HEADLINE

penelitian Tindakan Sekolah Bertujuan Untuk Proses Pembelajaran Bagi Siswa dan Guru

 

OELAMASI;Jejakhukumindonesia.com,Kapala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Kabupaten Kupang Imanuel Buan resmi membuka kegiatan Seminar Penelitian Tindakan Kelas dan penelitian tindakan Sekolah,guru dan Kepala sekolah di Kabupaten Kupang NTT,Jumat 8/ 7/22.)


Ketua panitia ketika di temui media ini dalam   pelaksana kegiatan ini Yan Piterson Lawa ,S.pd mengatakan bahwa.

Kami ada 8 orang panitia yang kerja sama dengan Kepala Sekolah yang selalu memberikan pemikiran untuk bagaimana acara atau kegiatan ini boleh berjalan dengan baik.

"Kami juga merasa terpanggil sehingga ketika melakukan penelitian tindakan sekolah untuk bagaimana generasi ini kedepan."ungkapnya. 


Pada kesempatan yang sama Kepala Sekolah SMPN 2 Kupang Timur  Florince Lumba,S.pd saat di minta keterangan lebih lanjut menyampaikan bahwa.

"Awalnya saya di tempatkan disini memang sudah punya konsep untuk guru-guru disini harus melakukan Penelitian teknis kelas(PTK).

Dan ini bertujuan bukan untuk kenaikan pangkat ,tetapi semata-mata untuk membenahi pembelajaran di dalam kelas itu menarik dan menyenangkan siswa."

Sehingga akhir dari sebuah pembelajaran itu anak-anak atau siswa punya refleksi terhadap pembelajaran itu."jelas kepsek. 


"Dan harapan untuk anak-anak atau siswa agar pembelajaran memiliki kontribusi yang baik dan positif untuk mereka yang berkaitan dengan media ,metode dan lain-lain."harapnya.

Sementara itu Kadis Pendidikan dan Kebudayaan  Kabupaten Kupang Bapak Imanuel Buan yang dengan resmi membuka kegiatan ini memberikan dorongan bagi semua guru dan Kepala Sekolah  yang ada di SMPN 2 Kupang Timur ini agar  dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai guru yang profesional.

Dan harus mampu menyeselaikan syarat-syarat menjadi seorang guru ,yang pertama harus memiliki kompotensi dan kepribadian dalam melaksanakan tugas sebagai guru."sebut kadis.


Lanjutnya Sebagai guru tentunya tidak mudah untuk melaksanakan satu metode ,mengapa karena karakteristik dari setiap siswa itu berbeda.


Dari setiap standar kompotensi dasar (SKD) itu ada ciri tertentu sehingga perlu ada pendekatan-pendekatan yang tepat dalam hal ini guru.


"Guru mesti melakukan proses perencanaan belajar mengajar kemudian guru juga melakukan evaluasi."jelasnya. 


Dan kekurangan-kekurangan pada kompotensi yang harus ada upaya perbaikan,sehingga proses dalam pembelajaran dapat  berjalan dengan baik."harap Imanuel Buan. 

Turut hadir dalam acara tersebut,KADIS Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten kupang, Pengawas, Kepala Sekolah SMPN 2 kupang timur ,dan beberapa utusan dari Sekolah di kabupaten kupang. (jh/b*)

Baca juga