HEADLINE

KEPALA OMBUDSMAN RI PERWAKILAN NTT MENERIMA KUNJUNGAN KABID PROPAM POLDA NTT

 

KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,Kepala OMBUDSMAN NTT Darius Beda Daton SH menerima kunjungan Kabid Propam Polda NTT, Kombes Pol Dominicus Savio Yempormase di ruang kerjanya Baru baru ini. 


Pertemuan seperti ini kerap kami lakukan dalam rangka bertukar pikiran terkait perbaikan pelayanan di institusi masing-masing. Dalam pertemuan tersebut saya menerima informasi perkembangan penanganan dumas yang berkaitan dengan dugaan pelanggaran disiplin anggota Polri di NTT. 


Saya memang kerap meneruskan komplain masyarakat yang berkaitan dengan dugaan pelanggaran displin polri kepada Kabid Propam sebagai penegak hukum pelanggaran displin internal Polri dengan harapan agar dilakukan penegakan semata-mata demi meningkatkan kepercayaan publik kepada institusi Polri. 


Saya antusias mendengar semua upaya penegakan displin yang sudah dilakukan Kabid Propam Polda NTT bagi anggota yang terbukti bersalah. "harap ombudsman 


Ratusan anggota diproses disiplin Polri  dan disidang etik tahun 2022-2023. Bahkan beberapa diantaranya tertangkap tangan oleh tim Propam Polda NTT. Khusus dumas terkait dugaan calo dan menerima uang dalam rekrutmen anggota Polri, jika terbukti benar akan diberhentikan sebagai anggota Polri. 


Ini menjadi bukti keseriusan bidang Propam membersihkan anggota yang nakal. Saya yakin penegakan displin yang keras tersebut akan berdampak pada perbaikan layanan institusi Polri dan bermuara pada peningkatan kepercayaan publik pada Polri. "pungkasnya  


Macam-macam dugaan pelanggaran disiplin anggota masih kerap saya terima dari masyarakat mulai dari permintaan uang dalam rekrutmen anggota Polri, menerima uang dalam proses penanganan perkara, pungutan di area pelabuhan untuk menghindari pemeriksaan atau meloloskan masuknya barang-barang yang dilarang, pungutan diluar tarif resmi di loket layanan SIM, Samsat dan lain lain . 


Tentu tidak semua laporan ini benar adanya, karena itu diperlukan pendalaman dan bila terbukti benar agar diberikan sanksi tegas kepada yang bersangkutan. "pintanya 


Saya selalu berpesan; perubahan belum tentu membawa perbaikan, tetapi dapat dipastikan bahwa untuk menjadi lebih baik, segala sesuatu harus berubah. Mari kita sama-sama berubah. Tetap semangat dan teruslah melayani NTT dengan lebih sungguh. Terima kasih banyak komandan Dominicus atas kunjungan dan diskusi ini. Semoga bermanfaat bagi banyak orang. "pesan Ombudsman. (*)

Baca juga