HEADLINE

KEPALA OMBUDSMAN RI PERWAKILAN NTT HADIRI RAPAT KOORDINASI PENYELESAIAN LAPORAN MASYARAKAT BERSAMA DINAS KOPERASI DAN NAKERTRANS PROVINSI NTT

Kupang;Jejakhukumindonesia.com,Kepala OMBUDSMAN NTT Darius Beda Daton SH  menghadiri Rapat Koordinasi Penyelesaian Laporan Masyarakat (PL) yang digelar unit Pemeriksaan Laporan kantor Perwakilan Ombudsman NTT di Hotel Kristal Kupang. 


Rapat ini dihadiri seluruh asisten pemeriksa Kantor Perwakilan Ombudsman NTT dan  dua orang pengawas ketenagakerjaan dari  Dinas Koperasi dan Nakertrans Provinsi NTT. 


Adapun tujuan rapat PL ini antara lain ; memberikan informasi tindak lanjut penyelesaian  laporan masyarakat  terkait pelayanan ketenagakerjaan lingkup Pemprov NTT  dan mempercepat penanganan laporan masyarakat  terkait pelayanan ketenagakerjaan. 


Terdapat 3 laporan masyarakat tahun 2023 yang dibahas dalam Rakor kali ini.  Tema ketenagakerjaan menjadi atensi khusus oleh karena berdasarkan data akses masyarakat yang diterima Ombudsman NTT sejak Januari - Oktober 2023, laporan dengan substansi ketenagakerjaan termasuk 6 besar substansi yang paling sering dilaporkan masyarakat NTT. 

"Lanjutnya lagi bahwa Terdapat 36 akses masyarakat dengan permasalahan ketenagakerjaan yang beragam berupa; pemenuhan hak-hak pekerja, pengawasan ketenagakerjaan dan pengaduan penyelesaian hubungan industrial. "ungkap ombudsman. 


 Dalam rapat tersebut, Viktor O. Adoe dari Dinas Nakertrans Provinsi menyampaikan beberapa kendala yang dihadapi dinas dalam pengawasan ketenagakerjaan di NTT antara lain; keterbatasan tenaga pengawas tenaga kerja dan mediator yang hanya berjumlah 22 orang se-NTT

 Pengawas sejumlah ini harus mengawasi perusahaan sebanyak 28.902 dengan rincian perusahaan micro sebanyak 28.161, perusahaan kecil sebanyak 358, perusahaan menengah sebanyak 329 dan perusahaan besar sebanyak 54 dengan total karyawan sebanyak 35.161 orang. Ketika membuka dan menutup acara ini saya berpesan agar koordinasi dan kerja sama dengan Dinas Nakertrans harus terus terbangun agar dapat menyelesaikan laporan masyarakat secara bersama-sama. "urainya 


Terima kasih kepada Dinas Nakertrans Provinsi NTT dan seluruh tim unit Riksa  atas terselenggaranya rapat ini. Semoga bermanfaat bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur.(*)

Baca juga