HEADLINE

Pj. Wali Kota Buka Lomba Tenaga Pendidik Berprestasi Tingkat Kota Kupang Tahun 2024

 

Kupang;Jejakhukumindonesia.com,Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Priestley Funay, S.E., M.Si., menghadiri sekaligus membuka kegiatan lomba kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan berprestasi jenjang TK /PAUD, SD dan SMP se-Kota Kupang tahun 2024, Rabu (15/5), bertempat di Hotel Pelangi Kupang. 


Turut hadir mendampingi para Kabid pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, para dewan juri pembinaan dan tenaga pendidikan, serta peserta lomba yang diikuti oleh kepala sekolah dan guru dari jenjang PAUD, SD dan SMP.


Dalam sambutannya Pj. Wali Kota menyampaikan acara ini tidak hanya menjadi ajang untuk mengapresiasi para pahlawan pendidikan, tetapi juga sebagai wadah inspirasi bagi kemajuan pendidikan di Kota Kupang. Menurutnya momentum ini adalah bukti nyata komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Kupang.


Dijelaskannya Kota Kupang memiliki sumber daya pendidikan yang kaya akan potensi luar biasa. Para kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan adalah garda terdepan dalam mewujudkan visi besar pendidikan yang berkualitas dan merata bagi setiap anak di Kota Kupang. “Dalam panggung pendidikan, peran kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan memiliki bobot yang tak ternilai. Mereka adalah tonggak utama dalam membentuk generasi penerus yang tangguh, berakhlak mulia, dan berwawasan luas. mereka bukan hanya pengajar, tetapi juga sosok yang membentuk karakter, membangun mimpi, dan menyalakan api pengetahuan dalam setiap anak,” ungkapnya.


Lebih lanjut Pj. Wali Kota mengatakan lomba ini adalah momen penting untuk menyoroti dedikasi, kerja keras, dan inovasi yang telah ditunjukkan oleh para peserta. Di tengah tantangan zaman yang terus berkembang, para pendidik dituntut untuk terus bergerak maju, mengejar keunggulan, dan menyebarkan cahaya ilmu pengetahuan kepada anak-anak didik, generasi penerus bangsa. Dengan menggelar lomba ini, tidak hanya menghargai kinerja dan dedikasi, tetapi juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas upaya para kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan.


Mengakhiri sambutannya Fahren mengucapkan selamat berkompetisi dan jadikan setiap momen dalam lomba sebagai peluang untuk menunjukkan potensi terbaik yang ada dalam diri. Semoga semangat persaingan yang sehat dan keberhasilan selalu menjadi bagian dari perjalanan sebagai tenaga pendidik. Harapannya lomba ini sebagai momentum untuk menebarkan semangat dan inspirasi kepada seluruh komponen pendidikan di Kota Kupang.


Sementara itu, Markus Dju Djani, S.Pd selaku Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) pada Dinas  Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang dalam laporannya mengungkapkan, tujuan lomba tersebut demi terlaksananya pemilihan Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Pendidikan dan Pengawas Sekolah tingkat Kota Kupang  secara efektif, obyektif, transparan dan akuntabel. Kemudian secara inovatif dan memberikan apresiasi dalam mengimplementasi Kurikulum Merdeka.


Peserta yang mengikuti lomba tersebut dari berbagai jenjang pendidikan TK, SD dan SMP berjumlah 160 orang. Kemudian setelah dilakukan penilaian administrasi, penilaian substansi dan penilaian orisinalitas melalui tes similarity oleh para dewan juri maka jumlah peserta yang lolos berjumlah 79 orang dengan rincian Kepala Sekolak TK 6 orang, Kepala Sekolah SD 5 orang, Kepala Sekolah SMP 3 orang, Guru TK 7 orang, Guru SD 30 orang, Guru SMP 17 orang, Pengawas Sekolah 3 orang, Tenaga Kepandidikan 8 orang.(*/chr)


Baca juga