HEADLINE

SENTRA UMKM" APASA" BANGKIT DAN OPTIMIS BERSAMA BANK INDONESIA PERWAKILAN NTT

 


KOTA KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,Event “Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia” (FEKDI) Kick Off Program UMKM Bangkit dan Optimis di Presidensi G20 bersama Bank Indonesia NTT dan Pemerintah Kota Kupang , Bank Nobu, dan juga Bazzar Sembako Murah di Sentra UMKM Apasa.


Dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, khususnya Kota Kupang, Bank Indonesia berupaya mendorong digitalisasi ekonomi dan  keuangan UMKM dan pengedalian inflasi. Untuk mendukung kegiatan tersebut, Bank Indonesia Kantor Perwakilan NTT meluncurkan program UMKM Bangkit & Optimis  bersinergi dengan TPID Kota Kupang, Sentra UMKM Apasa, Penyedia Jasa Pembayaran, dan Karang Taruna NTT. 


Turut hadir dalam peluncuran program tersebut Kepala Perwakilan Bank Indonesia perwakilan  NTT  I Nyoman Ariawan Atmaja, dan Wakil Walikota Kupang  dr.Hermanus Man, Anggota DPRD NTT  Muhamad Ansor, DPRD Kota Kupang Zeyto Ratuarat, Deputi kepala BI NTT Daniel Agus Prasetyo, Kepala Dinas Kominfo Kota Kupang sekaligus Ketua Karang Taruna Provinsi NTT  Andre Otta, Perwakilan Bank Nobu NTT   Yenny Tanone (Relationship Officer),  Waskito dan Neldy Keffi (Marketing Bank Nobu), Pak Darwin Giri (Admin Credit) pemasangan QRIS, Camat serta Lurah, insan pers jurnalis, dan Koordinator Sentra UMKM APASA Ibu R.Riesta R Megasari, yang dilaksanakan pada Hari,  Jumat, 01 April 2022,  bertempat di Sentra UMKM Apasa, Bundaran Tirosa, Kota Kupang, NTT.

Menurut kepala Perwakilan Bank Indonesia provinsi Nusa Tenggara Timur Bapak I Nyoman Ariawan Atmaja, mengatakan ada sekitar 101.000 merchant QRIS di Provinsi NTT, melebihi target 149%. Pelaku ekonomi di NTT adalah UMKM sebanyak 99%, pertumbuhan ekonomi di triwulan IV 2021 sebesar 3,1% naik 1,65% dibanding tahun sebelumnya, ini berarti sudah terjadi pemulihan ekonomi sebelum pandemi.


Menurutnya Target user 345.000 user pengguna QRIS, dan harus punya NIK NTT, untuk experience mobile banking, atau ewallet premium / premier.


Berbagai harga komoditi diperkirakan akan naik, sumber daya alam pun permintaan naik, batubara, minyak, gas, termasuk CPO, minyak goreng, yang kedua adanya invasi perang Rusia-Ukraina, komoditi naik, sedangkan produksi di dalam negeri belum optimal mampu hasilkan permintaan negara di dunia.


Indonesia surplus neraca perdagangan, dengan Inflasi di tahun 2021 dibawah 2%, di 2022 sekitar 2,4-2,8% dengan catatan harus ada ketersediaan barang , harga – harga mulai terjangkau dengan selalu hadir TPID dan satgas Pangan, distribusi harus lancar, biaya logistik pun masih cukup mahal, dan perlu disolusikan untuk mendapatkan barang dari luar NTT dan mengirimkannya, pungkas Nyoman Ariawan.


Kegiatan ini juga bertujuan untuk dalam rangka sambut hari bulan puasa dan sambut hari raya agar inflasi terjaga , dan masyarakat terbiasa menggunakan QRIS sebagai Pembayaran Digital.


Pemberdayaan UMKM dukungan dari Bank Indonesia NTT ada 3 pilar yang dilakukan pertama adalah Membangun kelembagaannya, menjadi kuat, sertifikasi ijin-ijin , agar UMKM Kuat secara legalitas. Kedua adalah kompetensi bagaimana produksi hulu sampai hilir, penanganan Pasca produksi, yang ketiga akses ke perbankan melalui TPKAD, untuk akses keuangan seperti kredit usaha rakyat (KUR) bagi UMKM.


Menurut Wakil Walikota Kupang dr.Hermanus Man dalam sambutannya mengatakan Apresiasi kegiatan Bank Indonesia Perwakilan NTT ini di Sentra UMKM APASA untuk mendorong pemulihan ekonomi di kota kupang ini, fungsi pemerintah adalah regulasi dan pengawasan, serta deregulasi, dan beliau menjamin harga minyak goreng tidak ada spekulan, dan akan ditindak tegas oleh Pemkot.

Harapan pemerintah kota kupang, bisa menjadi kota yang mendorong digitalisasi pembayaran digital dan dari 22 kabupaten/kota baru 4 daerah di NTT yang maju secara digital, dan kota Kupang termasuk salah satunya , kemudian 30 maret 2022 juga meraih Penghargaan sebagai kota Toleran ke 4 dari semua daerah di Indonesia di tahun 2022 ini, sedangkan untuk tahun 2021 lalu peringkat kota toleran ke 5 diraih oleh kota Kupang. Acara Bazzar Sembako Murah pun dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Kupang dan kepala Perwakilan Bank Indonesia NTT dan tamu undangan dengan Scan QRIS UMKM APASA dan bertransaksi untuk mendapatkan sembako.


Perwakilan Bank Nobu Neldi, Darwin, Waskito, Yeni menambahkan pemasangan QRIS yang telah dilakukan di UMKM mencapai 80 merchant hingga maret 2022, sedangkan tahun 2021 lalu mencapai 500 tenant QRIS di dalam Kota Kupang yang telah disupport oleh Bank Nobu., dan semua pedagang di Sentra UMKM “apa saja ada” atau disebut APASA ini juga telah dilengkapi sistem pembayaran digital menggunakan Scan QRIS , Quick Respons Indonesia Standard.


"Turut Hadir  ketua Karang Taruna Provinsi NTT  Andre Otta, yang akan turut membantu menyalurkan Bazzar sembako murah sebanyak 1500paket kepada kader karang taruna diberbagai kelurahan di kota Kupang, dengan syarat belanja menggunakan QRIS, 81.000 rupiah dapat beras 2,5kg, minyak goreng, gula pasir, susu kental manis, bumbu dapur, dll, dalam bentuk belanja paket sembako Murah dengan QRIS.(kkg)



Baca juga