSI NTT


 

Kupang;jejakhukumindonesia.com,Gelar Pameran Gebyar SMA/SMK 2023 di Kota Kupang, SMA 1 Raymanuk Promosi kanKelor, Madu, KainTenun Raimanuk, Sopy Raimanuk dan berbagai jenis Kreatif olahan laindariSiswa/I SMA 1 Raimanuk.


“Kegiatan ini latarbelakangnya adalah, SMAN 1 RayManuk yaitu salah satu sekolah yang mengimplementasi kurikulum merdeka yang basisnya yaitu peningkatan kognitif belajar pancasila yang merupakan bagian dari visi-misi sekolah”.Ungkap Kepala Sekolah SMA Negeri  1 Raimanuk, Frits Ngampu pada 03 Mey 2023 di Kupang.


“Salah satu kegiatannya adalah siswa harus memiliki projek, dan setiap siswa yang memiliki projek yang unggul itu tergabung dalam sebuah komunitas yang bernama komunitas belajar hebat.Ade-ade yang tampil ini adalaha ade-ade yang terlati dan sudah teruji dalam memproduksi barang-barang yang mungkin sebelumnya tidak bernilai ekonomis menjadi ekonomis, misalnya ada olahan limbah sampah dijadikan pot bunga, kemudian ada kerang telur dijadikan hiasan dinding, kelor dijadikan tepung”tambah Kepsek SMA 1 Raimanuk.


Dalam kesempatan yang sama Frits Ngampu juga menerangkan bahwa, sekolah SMA Negri 1 Raimanuk adalah sekolah baru. Sehingga mereka ingin mempromosikan sekolahnya sekaligus ingin membuktikan bahwa tidak hanya SMK yang punya keahlian tetapi SMA juga punya skil untuk mengembangkan kreatifnya.


“Ini merupakan sekolah baru, yang mana berdirinya sejak 2018, sampai saat ini baru 4 tahun.dan ini merupakan ajang untuk mempromosikan sekolah, dengan adanya momen seperti ini, SMA itu tidak jauh dari SMK yang memperoleh pro keahlian, tetapi SMA juga bisa melakukan sesuatu yang mana ada matapelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di sana.Selain itu kita mau menunjukan bahwa anak-anak yang punya keterbatasan atau Sekolah yang masi sangat terbatas secara sarana-prasarana juga bisa berkompetisi, jadi tidak menjadi halangan bagi mereka untuk berkreatif”.pungkasnya.


Selain itu dijelaskan pulah oleh Kepsek Frits Ngampu bahwa Siawa Siswi-nya saat ini telah memproduksi Kelor sudah banyak kali termasuk di Kabupaten.

“Kita promosikan saat ini ada olahan kelor, olahan kelor itu kita sudah promosikan beberapa kali termasuk di Kabupaten”Jelas Frits.


“Untuk kelor ini kita kasi tema ‘Bagaimana Sekolah Menggempur Stanting” ini juga salah satu program Gubernur yang kita tanggap, bahwa bagaimana kita mengolah Kelor menjadi sebuah olahan yang menjadi konsumsi mulai dari anak-anak dan bahkan menyembuhkan stanting” imbuh Frits.


Diakhir wawancara dengan media ini, Kepsek Raimanuk menerangkan bahwa sejak kemarin transaksi untuk prodak Kelor sudah 3 jutaan.


“Untuk sementara kemarin kami sudah memproduksi hampir 120 stikkelor dan ada bolu kelor, kue kelor dan puji Tuhan untuk nilai transaksi dari kemarin hampir 3 jutaan keatas” tutupnya.(aa)

Baca juga