HEADLINE

PEMADAM KEBAKARAN TERUS TINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK YANG BAIK KEPADA MASYARAKAT KOTA KUPANG




Kupang;Jejakhukumindonesia.com,Pemadam Kebakaran ( Damkar) Kota Kupang terus meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat Kota Kupang.


Hal ini disampaikan Kabid Pencegahan dan peningkatan kapasitas SDM Damkar Kota Kupang,  Frids Alexander Kodji, SE kepada media ini Ia mengatakan bahwa kami dari  Damkar Kota Kupang terus melakukan Fungsi,  upaya pencegahan, pengendalian, dan penyelamatan Kebakaran pada 6 Kecamatan mencakup 51 Kelurahan di Kota Kupang.


Sesuai dengan Percepatan Pelayanan Kemendagri No.114 tahun 2018 tentang standar pelayanan teknis daerah Kabupaten/ Kota.


Selanjutnya ia menerangkan Damkar Kota Kupang mencatat ada 216 kasus  kebakaran terjadi sepanjang tahun 2023. 


" Tercatat ada 216 kasus yang ditangani oleh Damkar Kota Kupang didominasi kebakaran lahan kering mencapai angka 72 persen sebanyak 156 kali kejadian, diikuti kebakaran rumah 12 persen dengan angka 22 kali kejadian, sisanya meliputi kebakaran lainnya seperti warung, ruko, mebel,kios, toko, dan sepeda motor" Jelasnya. 


Ia menyebutkan faktor penghambat penangganan kebakaran salah satunya  dari pengguna jalan. Tidak memberikan akses jalan bagi mobil Damkar menuju tempat kejadian kebakaran serta  akses lingkungan masuk lokasi yang sulit

Lanjutnya kebanyakan kejadian kebakaran juga dipicu kelalaian manusia sebagai  penghuni bangunan.


" Salah satu faktor penting yang tidak kita tidak sadari kebanyakan dipicu kelalaian kita, sehingga menimbulkan kebakaran  misalnya penggunaan stop kontak dengan ekstensi yang bertumpuk-tumpuk atau hanya pada satu sumber mengakibatkan arus pendek" Ungkapnya.


Terkait strategi penangganan pihaknya telah melaksanakan sosialisasi pencegahan kebakaran. Selain itu, pemberdayaan masyarakat lewat pembentukan relawan kebakaran tingkat Kota Kupang tahun 2023.


" Upaya sudah kita lakukan sosialisasi lewat Pemerintah maupun media. Tujuannya untuk meningkatkan efektifitas penangganan dengan melibatkan masyarakat"  Tambahnya.


Katanya lagi Sebelum memasuki musim transisi pihaknya selalu menghimbau para Camat, Lurah dan pemilik lahan untuk membersihkan lahan agar meminimalisir kebakaran lingkungan.


Diakhir dialog dirinya menghimbau masyarakat Kota Kupang untuk terus waspada potensi bahaya kebakaran disekitar kita.


" Bagi masyarakat diminta melakukan  pencegahan misalnya pengurangan pemakaian listrik,  pencabutan colokan listrik, hindari penumpukan steker, ketika berpergian pastikan barang elektronik kita dimatikan seperti setrika, kompor gas dengan memeriksa secara berkala" Tutupnya.(dsy)

Baca juga