HEADLINE

Walikota Kupang Apresiasi Program Pemulihan Hunian Mandiri PPA GMIT Maranatha Oebufu

 


 

KUPANG ;Jejakhukumindonesia.com,Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore,MM,MH mengapresiasi program pemulihan mandiri yang digagas Pusat Pengembangan Anak (PPA) GMIT Maranatha Oebufu bersama Yayasan Bantuan Kasih Indonesia (Compassion Indonesia). 

Apresiasi tersebut disampaikan Walikota Kupang, Jefri Riwu Korea saat menerima kunjungan Ketua Majelis Jemaat  GMIT Maranatha Oebufu, Pdt. Desiana Rondo Effendy, M.Th,  bersama perwakilan dari Yayasan Bantuan Kasih Indonesia dan para pengurus PPA GMIT Maranatha Oebufu di ruang kerja Wali Kota Kupang, pada Selasa (26/10/2021). 

Menurut mantan Anggota DPR RI itu, untuk membangun Kota Kupang menjadi lebih baik, perlu ada kerjasama dari semua pihak termasuk gereja. Oleh karena itu, Jeriko menyampaikan terima kasih kepada PPA GMIT Maranatha Oebufu dan Yayasan Bantuan Kasih Indonesia, yang sudah membantu Pemkot Kupang mengupayakan pemulihan pasca bencana.  

Saat ini, Pemerintah Kota Kupang dengan dukungan dana Pemerintah Pusat sudah membangun 162 unit rumah untuk relokasi warga terdampak di wilayah Manulai II.  Jeriko mengakui, karena keterbatasan lahan, jumlah rumah yang tersedia belum sesuai kebutuhan. Pemkot sedang mengupayakan lahan milik Pemkot Kupang lainnya untuk kelanjutan pembangunan rumah untuk relokasi tersebut. 

Jeriko memastikan dukungan berupa data dan informasi jika dibutuhkan oleh pihak PPA GMIT Maranatha Oebufu dan Yayasan Bantuan Kasih Indonesia dalam menentukan sasaran bantuan. 

Jeriko pun mengingatkan, agar warga tidak membangun kembali di lokasi bencana bantaran sungai, karena sudah diarahkan untuk relokasi ke tempat yang sudah disediakan pemerintah. 

Menanggapi penyampaian Walikota Kupang, Ketua Majelis Jemaat  GMIT Maranatha Oebufu, Pdt. Desiana Rondo Effendy, M.Th,  menjelaskan, bahwa dalam rangka mendukung upaya Pemerintah Kota Kupang membantu warga terdampak longsor di Kelurahan Oebufu, Pusat Pengembangan Anak (PPA) GMIT Maranatha Oebufu menggagas program pemulihan hunian mandiri. 

Program ini ditujukan bagi keluarga dari anak-anak binaan PPA yang terdampak bencana longsor. Menurutnya, ada kurang lebih 18 hingga 20 kepala keluarga terdampak bencana yang merupakan jemaat GMIT Maranatha Oebufu. 

Sebagai Ketua Majelis Jemaat, Pdt. Desi menilai perlu melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat agar program ini sejalan dengan program  kerja pemerintah.

Sementara itu, Donald Parengkuan, perwakilan dari Yayasan Bantuan Kasih Indonesia (Compassion Indonesia) menambahkan, bahwa target pemulihan hunian mandiri ini adalah keluarga dari anak-anak bimbingan PPA yang terdampak bencana longsor pada April 2021 lalu.

Penentuan penerima bantuan melalui penyortiran dengan melihat kerusakan yang paling berat menjadi prioritas. Peran pemerintah lebih pada koordinasi dan informasi. Rencananya, program ini akan mulai berjalan pada November 2021 mendatang. 

Donald memastikan, program tersebut sifatnya pelengkap dan tidak mengambil alih tugas pemerintah. Koordinasi perlu dilakukan agar pelaksanaan program ini berjalan sesuai regulasi dan ketentuan yang berlaku di Pemkot Kupang. Dengan bantuan pemulihan hunian ini, Ia berharap anak-anak binaan PPA bisa merasa nyaman karena tempat tinggalnya sudah diperbaiki dan bisa kembali aktif mengikuti kegiatan. 

Hal senada juga disampaikan Yofli Sulla, perwakilan lainnya dari Yayasan Bantuan Kasih Indonesia (Compassion Indonesia). Menurutnya, koordinasi dengan pemerintah perlu dilakukan mengingat masih ada kendala soal status tanah pada beberapa keluarga penerima bantuan, karena belum memiliki sertifikat. 

Ia juga berharap, meski sudah mendapat bantuan dari Yayasan Bantuan Kasih Indonesia, jemaat penerima bantuan juga tetap berhak menerima bantuan dari pemerintah. (hm /pkp)

Baca juga