HEADLINE

Sambut Hari Pers Nasional 2024, Simak Pernyataan Ketua SMSI NTT Benny Jahang

 

KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,Dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional (HPN) pada tanggal 9 Februari 2024 dengan tema "Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa," Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Nusa Tenggara Timur (NTT) Benny Jahang menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh kepada insan pers di NTT.



“Tema HPN 2024 yang menyoroti transisi kepemimpinan nasional menuntut peran media yang lebih aktif dan bertanggung jawab dalam memberikan informasi yang akurat dan berimbang kepada masyarakat,” katanya saat diwawancarai wartawan di Kupang, Selasa (06/02/2024) siang.



Pihaknya, sebagai bagian dari media di NTT, berkomitmen untuk menjaga integritas, independensi, dan profesionalisme dalam menyuarakan aspirasi masyarakat dan menjalankan fungsi kontrol sosial.



Menurutnya, dalam konteks menjaga keutuhan bangsa, media memiliki peran strategis dalam mengedukasi, memberikan pemahaman, dan menciptakan kesadaran akan pentingnya persatuan dan kerukunan di tengah keragaman. 



“Kami akan terus memberikan pemberitaan yang mendukung semangat kebangsaan dan menghindari narasi yang dapat merusak persatuan dan kesatuan,” tegas Mantan Wartawan Pos Kupang ini.



Bennya mengajak seluruh anggota SMSI NTT untuk bersama-sama mengambil peran aktif dalam mewujudkan media yang berkualitas, beretika, dan berintegritas. 



“Melalui peran positif media, kita dapat turut berkontribusi dalam menciptakan transisi kepemimpinan yang demokratis dan menjaga keutuhan bangsa Indonesia. Selamat Hari Pers Nasional 2024! Semoga peran media semakin diperkuat dalam membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik dan harmonis,” tutup jurnalis senior ini.


Diberitakan sebelumnya bahwa, menyambut Hari Pers Nasional Tahun 2024, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Dewan Pengurus Wilayah (DPW Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menyelenggarakan kegiatan Gelar Wicara (Talkshow) bertajuk “Peningkatan Kompetensi Wartawan dan Penguatan Peran Pers sebagai Pilar Demokrasi”.



Gelar wicara ini akan dilaksanakan selama sehari di Aula Kampus Universitas Muhammadiyah Kupang, Rabu (07/02/2024) dari Pukul 08.00 Wita hingga Pukul 13.00 Wita.



Ketua Panitia kegiatan, Robertus Fahik, kepada wartawan pada Selasa (06/02/2024) Pukul 10.30 Wita, mengucapkan terima kasih untuk Dewan Pengurus wilayah (DPW) SMSI NTT yang memberikan kepercayaan kepada dirinya dan rekan-rekan lain menghandle ataupun mengatur kegiatan ini.



Menurutnya, kegiatan gelar wicara atau talkshow ini mengangkat tema peningkatan kompetensi wartawan dan penguatan peran pers sebagai salah satu pilar demokrasi.



Baginya, mengapa ini penting? Robertus Fahik yang merupakan Pemimpin Redaksi Sekolahtimur.com, menjelaskan bahwa kompetensi itu harus menjadi harga mati bagi setiap insan pers.



“Jadi tanpa meningkatkan kompetensi, maka dia tidak bisa bekerja secara professional. Oleh karena itu, kompetensi sangat penting, makanya kita angkat,” tegasnya.



Ia menambahkan, peran pers sebagai pilar demokrasi ini juga perlu diangkat karena itu salah satu elemen penting dalam negara demokrasi seperti Indonesia yang menjadi fungsi kontrol. 



Untuk gelar wicara ini, sambung Robertus, dilakukan juga memaknai hari pers yang jatuh pada tanggal 9 Februari. 



Namun, SMSI NTT memajukan ke tanggal 7 Februari dengan mempertimbangkan jika dilakukan pada tanggal 9 Februari sudah dekat dengan waktu pemilu dan juga Imlek.



“Jadi kita sengaja tarik ke depan tanpa mengurangi makna ataupun esensi dari hari pers itu sendiri,” tandasnya.



Tidak lupa Robertus mengucapkan terima kasih kepada pihak Universitas Muhammadiyah Kupang yang telah mengizinkan SMSI NTT menggelar acara tersebut. 


 

“Karena itu mewakili panitia, saya menyampaikan terima kasih untuk Rektor Muhammadiyah Kupang, Prof. Dr. Zainur Wula, M.Si., dan teman-teman semua di kampus yang sudah mendukung serta menyediakan tempat sekaligus mengizinkan mahasiswanya untuk hadir. 



Mewakili panitia, dirinya juga mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu jalannya kegiatan ini, seperti Bank NTT,  FC Brottus Kupang, La Moringa NTT, dr.Christian Widodo, Bobby Liyanto, Suzuki, Universitas Muhammadiyah Kupang, Kopdit Swasti Sari, Christian Mboeik.


Para peserta yang bakal menghadiri kegiatan ini adalah Perwakilan Kantor Bahasa Provinsi NTT, perwakilan akademisi, perwakilan pers, mahasiswa, politisi, dan mitra lainnya yang menjadi bagian dari kerja atau tugas pers.(tim)

Baca juga