HEADLINE

Jelang Kunker Presiden Jokowi di Kab. Ende dan Ngada, Danrem 161/WS Pimpin Apel Gelar Pasukan


ENDE;Jejakhukumindonesia.com,Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Iman Budiman, S.E., memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka Kunjungan Kerja Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta Rombongan di Provinsi NTT dalam rangka menghadiri Peringatan Hari Lahirnya Pancasila yang bertempat di Lapangan Kompi 3 Batalyon B Pelopor Kab. Ende, Selasa (31/05/22).


Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Iman Budiman, S.E., selaku pimpinan Apel saat membacakan Amanat Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., menyampaikan  bahwa, "dalam Kunjungan Kerja Presiden RI beserta Rombongan ke Provinsi NTT merupakan suatu kehormatan dan kepercayaan yang diberikan oleh Negara kepada kita. Untuk itu, kita harus junjung tinggi kehormatan dan kepercayaan tersebut dengan berbuat maksimal agar rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Dalam hal ini, Kodam IX/Udayana selaku Kogasgabpad Pam VVIP wilayah Bali dan Nusa Tenggara bersama-sama dengan Polda, Pemerintah Daerah dan unsur pendukung lainnya selalu bersinergi untuk mencapai tujuan dan sasaran pengamanan VVIP", kata Pangdam.


Lanjut Mayjen Sonny, "segala sesuatu yang terkait dengan perencanaan, persiapan dan pelaksanaan pengamanan VVIP harus selalu kita mulai dari awal dan tidak ada istilah rutinitas. Dalam pelaksanaannya memerlukan kejelasan tugas, tanggung jawab serta rantai komando yang efektif dan efisien agar tujuan dan sasaran pengamanan baik obyek, rute dan tempat pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan maksimal".


"Untuk itu, Apel Gelar Pasukan sangat perlu dilaksanakan untuk mengetahui dan meyakinkan sampai sejauh mana kesiapan Satgasgabpad maupun Subsatgasgabpad secara keseluruhan, baik personel maupun materiil, sarana pendukung serta pemahaman tentang tugas dan tanggungjawab masing-masing sesuai rangkaian kegiatan yang telah diagendakan", ungkapnya.

"Selain itu, apel pengecekan ini juga sebagai sarana untuk melaksanakan koordinasi antar unsur yang ada dilapangan sehingga tidak terjadi hambatan sekecil apapun dan manakala terjadi hambatan dapat segera diatasi. Personel yang tergabung dalam Satgasgabpad Pam VVIP harus memahami dan menguasai prosedur tetap pengamanan VVIP, memegang teguh disiplin, jangan lengah serta ragu dalam bertindak. Laksanakan koordinasi yang baik dengan semua unsur yang terlibat serta cermati dan laporkan setiap perkembangan situasi yang terjadi di lapangan. Yang terpenting, utamakan faktor keamanan personel dan materiil yang menjadi tanggung jawab masing-masing", imbuhnya.


"Dalam pelaksanaan tugas dilapangan akan selalu bersentuhan langsung dengan masyarakat, oleh karena itu jalin komunikasi yang baik dengan masyarakat karena *“kita kuat bersama rakyat.”* Apa yang saya sampaikan agar dipahami, dipedomani dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sehingga kegiatan Kunjungan Kerja Presiden RI beserta rombongan dapat berjalan aman, tertib dan lancar".


Turut hadir pada kegitan apel gelar pasukan dalam rangka Kunker RI di wilayah Kab. Ende yaitu ; Kapolda NTT, Bupati Ende, Dansat Brimob Polda NTT, Kasiops Kasrem 161/WS, Karo Ops Polda NTT, Waasops Kasdam IX/Udy dan seluruh Anggota TNI-Polri serta istansi terkait.

( *Penrem* ).

Baca juga