HEADLINE

Ketua Umum KADIN Indonesia Salut Kolaborasi Bank NTT dan KADIN Gairahkan Sektor UMKM

 

KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,  Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Arsjad Rasjid, me nyatakan rasa salut dan apresiasi yang tinggi atas kerja keras dan kerja cerdas yang ditunjukkan melalui kolaborasi antara KADIN NTT dengan Bank NTT untuk mendorong pertumbuhan sektor UMKM. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menurutnya adalah basis perekonomian paling penting yang menjadi potensi unggulan bangsa. Dan sektor ini tak tergoyahkan walaupun resesi atau pandemi seperti belum lama ini.


Saat ini sejumlah negara sedang berada dalam kondisi terpuruk, tak terkecuali Indonesia. Karena Indonesia ditopang oleh sektor UMKM. Inilah rahasia perekonomian Indonesia tetap survive walaupun negara lain goyah fondasi ekonominya.

“Fondasi ekonomi Indonesia akan kuat apabila UMKM-nya kuat. Sekarang ini bayangin saja, populasi pengusaha kita hanya sekian persen. Biasanya 12-15 persen. Nah yang harus disupport adalah pengusaha UMKM. Itulah fondasi kita. Dan UMKM-lah yang saat ini berkontribusi baik pada pendapatan negara, dan mereka suplay tenaga kerja yang banyak sekitar 90 persen. Jadi penting sekali kita perkuat UMKM,”tegas Arsjad yang saat itu didampingi Ketua Umum KADIN NTT, Bobby Lianto.


Masih menurutnya, saat ini negara-negara di dunia sedang dalam konisi yang kurang baik pertumbuhan ekonominya. Sedang ada perang dagang terselubung. Apalagi dunia sedang dilanda konflik perang.

“Makanya saya bangga sekali atas kolaborasi ini (antara Kadin NTT dan Bank NTT). Saya bilang ini luar biasa, walaupun belum pelantikan saja sudah melaksanakan banyak aksi. Nah ini sudah kelihatan selama ini. Dan KADIN menggandeng sektor perbankan. Makanya saya bilang ini harus gotong-royong,”ujar Arsjad yang kedatangannya ke Kupang bersama Pangkostrad Mayjen Maruli Simanjuntak dan Danjen Kopassus, Brigjen Iwan Setiawan, serta Irjen TNI (Purn) Dr. (HC) Doni Monardo, untuk sejumlah kegiatan itu.


Di akhir statementnya kepada jurnalis di Kupang, pemilik sejumlaah perusahaan raksasa di tanah air ini menyatakan sakut atas kinerja Bobby Lianto dan team KADIN NTT. “Jadi apa yang dilakukan oleh Ketum Boby dan teman-teman pengurus lainnya ini hebat. Makanya saya katakan, aksinya. Itu penting. Saya berharap daerah lain juga mengikuti jejak yang dilakukan oleh KADIN NTT,”pungkasnya.


"Untuk diketahui, sejauh ini Bank NTT berkolaborasi dengan Kadin NTT untuk melakukan beberapa gebrakan, terlebih untuk menggairahkan sektor UMKM. Dan KADIN NTT sudah mendesain program, menjadi bapak asuh bagi para nominator event Festival Desa Binaan Bank NTT di setiap kabupaten. 


KADIN akan memfasilitasi pertumbuhan setiap UMKM, mempersiapkan mereka dalam packaging hingga mencari offtaker untuk kelanjutan bisnis para pelaku UMKM binaan Bank NTT. (jh/HUMAS BANK NTT)

 


Baca juga