HEADLINE

100 ANAK SMKN 2 KUPANG JADI SASARAN BPHN MENGASUH

Kupang;Jejakhukumindonesia.com, Lembaga Bantuan Hukum Nusa Tenggara Timur atau yang lebih di kenal dengan sebutan LBH Surya NTT kembali melakukan kegiatan penyuluhan hukum di SMKN 2 Kupang, sebagaimana pantauan media ini bahwa kegiatan penyuluhan hukum ini dihadiri siawa dan siswi sebanyak 100 siswa dan para guru serta staf.  Kegiatan ini berjalan lancar dan  terlaksana berkat Kerjasama antara LBH Surya NTT dengan Kementerian Hukum dan HAM serta Kanwil Hukum dan Ham  Provinsi Nusa Tenggara Timur pada  Sabtu, 25/03/2023 di Aula SMKN 2 Kupang.  Tema dari acara tersebut  “ Mencegah Kenakalan Dan Kriminalitas Anak Dengan Memahami Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari ". 


 Sambutan  Pengawas sekaligus Pendiri LBH Surya NTT, Herry F.F. Battileo, SH.,MH menyampaikan bahwa “LBH Surya NTT sangat dukung program  “BPHN Mengasuh” dan siap laksanakannya dengan melakukan penyuluhan-penyuluhan hukum kepada anak-anak dan pelajar khususnya di SMKN 2 Kupang”.


”LBH Surya NTT dukung penuh  program BPHN Mengasuh ini dan siap laksanakan,  dimana kegiatan ini berangkat dari keprihatinan atas kasus kenakalan remaja yang semakin meningkat dan akan ada akibat jadi kriminalitas dan berdampak pelanggaran  hukumnya”.


Masih menurutnya “Hukum itu ada 2, yakni hukum Tuhan dan hukum Negara, baik hukum Tuhan maupun hukum Negara kedua-duanya harus dan wajib  ditaati, sebagaimana slogan yang slalu siucapkan advokat ini yaitu " TAAT AKAN HUKUM WUJUD DARI KEHIDUPAN NORMAL ", kalau  yang tidak taat terhadap hukum berarti yang bersangkutan hidupnya tidak normal,” ungkap herry. 


Ditambahkannya “Kami berterima kasih kepada Kepala SMKN 2 Kupang, Welem A. Kana, S.Pd., MT dan Wakil Kepala Sekolah bidang Humas, Khrestofel H. Natu, S.Pd., M.Si dan adik-adik semua yang telah meluangkan waktunya untuk sama-sama dengan kami di Aula ini guna mendengarkan pemaparan materi yang sudah kami siapkan dan bersedia untuk menyukseskan kegiatan ini”, pungkas Herry

Sedangkan sambutan dari SMKN 2 Kupang yang disampaikan oleh Welem A. Kana, S.Pd.,MT., menyampaikan “Terima kasih kepada LBH Surya NTT yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini untuk mencegah terjadinya kenakalan  dan kriminalitas di SMKN 2 Kupang yakni dengan diberikannya pemahaman hukum dan memahami nilai-nilai Pancasila, kami berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi pelajar SMKN 2 Kupang”, harapnya.


Advokat Faula Dewi Assagaf, SH., salah satu Advokat LBH Surya NTT sebagai Pemateri dalam kegiatan penyuluhan hukum ini menyampaikan  bahwa “Untuk mencegah kenakalan remaja, pelajar SMKN 2 Kupang harus bisa berdamai dengan diri sendiri, karena segala sesuatu yang diperbuat harus mempunyai tujuan yang baik dan dapat dipertanggung jawabkan, sehingga tidak bertentangan dengan Pancasila dan peraturan perundang undangan yang berlaku, karena pasti ada sanksi hukumnya”, tuturnya.


“Kasus-kasus yang melibatkan anak-anak dan pelajar seperti kasus Pencurian, Perundungan atau bullying, Tawuran, Kekerasan seksual, Narkoba, Penganiayaan, Pembunuhan dan Pemilikan senjata tajam, sangat marak akhir-akhir ini, oleh karena itu kita harus belajar menguasai diri dalam hal mengelola hati dan pikiran, punya prinsip yang kuat untuk menolak segala bentuk kekerasan terhadap sesama, baik pribadi maupun kelompok, atau ajakan-ajakan yang merugikan diri anak-anak sendiri, menjaga pergaulan, dan mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa baik yang beragama Muslim, Kristen, Katholik, Hindu dan Buddha, yang sesuai dengan nilai nilai Pancasila khususnya sila pertama yakni, Ketuhanan yang maha Esa”, ucap Dewi.


“Dengan demikian pelajar SMKN 2 Kupang bisa diandalkan dan menjadi model atau contoh yang baik bagi sesama remaja yang lainnya, yang kelak akan berguna baik bagi keluarga, lingkungan sekolah dan masyarakat sesuai dengan nilai yang terkandung di dalam sila-sila pancasila, kekompakkan pelajar SMKN 2 Kupang haruslah mempunyai kekompakkan yang memberi dampak positif sehingga menjadi kekuatan perdamaian dan kekuatan persatuan baik dalam keluarga dan sekolah pada khususnya, juga masyarakat Kota Kupang pada umumnya”, pungkasnya

Dari Pantauan media ini, kegiatan penyuluhan hukum ini dihadiri oleh 80-an pelajar dari kelas X dan kelas XI, dalam kegiatan ini dihadiri pula oleh Guru BK, Edel M. Mogi S.Pd., Khornelia Dilean Ne'a, S.Pd., Ronaldy E.F. Seseli, S.Pd., Alise Ivana Sinlae, S.Pd., Florida D. Tahan, S.Pd., Martua Manalu, S.Pd., Maria T.A Boekan, S.Pd., Dewi Marianty, S.Psi., sedangkan dari LBH Surya NTT, turut hadir Ketua LBH Surya NTT, E. Nita Juwita, SH.,MH, Adokat Widyawati Singgih, SH., M.Hum., Advokat Margaritha Mbate, SH., Advokat Reno N. Junaedy, SH, Pembawa Acara oleh Yunita Cindy Leto, SH., Moderator oleh Farhan Anggori, SH, Dokumentasi oleh Ryan Lewo, SH., Pembawa Doa oleh Efraim Tefa, SH., dan Operator oleh R.R Indriani M.A., yang semuanya adalah Advokat dan Paralegal di LBH Surya NTT. (TIM)

Baca juga