HEADLINE

KEPALA OMBUDSMAN RI PERWAKILAN NTT MENERIMA KUNJUNGAN BEA CUKAI ATAMBUA

Kupang;Jejakhukumindonesia.com,Kepala OMBUDSMAN NTT Darius Beda Daton  menerima kunjungan tim Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Atambua di ruang kerjanya belum lama ini.


 Kantor Bea dan Cukai memiliki empat fungsi utama yaitu, Trade facilitator  (memfasilitasi perdagangan), industrial assistance  (memberikan dukungan kepada industri alam negeri), Community protector (melindungi masyarakat dari masuknya barang berbahaya) dan Revenue collector mengoptimalkan penerimaan negara


Sebagai instansi vertikal di perbatasan, Bea Cukai Atambua memiliki berbagai jenis pelayanan meliputi pelayanan impor, ekspor, impor dan ekspor sementara kendaraan bermotor, penumpang dan pelintas batas. Kami berdiskusi banyak hal terkait pelayanan KPPBC Atambua dan berbagai kendala yang dialami dalam pelayanan. 


Untuk itu Sebagai instansi yang ada di perbatasan antar negara, saya berpesan agar melakukan fungsi memfasilitasi perdagangan dengan baik guna kelancaran ekspor dan impor yang bermuara pada peningkatan penerimaan negara."ungkap ombudsman. 


 Khusus jalur ekspor ke Timor Leste, meskipun petugas bea cukai hanya melakukan pemeriksaan dokumen tanpa melakukan pemeriksaan fisik, treatmen bea cukai sangat diperlukan guna menghindari ekspor barang subsidi semisal pupuk ke Timor Leste sebagaimana yang pernah terjadi beberapa waktu sebelumnya. 


Petugas bea cukai di perbatasan adalah etalase Indonesia di mata warga Timor Leste, karena itu pelayanan yang baik dan bebas pungli oleh seluruh petugas bea cukai akan sangat mempengaruhi persepsi warga Timor Leste tentang Indonesia. 


Pada kesempatan tersebut, saya diundang KPPBC Atambua untuk menghadiri pertemuan bersama Bupati Belu dan para Forkompimda Kabupaten Belu, TNI Yonif 744/SYB, TNI satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonkav 6 Naga Karimata dan TNI Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 742 SWY pada hari Rabu tanggal 21 Februari di Atambua. "sebut darius. 


Pertemuan tersebut antara lain dalam rangka peyampaian laporan kinerja KPPBC Atambua dan tindak lanjut hasil survei pelayanan pengguna jasa tahun 2023. Saya menyambut baik undangan ini dan berupaya untuk hadir dan diskusi bersama dalam rangka perbaikan layanan bea cukai di perbatasan. 


Terima kasih kepada tim kunjungan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Atambua atas kunjungan dan undangan ini, semoga bermanfaat. "tutup darius. (*)



Baca juga