HEADLINE

Kinerja Bank NTT Terus Melejit Ditengah Pandemi COVID-19

Kupang, Jejakhukumindonesia.com,Kinerja Bank NTT hingga akhir tahun 2022 masih tumbuh di tengah tantangan pembatasan ekonomi dan dampak dari pandemi covid-19. Namun, pada momentum Hari Ulang Tahun(HUT) Bank NTT yang jatuh pada tanggal 17 Juli 2022 tersebut  ank NTT mampu mempersembahkan beberapa Program. 


Program yang di persembahkan oleh Bank NTT yaitu Program Bank NTT peduli stunting yang berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi(Pemprov) NTT dan pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi NTT melalui Pemberian Makanan Tambahan(PMT) bagi anak Balita di bawah usia 2 (dua) tahun di seluruh Kabupaten/Kota se Provinsi NTT yang dilakukan di 23 cabang di Bank NTT. 


Target dari PMT sebanyak 6.000 Baduta, realisasi PMT mencapai 5.851 Baduta dan 149 terhitung karena beberapa faktor yaitu faktor salut berat/memiliki kelainanan, pindah tempat tinggal dan orang tua tidak bersedia. Rata-rata berat badan pada PMT sebesar 7.96 kg dan setelah PMT sebesar 8.42 kg sehingga rata-rata kenaikan pada PMT sebesar 0.46 kg/460.5 gram per anak. 


Di tanggal 22 Juli 2022, Bank NTT melakukan kegiatan lingkungan yang diselenggarakan di lokasi eko wisata Mangrove di kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, NTT dengan menanam anakan mangrove sebanyak 6.000 pohon secara berkesinambungan.


Di tanggal 10 Juli 2022, Bank NTT menyerahkan hewan kurban sebagai wujud kasih bagi umat Islam yang merayakan Idul Adha 1443 Hijriah dengan menyerahkan 6(enam) ekor sapi kurban di 6 lokasi yang berbeda di Kota Kupang.


Keenam lokasi tersebut, yakni Masjid Mujahidin di Kelurahan Naikolan, Kecamatan Maulafa, Kota Raja, Masjid Baitturahman di kelurahan Bakunase, Kecamatan Kota Raja, Masjid KH. Ahmad Dahlan yang berlokasi di Kompleks Universitas Muhammadiyah, Panti Asuhan Al-Hikmah Kelurahan Namosain, Kecamatan Alak dan Masjid Al-Ikhlas di Kelurahan Bonipoi Kecamtan Kota Lama. 


Tanggal 09 Juli 2022 event exotic tenun NTT yang brrkolaborasi antara Bank Indonesia(BI) dan Bank NTT yaitu kegiatan exotic tenun fest 2022 yang diselenggarakan di Lippo Plaza Kupang.


Ditanggal 08 Juli 2022  Rapat Koordinasi(Rakor) Muri kolaborasi antara BI, Pemerintah Kabupaten Rote Ndao dan Bank NTT.


Tanggal 26 Juni 2022, Kredit Kendaraan Bermotor(KKB) On The Street Bank NTT dilaksanakan di seluruh Kabupaten/Kota se Provinsi NTT yang merupakan kegiatan dalam rangka menyongsong HUT Bank NTT ke 60 tahun dalam upaya memfasilitasi Masyarakat yang ingin memiliki kendaraan baru/kendaraan bekas serta refinancing tanya harus membayar uang muka(down payment). 


Lounching produk Bank NTT dengan menghadirkan aplikasi portal pemerintah, tenun Bank NTT-Tabungan Pensiunan Bank NTT.


Bank NTT selalu hadir bersama Pemprov NTT untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi di tahun 2022 dengan beberapa agenda yaitu Bank NTT bersinergi dengan Hukum dan HAM dalam pendaftaran merk atas produk UMKM dan indikasi geografis untuk tenun NTT. 


Hasil produk Desa Binaan Bank NTT mencatat sebanyak 190 HAKI, 55 produk PIRT, serta 6 produk halal, 1 produk BPOM dan 1 produk LIPI. 


Bank NTT bersinergi dengan BPOM dalam sertifikasi standar dari produk olahan UMKM binaan Bank NTT. 


Bank NTT juga melakukan program Tanam Jagung Panen Sapi(TJPS) sebagai pala kemitraan dengan Pemprov NTT. Pelatihan dan workshop terkait HAKI, ijin BPOM bulog bersama Dinas Koperindag dan Bank NTT.


Bank NTT bekerjasama dengan Dekranasda NTT dalam pelatihan kecap di Ruteng dan pelatihan pembuatan packaging di Nagekeo. PKS tentang SP2D secara online menggunakan aplikasi CMS, PKS Pinjaman Daerah, dan PKS 9 pajak Daerah. 


Memfasilitasi Rekening Dana Bantuan dari Pemerintah Pusat(Pempus), Pemerintah Daerah(Pemda) dan Pemerintah Swasta. Penyerahan imbreng, Bantuan Kemanusiaan melalui pemberian CSR Setya Konser Kebangsaan dan HUT 64 tahun Provinsi NTT, tentunya kegiatam ini menjadi momentum semangat untuk bangkit, berjuang, berkolaborasi untuk keberhasilan

Bank NTT juga berkolaborasi dengan pihal regulator, dengan sesama BPD dan pihak luar lainnya untuk penguatan jaringan digital dan pengembangan potensi daerah antara lain BI Fast, BIK 2022 bersama Otoritas Jasa Kenangan(OJK), Bank Jatim, Bank Suselbar, Bank Kalsel, Bank DKI, Kredit Sindikasi dengan 9 BPD, KPK, PT. Talasi Tru Origin, Kementerian PU Pera(PDAM), PT. MBA, PT. PAC, BPJS Ketenaga kerjaan, BPAD Provinsi NTT, Polda NTT, Jasa Raharja NTT, KPP Pratama, Live Berita Satu Televisi(TV), Networking bersama BILL dan Melinda Gate Foundation. 


Penguatan Layanan Transaksi Digital Banking, layanan kantor 24 jam berbasis digital dan elektronifikasi, pasar digital Bank NTT. Be Ju Bisa Bank NTT(Agen Laku Pandai dan Agen Dia Bisa Bank NTT)


Produk tabungan untuk para pensiunan dan pemberian kredit kendaraan bermotor(KKB), program dedikasi award serta Program Dedikasi Inklusi Keuangan, dan Program Ramai Sekali Bank NTT.


Festival tenun fest, festival kopi Flores, sosialisasi dan standarisasi produk UMKM, pada moment/ kegiatan-kegiatan yang melibatkan UMKM diantaranya Pesparani 60 tahun, acara konser sepe Natal, Setya kunjungan-kunjungan mitra bisnis Bank NTT ke UMKM binaan Bank NTT(PT. Dua Anyam, ILO-International Labour Organization, Bank DKI dan Bisnis Lainnya). 


Menyikapi krisis pangan, Bank NTT pun turut hadir untuk memberikan solusi aplikasi yaitu B'Pung bersama petani dengan bekerjasama antara Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan NTT.

Baca juga